sharpnel_content
Apa Itu UI/UX?

News 21 Sep 2021


Apa Itu UI/UX?

Share

Serupa tapi tak sama, mungkin inilah istilah yang paling tepat digunakan untuk mendeskripsikan UI/UX. Sampai detik ini, tak sedikit orang yang masih salah kaprah dalam memahami pengertian UI/UX. Jadi, sebenarnya apa itu UI/UX?

 

Pengertian UI/UX

UI/UX berasal dari dua istilah yaitu UI atau User Interface dan UX atau User Experience. Yup, keduanya memang sama-sama bertujuan untuk mendapatkan kepuasaan pengguna, tetapi pada ranah dan cakupan yang berbeda, lho. 

Mengutip dari searchapparchitecture.techtarget.com, UI adalah poin interaksi dan komunikasi antara manusia (pengguna) dengan komputer pada suatu perangkat. UI berkaitan dengan tampilan atau visualisasi produk di website atau aplikasi, seperti layout website, tipografi, tombol navigasi, tema, dan lainnya. 

Sementara itu, UX atau pengalaman pengguna adalah proses yang digunakan tim untuk mendesain website ataupun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa cakupan UX pun lebih luas daripada UI. Pasalnya, UX tidak semata-mata berhubungan dengan desain tampilan (UI) saja, tetapi juga berhubungan dengan aspek fungsi, kegunaan, dan branding

Keberadaan UI/UX pun menelurkan pelbagai jenis pekerjaan baru, seperti UX designer dan UX writer. Kedua profesi ini menuntut individu yang mampu menciptakan sebuah produk yang tidak hanya mudah digunakan. Namun, pengguna harus merasakan pengalaman berbeda saat menggunakannya, seperti kepuasan, kebahagiaan, efisiensi, dan lainnya. 

Inilah penjelasan singkat tentang pengertian UI/UX. Untuk menambah wawasan tentang UX, baca juga artikel spesial kami yaitu Apa Itu UX Writer. Selamat membaca. 

 

Referensi: 

  1. Interaction-design.org
  2. Searchapparchitecture.techtarget.com

Photo by UX Indonesia on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top