sharpnel_content
Apa Itu Twitter Spaces?

News 08 Apr 2021


Apa Itu Twitter Spaces?

Share

Untuk membendung dominasi Clubhouse yang kian nyata, Twitter berencana meluncurkan fitur saingan yaitu Twitter Spaces. Dibandingkan Clubhouse yang lebih eksklusif, Twitter Spaces dapat dinikmati para pengguna iOS dan Android, lho. Dengan penambahan fitur ini, para pengguna Android dapat mencicipi media sosial berbasis teks sekaligus audio dengan mudah tanpa harus banyak aplikasi. 

Namun, Twitter baru merilis versi beta pada bulan Desember 2020 silam. Sembari menunggu versi globalnya, yuk cari tahu lebih dahulu seluk-beluk tentang Twitter Spaces. Dengan mengetahuinya sedari awal, Anda bisa langsung menggunakannya setelah fitur ini resmi dirilis. 

 

Pengertian Twitter Spaces 

Apa itu Twitter Spaces? Twitter Spaces adalah fitur terbaru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk berbagi audio tanpa gambar secara live dan membuat room untuk berdiskusi. Saat membuat room, Anda dapat berbagai audio sehingga pengikut dapat mengirimkan feedback dan berkomunikasi dengan Anda secara langsung. 

 

Fitur Twitter Spaces

Jika memiliki fitur yang hampir sama, apa yang membuat Twitter Spaces lebih unggul dari Clubhouse? Seperti yang kita tahu, Clubhouse memiliki keunggulan dari sisi eksklusivitas. Semua room yang tengah digelar tidak dapat direkam sehingga informasi yang dibagikan dalam room akan hilang setelah acara berakhir. Meskipun terkesan kurang fleksibel, inilah keunggulan utama Clubhouse. 

Berbeda dengan Clubhouse, Twitter Spaces dilengkapi fitur transkripsi sehingga pembicaraan room dapat diunduh setelah acara berakhir. Dengan demikian, Anda dapat lebih leluasa untuk membagikan informasi kepada mereka yang tidak sempat mengikuti room

Dengan Twitter Spaces, Anda dapat mengundang sepuluh pengguna sebagai teman diskusi. Nantinya, Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa berbicara dalam room, seperti semua orang, orang yang Anda ikuti, dan pengguna yang Anda undang. 

Kedua, Twitter Spaces juga sudah dilengkapi dengan reaksi emoji. Untuk Anda yang masih malu-malu kucing untuk join dalam pembicaraan, silakan menggunakan reaksi emoji untuk mewakili feedback atau pikiran Anda. 

Terakhir, Anda pun dapat berbagi cuitan di Spaces! Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa Twitter Spices merupakan media sosial hybrid yang mengombinasikan konsep teks dan audio. Jadi, Anda yang sudah terbiasa dengan Twitter versi lama tidak akan benar-benar merasa kehilangan, nih! 

 

Sumber: madalynsklar.com

Photo by Alexander Shatov on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top