sharpnel_content
Apa Itu Tato Elektronik?

News 25 Apr 2022


Apa Itu Tato Elektronik?

Share

Tahukah Anda bahwa ada cara praktis untuk memantau kesehatan tubuh? Anda dapat memanfaatkan teknologi tato elektronik. Apa itu tato elektronik? Tato elektronik atau e-tatto adalah bioteknologi yang digunakan untuk memantau dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia.

Tato elektronik bukanlah sembarang tato. Untuk membuat tato elektronik, pengembang harus menggunakan tinta konduktif (tinta yang dapat menghantarkan listrik). Tinta konduktif ini dapat dibuat dari pelbagai bahan, seperti logam cair, nanorod emas, grafena hingga polimer. 

Sebagai gambaran, tato elektronik ini menyerupai tato mainan anak-anak yang bersifat sementara dan dapat dikelupas. Bentuknya lebih kecil dari kartu kredit dan lebih tipis dari rambut manusia. Teksturnya lentur sehingga tidak akan rusak ketika tertekuk, terlipat, ataupun terpelintir. 

Maka dari itu, tidak mengherankan tato elektronik digadang-gadang menjadi pengganti wearable device untuk kesehatan, seperti smartwatch dan smart bracelet.Melalui tato elektronik yang menempel di kulit manusia, pelbagai informasi kesehatan dapat dikumpulkan secara akurat, seperti level gula darah, tekanan darah, detak jantung, hingga level dehidrasi tubuh. 

Tato ini dapat ditempelkan di sekitar dada untuk memantau kesehatan jantung dalam durasi beberapa hari. Dengan kata lain, tato elektronik ini sangat bagus untuk mendeteksi penyakit jantung. Pasien tidak perlu lagi menggunakan device-device khusus kesehatan yang rumit untuk dioperasikan. 

Berkat tato elektronik, Anda dapat memantau kesehatan tubuh dengan mudah dan praktis. Kelebihan tato elektronik adalah tidak membutuhkan baterai untuk beroperasi. Nantinya, tato elektronik ini akan dihubungkan dengan smartphone atau device lain yang sudah ditentukan. Alhasil, data yang dikumpulkan tato elektronik dapat Anda lihat melalui smartphone kapan saja. 

 

Prediksi Bill Gates: Tato Elektronik VS Smartphone

Tidak sebatas untuk kesehatan, Bill Gates memiliki ide yang lebih fantastis. Bill Gates memprediksi bahwa teknologi tato elektronik dari Chaotic Moon dapat menggeser peran smartphone, lho. Ide Bill Gates memang tidak pernah main-main. Meskipun saat ini sedang dikembangkan, tato elektronik diharapkan dapat berfungsi sebagai media komunikasi. 

Jika prediksi Bill Gates terwujud, Anda dapat mengirim pesan, menelepon, sampai mencari alamat menggunakan tato elektronik. Sampai saat ini memang sulit untuk membayangkan bagaimana cara kerjanya, bukan? Maka dari itu, yuk kita nantikan saja sejauh mana tato elektronik dapat dikembangkan. Minimal, saat ini tato elektronik sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan. 

 

Sumber: Now.northropgrumman.com

Nurse photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

 

 

Browse blog by tag

Back To Top