sharpnel_content
Apa Itu Sistem ERP?

News 15 Des 2022


Apa Itu Sistem ERP?

ERP
Share

Pernahkah Anda mendengar istilah sistem ERP? Istilah ini sering kali kita dengar terutama kalau Anda familiar dengan dunia bisnis dan dunia IT. Sistem ERP memang istilah yang digunakan oleh para pebisnis yang memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung usaha bisnis mereka.

Arti Sistem ERP

Menurut laman unida.ac.id, ERP adalah sebuah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah sebuah sistem terpadu agar perusahaan bisa mengintegrasikan seluruh sumber daya di perusahaan tersebut untuk memudahkan proses perencanaan dan pengelolaan sumber daya.

Dengan sistem ERP, setiap departemen yang ada dalam perusahaan bisa terhubung satu sama lain sehingga memudahkan pengelolaan pekerjaan antar departemen.

Menurut laman oracle, ERP merujuk pada sebuah tipe perangkat lunak (software) yang digunakan oleh organisasi/perusahaan/bisnis untuk mengelola aktivitas bisnis/proses bisnis harian mereka. Aktivitas bisnis ini meliputi aktivitas akunting, penyediaan aset barang dan jasa, pengelolaan proyek, pengelolaan risiko dan kepatuhan, dan operasional rantai pasok.

Software ERP saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil karena terbukti mampu untuk menyederhanakan proses bisnis yang paling rumit sekalipun. Software ERP akan membantu perusahaan dalam perencanaan, anggaran, memprediksi, dan membuat laporan finansial perusahaan.

Cara kerja sistem ERP adalah dengan mengikat beragam proses bisnis dalam perusahaan dan memungkinkan terjadinya aliran data di antara proses tersebut. Sistem juga mengumpulkan data transaksi dari beragam sumber sehingga mampu mengeliminasi duplikasi data. Dengan sendirinya, sistem ERP menyediakan integritas data dengan sumber tunggal.

Setiap perusahaan dari beragam industri tak peduli seberapa besar organisasinya kini mengandalkan software ERP untuk membantu pengelolaan bisnis mereka. ERP adalah ibarat listrik untuk membuat lampu tetap menyala.

Mengapa ERP Penting

Sistem ERP merupakan sebuah sistem yang super lengkap, super terintegrasi, bisa diproses di jaringan lokal perusahaan ataupun di cloud, dan bisa mengelola keseluruhan aspek proses bisnis, baik itu proses produksi maupun proses distribusi.

Selain hal di atas, sistem ERP juga mampu mendukung segala aspek yang berkaitan dengan pengelolaan finansial, sumber daya manusia, pengelolaan rantai pasok, dan manufakturing hanya dengan menggunakan fungsi akuntansi inti Anda.

Oleh karena sifatnya yang terintegrasi ini, sistem ERP mampu memberikan transparansi pada keseluruhan proses bisnis di organisasi internal perusahaan Anda. Transparansi ini mampu tercapai terutama karena ERP melacak seluruh aspek produksi, logistik, dan finansial.

Manfaat ERP Bagi Bisnis

Sulit sekali untuk mengesampingkan penggunaan ERP dalam sistem bisnis modern. Hal ini karena manfaat ERP bagi bisnis yang begitu besar. Manfaat tersebut misalnya saja seperti berikut:

  1. Meningkatkan wawasan bisnis melalui informasi real-time yang dihasilkan dari laporan-laporan.
  2. Menurunkan biaya operasional melalui proses bisnis yang disederhanakan serta prinsip best practices.
  3. Menguatkan kolaborasi dengan adanya data sharing untuk kontrak-kontrak, permintaan, maupun order pembelian (Purchase Orders).
  4. Meningkatkan efisiensi melalui pengalaman pengguna yang lazim di banyak fungsi bisnis dan proses bisnis yang terdefinisikan dengan baik.
  5. Infrastruktur konsisten dari back office hingga front office, dengan seluruh aktivitas bisnis yang memiliki tampilan dan feel yang sama.
  6. Tingkat adopsi pengguna yang lebih tinggi sebagai hasil dari common UX dan desain.
  7. Mengurangi risiko melalui peningkatan integritas data dan kontrol finansial.
  8. Menurunkan biaya pengelolaan dan operasional melalui sistem yang seragam dan terintegrasi.

Software ERP Terbaik di Indonesia

Di era digital sekarang ini, data berperan laiknya sumber kehidupan bagi setiap perusahaan modern. Setiap proses pengambilan keputusan penting perusahaan harus berlandaskan pada data. Sistem ERP, memudahkan proses pengumpulan data, mengelolanya dengan baik, sehingga bisa digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang strategis.

Lalu seperti apakah sistem ERP yang ada di sekitar kita? Apa sajakah Software ERP yang tersedia saat ini di Indonesia? Dan siapakah yang menggunakan sistem ERP tersebut?

Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang mengembangkan sistem ERP, ada juga beberapa yang sekedar menjadi distributor sistem ERP dari luar negeri. Telkomuniversity menyebutkan beberapa nama yang terkenal sebagai vendor sistem ERP misalnya SAP (System Application and Product in data processing) yang banyak digunakan oleh perusahaan besar di Indonesia seperti PT KAI, PT Jamu Puspo Indonesia (JPI), PT Angkasa Pura I, Blue Bird Group, PT Pertamina, PT Pos Indonesia, PT Telkom, dsb.

Perusahaan teknologi raksasa milik Bill Gates, Microsoft, ternyata juga mengembangkan sistem ERP mereka sendiri yang diberi nama Dynamics AX. Adapun perusahaan Indonesia yang menggunakan Dynamics AX adalah PT Mowilex Indonesia, PT East West Seed Indonesia, PT Indotruck Utama, dsb.

ORACLE juga membuat sistem ERP dan hingga kini masih eksis di Indonesia. Perusahaan di Indonesia yang menggunakan ERP dari ORACLE adalah PT. HM Sampoerna, PT Panamas, PT Handal Logistik Nusantara, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Purbaleunyi.

Selain nama-nama besar di atas, ada juga ERP dari Mekari, Odoo, Sage Inttact, Workday, NetSuite, Brightpearl, gtEnterprise, dsb.

AsiaQuest Indonesia selain menawarkan pengembangan software juga menjadi distributor resmi untuk produk Kintone, yaitu sebuah platform untuk manajemen perusahaan yang bersifat paperless, seamless, tersimpan di cloud, dan low-code (sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak punya resource programmer).

Referensi:

  1. What is ERP? | Oracle
  2. 5 Software ERP yang umum di INDONESIA –

Image by DilokaStudio on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top