sharpnel_content
Apa Itu Progressive Web Apps?

News 30 Des 2021


Apa Itu Progressive Web Apps?

Share

Progressive Web Apps (PWA) di tahun-tahun belakangan semakin populer. Tak sedikit perusahaan konsultan IT yang kini menawarkan layanan pengembangan website berbasis PWA kepada kliennya. Apa itu PWA? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Progressive Web Apps (PWA)

Progressive Web Apps adalah web apps yang menggunakan service worker, manifest, dan fitur-fitur platform web lain yang dikombinasikan dengan peningkatan progressive untuk memberikan user pengalaman yang setara dengan native apps.

PWA merupakan web app yang dikembangkan menggunakan beberapa teknologi spesifik dan pola-pola yang standar agar bisa mengambil keuntungan dari fitur-fitur pada web dan native app. Keuntungan ini misalnya web app lebih mudah ditemukan daripada native app; lebih mudah mengunjungi web daripada menginstall app, dan web app lebih mudah dibagikan ke tempat lain melalui tautan.

Di sisi lain, native app menawarkan integrasi yang lebih baik dengan Operating System sehingga pengalaman pengguna juga bisa lebih baik. Ketika menginstall native app, user bisa menikmati fitur-fiturnya secara offline, ikon-ikon yang disediakan juga memudahkan untuk mengakses apps, jauh lebih mudah daripada menavigasi melalui browser.

Dari kelebihan yang ditawarkan web app dan native app di atas, PWA dapat menyediakan keduanya.

Kelebihan dan Keunggulan PWA

PWA digemari bukan tanpa alasan, nyatanya memang PWA menawarkan kelebihan dan keunggulan yang jauh lebih banyak dibandingkan web app biasa. Secara umum, kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan PWA seperti berikut ini:

  1. Installable sehingga PWA bisa tersedia di home screen perangkat atau di app launcher.
  2. Ditingkatkan secara progressive agar bisa tetap digunakan browser yang masih basic atau browser jadul, serta bisa berfungsi secara penuh di browser terbaru.
  3. Didesain dengan responsive agar bisa digunakan di perangkat manapun yang menggunakan layar dan browser seperti mobile phone, tablet, laptop, TV, kulkas, dsb.
  4. Re-engageable sehingga ia bisa mengirimkan notifikasi manakala ada konten baru tersedia.
  5. Linkable artinya ia bisa dibagikan ke platform lain menggunakan link/tautan.
  6. Discoverable sehingga konten bisa ditemukan melalui mesin pencari.
  7. Jaringan Independen agar bisa tetap bekerja offline atau ketika koneksi internet lemah.
  8. Aman agar koneksi antara user, aplikasi, dan server tetap aman terhadap pihak lain yang ingin mengakses ke data-data sensitif.

Melihat semua kelebihan dan keunggulan di atas, tentunya mengembangkan PWA bisa memberikan Anda produk yang lebih baik untuk menunjang kemajuan bisnis yang dikelola. Mencari web development company yang bisa memberikan Anda pengembangan web app berbasis PWA seperti AsiaQuest Indonesia tentunya menjadi pilihan yang lebih menguntungkan.

Referensi: developer.mozilla.org
Technology vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top