sharpnel_content
Apa Itu Kotlin?

News 22 Okt 2021


Apa Itu Kotlin?

Share

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman modern menggunakan metode pengetikan statis yang digunakan oleh Android Developer. Kotlin dikembangkan oleh JetBrains, yang merupakan pengembang dari Android Studio.

Kotlin dirilis pertama kali pada tahun 2011 dan versi stabilnya dirilis per tanggal 4 Februari 2021. Kotlin kini menjadi bahasa pemrograman Android yang populer di dunia. Terhitung perusahaan-perusahaan besar seperti Uber, Netflix, Pinterest, Coursera, dan Evernote menggunakan Kotlin untuk mengembangkan aplikasi mobilenya.

Karakteristik Kotlin

Situs developer.android.com menyebutkan beberapa ciri yang menjadi karakteristik Kotlin yaitu:

(1) Ekspresif dan ringkas

Kotlin eskpresif dan ringkas karena ia bisa meminimalisir proses kompilasi dan kerumitan yang biasa terjadi ketika mengembangkan aplikasi mobile dengan Java.

(2) Aman

Kotlin membantu para Android Developer dalam menghindari NullPointerExceptions melalui @Nullable dan @NonNull. Bahkan Kotlin disebut-sebut mampu mengurangi kemungkinan eror sebesar 20% lebih rendah di aplikasi mobile Android.

(3) Interoperabilitas antara Java dan Android

Interoperabilitas Kotlin dengan Java adalah sebesar 100% sehingga ketika mengembangkan aplikasi mobile, Anda bisa fleksibel seberapa banyak akan menggunakan Kotlin atau Java. Kode lama atau library di aplikasi yang dikembangkan dengan Java bisa dibaca dengan mudah oleh Kotlin, begitupun sebaliknya.

(4) Serentak dan Terstruktur

Kotlin mampu menyederhanakan pemrograman asinkron, sehingga bisa menyederhanakan proses pemanggilan jaringan dan update database. Meski sederhana, performanya tetap tinggi.

(5) Open Source

Kotlin open source karena ia berada di bawah lisensi Apache v. 2.0 Kompiler, plugin Intellij DEA, dan library Java.

(6) Mudah dipelajari

Bahasa sumber Kotlin adalah Java, sehingga ketika Anda sudah memahami Java akan mudah bagi Anda untuk mempelajari Kotlin. Anda yang paham Scala, Groovy, C#, JavaScript, dan Gosu juga bisa dengan mudah mempelajari Kotlin.

Referensi:

  1. developer.android.com
  2. Badoystudio.com

Photo by Louis Tsai on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top