sharpnel_content
Apa Itu ChatGPT, Cara Daftar, dan Fungsi

News 10 Jan 2023


Apa Itu ChatGPT, Cara Daftar, dan Fungsi

Share

Mungkin tak pernah terbesit dipikirkan kita kalau teknologi Artificial Intelligence (AI) akan mengambil alih pekerjaan manusia secepat ini, kan? Sekarang, bagaimana cara kita untuk survive dengan dirilisnya ChatGPT yang sanggup melakukan segalanya? Memangnya, apa itu ChatGPT yang kehadirannya bikin panik seantero bumi? Yuk, baca ulasan kami tentang salah satu produk OpenAI berikut ini.   

 

Pengertian ChatGPT 

Pengertian ChatGPT adalah chatbot AI tingkat lanjut yang supercanggih sehingga sanggup menjawab semua pertanyaan yang Anda lemparkan

Berbeda dengan chatbot AI pada umumnya yang hanya dapat melakukan tanya-jawab secara terbatas, ChatGPT memiliki kekuatan untuk dapat melakukan apa saja.  

Saat memakai ChatGPT, Anda tak akan menerima jawaban yang tidak relevan karena chatbot kesulitan memahami maksud dari chat Anda. Yup, secanggih inilah ChatGPT. ChatGPT bahkan disinyalir lebih canggih dari search engine Google karena didesain untuk menyelesaikan masalah. Meskipun begitu, perkara ini harus dikritisi lebih lanjut lagi, ya. 

Mengutip dari Mindmatters.ai, penulis Jacob Carpenter menyebut ChatGPT sebagai chatbot paling canggih dengan user-friendly yang mumpuni untuk masuk domain publik. 

Menurutnya, ChatGPT sanggup menulis beberapa baris kode, menulis esai dengan kesulitan setingkat perguruan tinggi, merespon suara bajak laut, dan menulis karya piano bergaya Mozart.

Rasa-rasanya, tidak mengherankan lagi kalau para customer service, penulis, seniman, dan desainer khawatir akan kehilangan pekerjaannya, ya? 

 

Cara Mendaftar ChatGPT

Jacob Carpenter sudah membocorkan sedikit fungsi ChatGPT. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Anda dapat mengaksesnya di ChatGPT OpenAI. Untuk bisa mengaksesnya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. 

1. Silakan mengakses ChatGPT OpenAI. Lalu, klik button “TRY CHATGPT”. 

Login ChatGPT

2. OpenAI akan mengecek keamanan akses Anda. Kalau sudah selesai pengecekan, Anda akan diarahkan ke landing page ChatGPT. Silakan memilih “Sign Up”. 

landing-page-chatgpt

3. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui tiga cara, yaitu e-mail, akun Google, dan akun Microsoft. Apabila memilih dengan menggunakan e-mail, silakan masukkan alamat e-mail Anda. Lalu, centang pada “I’m not a robot” dan klik “Continue”. 

pendaftaran-chatgpt

4. Silakan masukkan password minimal 8 karakter. Klik “Continue”. 

5. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi e-mail. Silakan buka e-mail dari OpenAI, lalu klik “Verify email address”. 

Cara Melakukan Verifikasi Email

6. Proses verifikasi selesai ketika muncul notifikasi di bawah ini. 

verifikasi-berhasil

7. Selanjutnya Anda harus melakukan personalisasi akun. Silakan isi “First name” atau (nama depan) dan “Last name” atau (nama belakang).  Lalu, klik “Continue”. 

personalisasi-akun

8. Masukkan nomor hape dan dilanjutkan dengan memilih metode pengiriman kode melalui SMS atau WhatsApp (WA). 

masukkan-kontak

9. Selamat Anda telah berhasil membuat akun ChatGPT! Anda dapat mulai chatting dengan chatbot AI ChatGPT dengan memasukkan pertanyaan atau perintah di chat box

Berhasil melakukan pembuatan akun ChatGPT

Apa yang Bisa Kita Lakukan dengan ChatGPT?

Kami akan memberikan sedikit inspirasi untuk memanfaatkan ChatGPT semaksimal mungkin. 

1. Tak Ada Teman Cuhat? Curhat ke ChatGPT! 

Ketika Anda memiliki masalah hidup yang tidak bisa diceritakan ke orang lain, ChatGPT dapat menjadi tempat curhat yang pas. Selintas, ChatGPT mirip dengan dating app di series Netflix “Somebody”. Jadi, Anda bisa melakukan chatting dengan chatbot laiknya seperti dengan manusia. 

Meskipun begitu, Anda perlu mengingat bahwa ChatGPT tidak memiliki emosi. 

Sebagai contoh, kami memasukkan perintah “I broke up with my boyfriend, what should I do?”. 

Fungsi chatgpt untuk teman curhat

Alih-alih mengekspresikan rasa empati, ChatGPT akan memberikan rangkaian saran bagaimana untuk memperbaiki hubungan, menyelesaikan masalah, sampai sekadar menjadi teman mengobrol yang baik.

Pastikan Anda memasukkan perintah yang tepat agar Anda mendapatkan saran yang akurat, ya. Kalau salah perintah, jawaban ChatGPT bisa kurang nyambung dengan apa yang Anda maksud.  

2. Menjelaskan Topik Sulit

Fungsi chatgpt untuk pencarian informasi

Apabila Anda kesulitan untuk memahami suatu topik yang sulit, mintalah ChatGPT untuk menjelaskannya. Sebenarnya, Anda dapat meminta bantuan ke Google, tetapi hasilnya mungkin tidak seakurat dan se-straightforward ChatGPT.  

Kuncinya, Anda harus memberi petunjuk yang jelas kepada ChatGPT tentang penjelasan sedetail dan sesederhana apakah yang Anda inginkan. Kami membandingkan pencarian kata kunci antara Google dan ChatGPT. 

Manakah hasil pencarian yang paling Anda sukai?  

 

3. Mencari Ide Leluconan

ChatGPT tak melulu soal yang serius. Anda dapat mencari referensi lelucon dari ChatGPT.

Anda juga dapat memasukkan perintah model lelucon seperti apa yang Anda inginkan. Nantinya, ChatGPT akan memberikan referensi lelucon yang sesuai dengan permintaan Anda. 

Kini, Anda tak akan lagi kehabisan ide mengobrol saat nge-date atau sekadar nongkrong dengan teman. Atau bahkan saat tengah sendiri sekalipun, Anda tidak akan merasa kesepian karena ditemani ChatGPT. 

4. Menjawab Soal Matematika Dilengkapi Penjelasan yang Lengkap

Wah, YouTuber viral Jerome Polin sepertinya bakal punya pesaing, nih! Pasalnya, ChatGPT juga memiliki kemampuan untuk menjawab persoalan matematika yang sulit sekalipun.

Kecenya lagi, ChatGPT akan memberikan penjelasan cara menjawab soal secara step-by-stepSelain membantu para pelajar untuk mengerjakan soal matematika yang rumit, ChatGPT juga memiliki potensi untuk disalahgunakan. Para pelajar yang malas belajar bisa memakai teknologi ini untuk mencotek saat ujian. 

 

5. Membuat Resume atau Cover Letter secara Instan! 

Tak bisa dimungkiri fase job hunting yang paling membuat stress adalah membuat cover letter ataupun resume. Terlebih lagi, apabila Anda melamar di banyak perusahaan dengan posisi yang berbeda. Pasalnya, Anda harus membuat resume ataupun cover letter yang sesuai dengan posisi yang dilamar. 

Membuatnya secara manual bukanlah persoalan besar jika Anda berencana mendaftar di satu atau dua perusahaan saja. Meskipun demikian, bayangkan kalau Anda berencana untuk apply di 20 perusahaan? Anda pasti akan keteteran untuk membuatnya secara manual. 

Anda dapat mengatasinya dengan memakai ChatGPT. Anda dapat membuat resume atau cover letter secara spesifik sesuai dengan posisi dan perusahaan yang dilamar secara instan dan praktis. Anda tinggal duduk cantik, ChatGPT akan membuat resume dan cover letter Anda. 

6. Mengalami Writing Block? Coba ChatGPT! 

Hal mengerikan yang dapat dilakukan oleh ChatGPT adalah menulis novel! Laiknya seorang novelis, ChatGPT dapat menulis beberapa paragraf novel hanya dari perintah yang kita berikan. 

Makin jelas dan spesifik perintah kita, isi novel juga akan makin kompleks.Kerennya lagi, ChatGPT bahkan akan memberikan judul sampai ending pada novel tersebut.

Kami mencoba dengan perintah “write a story about a disabled girl who wants to achieve her dream to be an athlete. In the process of achieving her dream, she meets a journalist and ends up falling in love with each other. But, the tragic ending is waiting for them”. 

Fungsi chatgpt menulis novel

Kini, siapa saja bisa menjadi novelis! AI ini sanggup menulis cerita dengan plot yang sudah ditentukan dalam hitungan detik, lho. 

 

7. Sanggup Ngoding, Tapi Harus Tetap Kritis

Tidak salah apabila ChatGPT disebut kecerdasan buatan tingkat lanjut. Usut punya usut, ChatGPT memiliki kemampuan untuk ngoding dan debug. Jadi, ChatGPT akan membantu pekerjaan para programmer agar selesai lebih cepat. 

Dengan bantuan ChatGPT, Anda dapat menemukan kesalahan koma pada coding dalam waktu kilat. Selain itu, ChatGPT juga bisa memberikan penjelasan tentang suatu coding. DenganJadi, programmer pemula dapat belajar banyak dari penjelasan yang diberikan ChatGPT. 

 

8. Menulis dalam Berbagai Bahasa Sekaligus (Bukan Terjemahan)

For the record, fitur bahasa ini sangat berbeda dengan Google Translate yang menerjemahkan satu bahasa ke bahasa yang lain. Namun, ChatGPT dapat membuat konten dalam beberapa bahasa sekaligus dalam satu waktu.  

Bonusnya, pengalihan bahasa ini tidak menghilangkan unsur konteks dan gaya bahasa yang sering diabaikan dalam fitur penerjemahan. 

Kami menggunakan perintah “Write japanese and english poem luke shakespeare” dan inilah hasilnya! 

Fungsi chatgpt membuat puisi dua bahasa

Kalau ditelisik lebih dalam, isinya ternyata sangat mirip dan tidak ada perubahan makna. Inilah keunggulan yang ditawarkan ChatGPT dibanding dengan Google Translate. 

 

9. Membuat Musik Berbagai Genre

Apakah Anda tertantang untuk membuat musik dengan usaha minimal? Mungkin, ChatBPT bisa dijadikan pertimbangan, nih. Meskipun Anda tidak langsung dapat membuat musik viral yang memenangkan penghargaan, menggunakan ChatBPT untuk membuat musik adalah langkah awal yang patut diapresiasi. 

Silakan masukan perintah genre musik yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda menyukai Haruto dari boyband Treasure. Anda dapat mencoba perintah Write rap about Haruto in Japanese”. Yuk, kita cek bareng-bareng seperti apa hasilnya. 

Fungsi chatgpt menulis rap

ChatGPT sanggup menulis lirik rap dengan tema Haruto dalam bahasa Jepang!

Inilah beberapa inspirasi untuk menggunakan ChatGPT. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya untuk hal yang lain? Coba saja! 

Bagaimana dengan ChatGPT Indonesia? 

Tingkat akurasi ChatGPT dalam bahasa Inggris dan Indonesia tidak begitu berbeda tergantung dari tingkat kerumitan perintah. Apabila ingin menggunakan bahasa Indonesia, pastikan perintah ringkas, jelas, dan mudah dipahami. Dengan begitu, ChatGPT tidak akan kebingungan untuk menjawab permintaan Anda. 

Kami mencoba memasukkan perintah “apa itu segitiga bermuda” dan berikut ini jawabannya. 

fungsi chatgpt melakukan pencarian

Mari kita coba memasukkan perintah yang lebih spesifik untuk tema yang sama yaitu “Segitiga bermuda anak bawah 5 tahun”. Apakah hasilnya berubah atau tetap sama? 

Fungs ChatGPT Melakukan Pencarian 2

Sesuai ekspektasi, inti jawaban tetap sama tetapi, ChatGPT memiliki cara penyampaian yang berbeda sesuai dengan konteks perintah. Alhasil, ChatGPT tidak diragukan lagi mampu menjawab perintah sesuai dengan konteks yang dibuat oleh si user

 

Source: Mindmatters.ai

Image by Freepik

Browse blog by tag

Back To Top