sharpnel_content
Apa Itu Android Developer? Pengertian, Tugas, dan Pekerjaan

News 20 Okt 2021


Apa Itu Android Developer? Pengertian, Tugas, dan Pekerjaan

Share

Android developer adalah seorang software developer yang fokus atau spesialisasinya pada pembangunan dan perancangan aplikasi mobile untuk sistem operasi Android.

Di dunia ini sekarang hanya ada dua sistem operasi terbesar untuk pasar mobile, yaitu Android dan iOS. Kedua OS mobile ini dikenal saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

Android Developer akan membuat dan mengembangkan beragam aplikasi mobile dan dipasarkan secara gratis maupun berbayar di PlayStore, toko aplikasi milik Android. Android sendiri terhitung sejak Agustus 2005 menjadi milik Google melalui proses akuisisi.

Sang pendiri Android, Rubin, Miner dan White tetap bekerja di sana meski perusahaannya sudah diakuisisi oleh Google, Inc.

Pengguna Android saat ini masih mendominasi pasar mobile, sehingga jangan heran kalau aplikasi mobile yang dikembangkan di Android juga sangat banyak. Mungkin jumlahnya bisa mencapai jutaan di seluruh dunia.

Oleh karena banyaknya pengguna Android di seluruh dunia, maka developer android pun jumlahnya banyak. Bahkan, diprediksikan karier Android Developer akan semakin bersinar di masa depan. Ini tak lepas dari semakin banyaknya jumlah pengguna telepon pintar dari waktu ke waktu.

Tugas dan Pekerjaan Android Developer

Apakah Anda tertarik menekuni karier sebagai seorang Android Developer? Jika iya, pastikan sebelum itu Anda sudah mengetahui apa yang menjadi tugas dan pekerjaan seorang Android Developer, seperti yang tertera di bawah ini:

(1) Merancang dan Membangun Aplikasi Mobile Tingkat Lanjut

Android Developer menggunakan C/C++, JavaScript, serta beberapa tools lain untuk melakukan pemrograman kode. Dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian tingkat tinggi dalam melakukan pemrograman ini karena typo sedikit dalam baris kode bisa menimbulkan masalah.

(2) Kolaborasi Antar Tim

Seorang Android Developer tidak akan bekerja sendirian, terutama mereka yang bekerja di sebuah perusahaan besar. Mereka pasti akan bekerja dengan divisi pengembangan produk, pengalaman pengguna, dan beberapa departemen lain untuk merancang dan mengembangkan fitur-fitur yang bermanfaat untuk pengguna.

Kebutuhan untuk bekerja sama dengan departemen lain ini membutuhkan kemampuan team player yang baik.

(3) Troubleshoot dan Fix Bug

Pekerjaan seorang Android Developer tidak lantas selesai begitu saja manakala aplikasi sudah jadi. Kenyataannya daftar pekerjaan mereka setelah produksi masih banyak, misalnya saja troubleshoot dan bug fixing. Ini artinya, Android Developer harus selalu memastikan user tidak mendapatkan kendala saat menggunakan aplikasi.

(4) Menemukan, Mengevaluasi, dan Menerapkan Tool Development Terbaru

Seorang Android Developer juga harus selalu update pengetahuan mengenai teknologi terbaru. Intinya, mereka tidak boleh ketinggalan jaman. Android developer harus mampu mengevaluasi tool development terbaru dan mencari tahu apakah tools tersebut layak untuk diterapkan.

Dengan demikian seorang Android Developer harus mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

(5) Menggunakan Sumber Data Eksternal dan APIs

Seorang Android Developer harus menyediakan waktu untuk mendalami sumber-sumber data eksternal dan APIs. Maka dari itu, seorang Android developer haruslah mampu berpikir kritis (critical thinking) untuk menerapkan informasi yang didapat ke dalam target spesifik.

Apakah menurut Anda tugas dan pekerjaan Android Developer di atas sulit? Kesulitan seberat apapun kalau dihadapi penuh semangat dan penuh persiapan pasti akan terselesaikan juga. Maka dari itu, pastikan untuk menjadi pribadi yang penuh semangat, penuh motivasi, dan selalu ingin maju berkembang.

Referensi: www.jobhero.com

Photo by Denny Müller on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top