sharpnel_content
Andai Dunia Sihir Harry Potter Menggunakan Teknologi

News 13 Sep 2021


Andai Dunia Sihir Harry Potter Menggunakan Teknologi

Share

Potterhead (sebutan untuk penggemar Harry Potter), pernahkah terlintas di pikiran Anda mengapa dunia sihir Harry Potter tidak menggunakan teknologi? Saat kehidupan para muggle (manusia biasa) terasa begitu praktis karena teknologi, para penyihir seolah-olah terjebak pada masa lalu. Alih-alih menggunakan burung hantu untuk mengirim surat, bukankah lebih praktis kalau mengirim pesan via pesan singkat ataupun e-mail

Pertanyaan ini tentu saja tepat sasaran. Namun, ada kalanya kita lupa bahwa kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan teknologi sering kali menumbalkan sisi menarik dari kehidupan itu sendiri. Apabila penyihir dapat mengirim surat melalui burung hantu dan Howler untuk memarahi anak yang bandel, bukankah e-mail dan pesan singkat menjadi terasa begitu membosankan?

Sama halnya dalam dunia nyata, mengirim surat lewat pos memang memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Akan tetapi, ada perasaan penasaran ketika menunggu kapan surat akan datang atau sampai. Kita pun menjadi lebih menghargai proses komunikasi ini karena dilakukan dengan cara yang tidak mudah. Inilah satu sisi yang hilang dengan hadirnya teknologi, khususnya internet.   

Kehidupan kita tentu saja akan lebih cepat, praktis, dan nyaman saat membaca berita di internet. Namun, membaca surat kabar dengan gambar yang bisa bergerak-gerak laiknya di Harry Potter pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda. Ini dia salah satu alasan mengapa novel Harry Potter tidak menggunakan teknologi, dunia menjadi kurang menarik karenanya.  

Kedua, penyihir tidak menggunakan teknologi karena alasan kultural. Mereka memiliki sebuah kebanggaan pada komunitasnya karena tidak memerlukan perangkat buatan manusia. Komunitas penyihir ini tetap bisa melanjutkan hidup tanpa adanya listrik dan perangkat digital lainnya. Tanpa adanya komputer, smartphone, dan internet, kehidupan di dunia sihir menjadi lebih menarik. 

Lalu, apa relevansi dunia Harry Potter dengan masa kini? Saat dunia berjalan dengan cepat karena teknologi, Anda dapat mempertimbangkan kehidupan alternatif. Anda dapat rehat sejenak dari teknologi dan mulai menikmati hidup. Siapa sangka, berpisah dengan teknologi bukanlah suatu pilihan yang buruk, bukan? 

 

Sumber:  Screenrant.com

Photo by Artem Maltsev on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top