sharpnel_content
Algoritma Instagram Terbaru 2022

News 11 Jan 2022


Algoritma Instagram Terbaru 2022

Share

Saat berurusan dengan Instagram marketing, sebaiknya kita tidak berpatokan pada satu metode saja. Dengan perubahan fitur dan tren Instagram yang cepat, Anda harus mengikuti update algoritma Instagram yang ada. Dengan begitu, strategi marketing dapat bekerja secara efektif. Lalu, seperti apakah algoritma Instagram terbaru 2022? Cek selengkapnya berikut ini. 

Sebelum beranjak ke algoritma Instagram 2022, kita harus menyadari bahwa algoritma Instagram berbeda-beda tergantung dari jenis fitur di Instagram. Instagram memiliki empat fitur utama yaitu feed post, stories, explore, dan reels. Tiap-tiap fitur ini tentu saja memiliki algoritma yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membedah algoritma Instagram untuk feed post

 

Feed Post: Bukan Hanya Best Time dan Like, Tetapi Utamakan Engagement!  

Saat sebagian orang masih mencari waktu terbaik untuk posting di Instagram, dunia terus berputar dan berubah. Kini, algoritma best time atau golden time tidak lagi ber-damage pada performa postingan, lho. Faktanya, algoritma Instagram terbaru jauh lebih kompleks. 

Usut punya usut, ada empat kunci utama untuk memaksimalkan performa feed post Instagram, yaitu informasi poster, informasi post, aktivitas diri, dan riwayat interaksi. Jadi, performa post tidak semata-mata dari kualitas postingan itu saja. Namun, ada faktor eksternal yang berkaitan dengan keaktifan user di Instagram. 

Disarikan dari Later.com, berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat memudahkan Anda memahami keempat faktor di atas. 

-Informasi poster: Seberapa menarik poster tersebut bagi Anda? Apakah mereka sahabat Anda? Seberapa sering orang-orang berinteraksi dengan konten tersebut? 

-Informasi postingan: Apakah foto atau video? Kapan waktu post? Berapa banyak like yang didapat? 

-Aktivitas: Apakah Anda cenderung melihat banyak konten video? Jenis konten seperti apakah yang sering Anda ikuti? 

-Riwayat interaksi: Apakah Anda biasanya menyukai atau mengomentari konten poster? 

Berdasarkan keempat faktor ini, Instagram akan menghitung score of interest dan memilih postingan yang akan muncul di feed seseorang. Jadi, Anda tidak perlu heran ketika postingan akun yang Anda follow tidak muncul di feed Anda. Mungkin, Anda sudah lama tidak berinteraksi satu sama lain atau postingan tersebut tidak relevan dengan ketertarikan atau minat Anda. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa algoritma Instagram terbaru untuk feed post adalah meningkatkan engagement. Makin banyak dan lama interaksi, engagement postingan Anda makin bagus! 

Lalu, bagaimana cara meningkatkan engagement postingan? Anda harus meningkatkan interaksi dengan berfokus pada lima faktor utama, yaitu like, comment, save, waktu yang dihabiskan, dan kunjungan profile. Kini, matrik banyak-banyakan like sudah tidak relevan lagi. Namun, Anda juga harus meningkatkan interaksi user di postingan Anda.

Alih-alih mengumpulkan like, fokuslah membuat konten insigthful yang membuat user menekan tombol “save” tanpa pikir panjang dan meninggalkan komentar di postingan Anda. Inilah kunci utama dari algoritma Instagram terbaru 2022. 

 

Sumber: Later.com

Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top