sharpnel_content
Desainer Ria Miranda Gunakan AI untuk Membuat Pola Desain Hijab

News 30 Okt 2020


Desainer Ria Miranda Gunakan AI untuk Membuat Pola Desain Hijab

Share

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sudah merambah ke berbagai sektor, tak terkecuali pada retail. Desainer kenamaan Indonesia, Ria Miranda pun menggunakan AI untuk membuat pola desain hijab pada peringatan 10 tahun berkarya di Indonesia. Pada pameran 10 Langkah Miranda, dia pun menjual empat koleksi scarf yang didesain dengan AI. 

Keempat koleksi ini memiliki  pola tumpang tindih dengan berbagai warna, seperti putih, biru, dan  cokelat. Jika pengunjung tertarik untuk mengoleksinya, mereka dapat membelinya dengan harga sebesar Rp425 ribu. Sejak sepuluh tahun bergelut dalam dunia fashion, Ria Miranda baru kali ini memakai teknologi AI untuk membuat desain. Hasil desain Ria Miranda ini pun menjadi pola pertama di Indonesia yang didesain dengan teknologi AI. 

Semua ini dapat terwujud berkat dukungan dari Microsoft Rinna. Microsoft Rinna mengembangkan teknologi AI yang sudah dilengkapi algoritma berbagai desain. Uniknya, teknologi ini dapat memahami emosi dan desain. Oleh karena itu, setiap desain yang dibuat teknologi ini tidak akan kehilangan sentuhan desainernya. 

 

Apa Keuntungan Membuat Pola Desain dengan Teknologi AI?

Pengadopsian teknologi AI pada sektor ritel pun memberikan dampak yang positif. Pengerjaan pola desain yang awalnya membutuhkan waktu berhari-hari, kini hanya menghabiskan waktu beberapa jam saja. Menurut Ria Miranda, teknologi AI dapat mempermudah pekerjaan desainer. 

Pada prosesnya, Ria hanya perlu memasukan beberapa kata kunci pada sistem untuk membuat suatu desain secara otomatis.  Nantinya, kata kunci ini akan dibaca dan diterjemahkan mesin AI sehingga terciptalah berbagai desain yang related dengan kata kunci. Sebagai contoh, Ria Miranda memasukkan kata kunci vintage, freedom, youth, dan lainnya. 

Meskipun demikian, Ria tidak serta-merta menggantungkan segalanya pada teknologi. Desain rekomendasi teknologi AI ini masih akan diubah sesuai dengan gaya desain Ria. Oleh karena itu, hasil desain Ria tidak akan kehilangan sentuhan dan jiwa dari desainernya. 

Meskipun dibuat oleh mesin, hasil desain ini masih mencerminkan ciri khas desainernya, lho. Usut punya usut, Microsoft telah mempelajari ratusan seniman. Oleh karena itu, hasil desainnya tetap autentik dan tidak akan sama dengan buatan desainer lain yang sama-sama menggunakan teknologi ini. 

 

Sumber: cnnindonesia.com

Image by Ria Miranda Official Instagram Account

 

Browse blog by tag

Back To Top