sharpnel_content
Aespa, Girlband Korea Futuristik Berkonsep AI!

News 11 Nov 2020


Aespa, Girlband Korea Futuristik Berkonsep AI!

Share

Pengadopsian teknologi telah merambah ke sektor hiburan. Terbaru, SM Entertainment (SM E), perusahaan hiburan terkemuka Korea Selatan akan men-debut-kan girlband Korea futuristik berkonsep AI bernama Aespa! Aespa memiliki empat orang member, yaitu Winter, Giselle, Karina, dan Ningning. Uniknya, tiap member ini memiliki karakter avatar berteknologi AI, lho! 

Produser utama SM E,  Lee Soo Man, menyatakan keinginannya untuk membawa K-Pop ke level yang berbeda. Dengan adanya digitalisasi, gaya hidup masyarakat dunia pasti akan ikut berubah, bukan? Nah, untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup baru ini, SM E merancang projek inovatif bernama SM Culture Universe. Melalui SM Culture Universe, SM E akan menjembatani kehidupan manusia dan robot. 

Visi inovatif ini diawali dengan agenda debut Aespa pada tanggal 17 November 2020. Jika dilihat dari debut teaser, Aespa mengusung konsep tiada batas antara dunia nyata dan maya. Ke depannya, penggemar bisa merasakan sebuah pengalaman unik dengan mengidolakan manusia beserta virtual-nya. 

 

Aespa Memiliki Member Manusia dan Virtual “æ”


Menarik untuk dicatat, Aespa merupakan gabungan dari ‘æ’ dari “Avatar X Experience” dan “Aspect”. Melihat dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa membayangkan seperti apa konsep dari girlband futuristik yang satu ini, bukan? Karakter Aespa ini nantinya bisa berinteraksi dengan fans karena ditanami kecerdasan buatan (AI). Tiap virtual member ini akan memiliki nama “æ” dan diikuti nama asli member manusia. Sebagai contoh, member Karina akan memiliki virtual member bernama æ-Karina.  

Sebelumnya, dunia sempat dibuat kepincut dengan karakter vocaloid dari Jepang yang mengusung konsep virtual idol. Vocaloid merupakan sebuah perangkat lunak untuk memproduksi suara dari Yamaha Corporation. Lagu dari vocaloid ini pun makin sempurna karena adanya karakter dua dimensi yang menyanyikan lagu tersebut. Karakter vocaloid ini pun menjadi idol dengan konsep baru yang tidak ada unsur “manusia” di dalamnya. Salah satu karakter vocaloid yang terkenal adalah Hatsune Miku. 

Dibandingkan dengan vocaloid, Aespa tentu memiliki nilai plus karena kombinasi dari manusia dan karakter virtual. Dengan demikian, pasar Aespa menjadi lebih luas karena bisa bisa menggaet minat penggemar K-Pop pada umumnya dan juga penggemar teknologi. 

Kesimpulannya, kemajuan teknologi telah membawa dunia hiburan ke level yang tak terbayangkan. Vocaloid dan Aespa pun menjadi sebuah bukti bahwa teknologi dapat dinikmati dengan cara yang menyenangkan! Jadi, Anda memilih member manusia atau virtual member?

 

Sumber: Wowkeren.com

Image by SM Entertainment

 

Browse blog by tag

Back To Top