sharpnel_content
7 Strategi Internet marketing yang Perlu Anda Tahu

News 25 Jan 2021


7 Strategi Internet marketing yang Perlu Anda Tahu

Share

Internet marketing saat ini menjadi primadona di kalangan pebisnis. Mengapa? 

Internet marketing dikatakan mampu meningkatkan penjualan (sales) hingga berkali lipat. Maka dari itu, aktif mempraktikkan kaidah-kaidah dalam Internet marketing sudah menjadi keharusan bagi seorang pebisnis saat ini. Apalagi dengan kondisi dunia yang semakin digital, Anda akan ketinggalan jaman kalau hanya berkutat pada model pemasaran tradisional.

Kemudian, bagi anda yang seorang pebisnis, baik skala kecil maupun besar, sudah seharusnya anda mengetahui 7 strategi Internet marketing berikut ini. Strategi yang kami ulas di bawah ini sudah terbukti ampuh dari waktu ke waktu dalam meningkatkan penjualan/sales.

Apa saja strategi Internet marketing yang perlu diketahui? Mari lihat satu per satu berikut ini:

1. Content Marketing

Konten (content) merupakan tulang punggung internet. Semua hal yang tampak secara kasat mata di internet, entah itu berupa tulisan, gambar, video, dsb disebut sebagai konten. Content Marketing oleh Google diartikan sebagai 

“Sebuah tipe marketing yang melibatkan proses membuat dan membagikan materi online seperti video, blog, dan post di social media yang secara tidak eksplisit mempromosikan brand atau merek tapi dimaksudkan untuk menstimulasi minat kepada suatu produk atau layanan.”

Dalam internet marketing, content marketing memegang peranan paling penting. Tanpa content marketing, strategi lainnya mungkin tidak akan menjadi efektif.

Seperti pengertian content marketing di atas, di mana tujuan content marketing adalah untuk menstimulasi minat calon pelanggan kepada suatu produk atau layanan jasa. Konten bisa mengedukasi calon pelanggan potensial  mengenai produk atau layanan yang kita jual. Bayangkan, tanpa konten, bagaimana pelanggan akan tahu mengenai produk yang anda jual?

2. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu komponen dalam Internet marketing yang tak kalah powerful. Email marketing merupakan sebuah metode dimana anda bisa secara langsung terhubung dengan calon pelanggan.

Pertama-tama tentunya anda harus memiliki alamat email calon pelanggan. Pasang fitur subscribe/berlangganan di situs Anda, dan pengunjung yang tertarik dengan produk atau layanan yang anda jual mungkin akan menaruh email mereka untuk berlangganan newsletter.

Selanjutnya, Anda harus rajin mengirimkan newsletter yang berisikan promosi produk ataupun konten lain untuk meningkatkan minat calon pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Email marketing ini selangkah lebih maju untuk mendapatkan sales/penjualan, lho. Jadi, jangan pernah meremehkan email marketing!

Manfaatkan otomatisasi dalam pengiriman email marketing untuk proses yang lebih mudah!

3. SEO (Search Engine Optimization)

Google mengartikan SEO sebagai

“Sebuah proses untuk memaksimalkan jumlah pengunjung ke sebuah situs web dengan memastikan bahwa situs tersebut muncul di puncak list oleh search engine.”

Bila anda menginginkan lebih banyak trafik organic, maka sudah saatnya anda mempraktikkan kaidah-kaidah SEO dengan baik dan benar. Anda perlu memaksimalkan website Anda supaya muncul di rank pertama, kedua, atau ketiga google. Meskipun, tentunya yang paling baik adalah muncul di rank pertama Google karena user akan mengklik konten di halaman pertama Google dan jarang sekali menuju page kedua, ketiga, dan seterusnya hingga ke sepuluh.

Mempraktikkan kaidah-kaidah SEO mungkin terlihat rumit dan membingungkan padahal sejatinya kalau Anda paham dasar-dasarnya, tidak sulit. SEO yang baik akan mendatangkan lebih banyak trafik organic ke website Anda. Selain murah karena tidak ada biaya yang dipungut, trafik organic juga akan lebih tahan lama dibandingkan trafik dari SEM.

4. Optimasi Conversion Rate

Goal utama dari Internet marketing adalah konversi (conversion). Makanya, anda harus bisa mengoptimasi Conversion Rate (tingkat konversi). Untuk mengoptimasi CR bisa dilakukan dengan kombinasi antara UI/UX dan copywriting

Gunakan copywriting untuk menyampaikan pesan dan gunakan desain UI/UX untuk membuat pengunjung mudah melakukan pembelian, sehingga konversi tercipta.

5. Sosial Media

Dewasa ini, sosial media menjadi kekuatan besar bagi internet marketing. Sosial media menjadi media yang mumpuni untuk bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan anda. Hanya saja, keterlihatan (visibility) dan komunikasi saja tidaklah cukup untuk membangun sebuah brand atau bisnis.

Anda perlu membuat konten (lagi, lagi konten) yang bagus dan luar biasa agar pengguna sosial media mau membagikan konten tersebut ke teman-teman mereka. Bayangkan bila ratusan hingga ribuan orang membagikan konten anda? Tentu akan sangat bagus bagi bisnis yang anda kelola!

6. Paid Ads

Kadang untuk mencapai lebih dari yang anda punya sekarang, ada biaya yang harus dibayar. Trafik organic memang sangat bagus dan bisa bertahan lam, serta berbiaya murah. Tapi paid ads kadang sesekali bisa dipakai untuk kampanye produk yang tertarget.

Paid ads bisa memberikan hasil keuntungan dengan segera, maka dari itu ia cocok untuk kampanye produk-produk tertentu yang memiliki tema atau tenggat waktu.

Contoh paid ads yang terkenal adalah Google Ads, Youtube Ads, dan Facebook advertising platform.

7. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi Internet marketing yang relatif baru. Influencer marketing menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan suatu produk. Influencer atau selebgram umumnya memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (follower) di akun Instagram, YouTube, atau Facebook mereka dan inilah yang dimanfaatkan oleh para pebisnis.

Pengikut dari para influencer atau selebgram ini biasanya loyal dan percaya dengan mereka sehingga ada kemungkinan mereka akan membeli produk yang direkomendasikan oleh si influencer.

Nah, itu dia 7 strategi dalam Internet marketing yang kalau digabungkan akan menjadi kekuatan luar biasa bagi bisnis anda. Tingkatkan penjualan/sales bisnis dengan Internet marketing yang tepat! 

Referensi:

ahrefs.com
Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top