sharpnel_content
7 Jenis Infografis dan Manfaatnya

News 19 Agu 2021


7 Jenis Infografis dan Manfaatnya

Share

Infografis adalah salah satu bentuk konten digital yang saat ini sering digunakan. Infografis selalu ada untuk mendukung konten. Lihatlah konten artikel maupun video yang bersifat informatif, terkadang terselip tayangan infografis di sana, yang tujuannya untuk memudahkan pembaca atau audiens untuk memahami apa yang disampaikan.

Infografis dapat dengan mudah kita temukan, entah itu di website, blog, platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter juga tak luput dari ekspansi infografis. Singkatnya, infografis sangat fleksibel untuk ditampilkan di beragam platform digital.

Alasan Menggunakan Infografis

Dari sisi edukasi, infografis punya banyak manfaat. Infografis umumnya menggunakan warna-warna yang terang, visual yang mencolok, cuplikan teks yang singkat, serta cenderung menarik bagi orang-orang dengan tipe visual yang sering kesulitan membaca teks yang panjang.

Oleh karena infografis ini sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai macam platform — seperti postingan sosial media, blog, hingga disisipkan di video, maka infografis sangat bisa membantu Anda untuk menyampaikan pesan yang lebih informatif kepada audiens.

Mengapa infografis disukai banyak digital marketer?

  1. Secara visual menarik dan mudah untuk dibagikan
  2. Mempermudah penyampaian data-data yang rumit
  3. Desain dan palet warna yang bisa disesuaikan dengan brand
  4. Bisa mengkomunikasikan semua informasi penting dalam waktu baca yang pendek
  5. Bisa dipakai untuk mengolah ulang konten-konten lama
  6. Fleksibel untuk digunakan bersama konten lain atau sendiri-sendiri

Berikut adalah 7 jenis infografis dan manfaatnya 

Informasi berikut kami sarikan dari laman semrush.com:

(1) Timeline

Timeline merupakan jenis infografis yang paling umum digunakan. Adapun manfaat infografis jenis timeline adalah untuk menjelaskan kejadian bersejarah, menceritakan sebuah kisah, menggambarkan proses yang harus peka terhadap waktu, perencanaan acara, dsb.

(2) Artikel Visual

Artikel visual menggunakan kembali konten dari artikel atau blog dan mengolahnya menjadi konten infografis. Infografis jenis ini biasanya lebih padat dan mungkin memakan waktu lebih lama untuk membacanya.

Infografis jenis artikel visual bermanfaat untuk menyampaikan konten artikel yang padat ke dalam format infografis yang lebih singkat. Jika konten Anda merupakan hasil penelitian, maka membuat versi infografisnya akan sangat membantu.

(3) List

Jika konten Anda berupa daftar (list) yang panjang, maka Anda bisa membantu audiens untuk memahami secara cepat dengan menggunakan infografis. Infografis jenis list bermanfaat sebagai opsi tambahan untuk menikmati konten yang lebih pendek dan bisa dikonsumsi dengan cepat. 

Anda bisa menggunakan infografis jenis ini untuk menggambarkan konten blog, referensi untuk presentasi, atau untuk dibagikan ke sosial media. Infografis jenis list sangat serbaguna dan memberikan lebih banyak ruang bagi kreatifitas si desainer.

(4) Proses dan Diagram Alir

Infografis jenis proses dan diagram alir menggambarkan rangkaian langkah-langkah yang menganjurkan pembaca untuk mengikutinya. Layout yang dipilih untuk menggambarkan proses dan diagram alir bergantung pada proses yang ingin Anda ilustrasikan.

Misalnya saja, diagram untuk langkah-langkah akan lebih sederhana bila dibandingkan dengan diagram yang menggambarkan keputusan-keputusan.

Infografis jenis ini bermanfaat untuk menggambarkan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu hal supaya lebih mudah dipahami dengan cepat, misalnya Step by Step dalam Menulis Konten Web, dsb.

(5) Data, Bagan, dan Angka

Secara umum, infografis memang digunakan untuk memvisualisasikan data, menggambarkan data dan angka yang kompleks untuk membantu pembaca yang awam agar lebih mudah memahami. Anda boleh menggunakan grafik batang, diagram lingkaran, atau bahkan piktogram agar konten Anda lebih mudah dipahami.

(6) Perbandingan

Infografis perbandingan digunakan untuk membandingkan dua atau lebih informasi yang berbeda, bisa juga untuk menunjukkan kemiripan. Oleh karena membandingkan dua hal atau lebih, maka infografis ini haruslah diatur sedemikian rupa agar tidak membingungkan.

(7) Data Geografis

Jika Anda ingin memecah data berdasarkan lokasi, maka infografis geografis adalah pilihan yang paling tepat. Infografis jenis ini seringkali hanya menggunakan sedikit teks untuk menyampaikan pesan.

Anda mungkin juga ingin membuat infografis untuk mendukung bisnis Anda mencapai audiens dengan tepat dan sepenuhnya bisa diterima. Jika Anda ingin mendesain infografis yang dikustomisasi sesuai dengan bisnis yang Anda kelola, maka kami mungkin bisa membantu Anda. Di AsiaQuest Indonesia, tim desainer grafis kami berpengalaman dalam membantu klien menerjemahkan konten yang rumit menjadi desain infografis yang mudah dimengerti oleh awam sekalipun.

Referensi: www.semrush.com
Infographic photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top