sharpnel_content
7 Fakta Instagram Reels yang Jarang Diketahui Orang

News 10 Nov 2021


7 Fakta Instagram Reels yang Jarang Diketahui Orang

Share

Instagram Reels adalah fitur yang baru saja ‘menjajah’ platform Instagram di tanah air. Instagram Reels digadang-gadang sebagai pesaing TikTok karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat mirip dengan yang ada di platform TikTok.

Lantas, kalau fiturnya mirip TikTok kenapa tidak pakai TikTok saja?

Jagat media sosial Indonesia memang terbagi-bagi. Ada yang punya basis penggemar di TikTok, tapi ada juga yang sudah susah payah mengumpulkan follower Instagram hingga jutaan. Masalahnya, sebelum ada reels, para pengguna Instagram tidak bisa membuat video dengan editan khas TikTok yang terbilang unik dan fun abis!

Tentu merepotkan kalau harus mengunggah video TikTok ke Instagram. Belum lagi harus menyertakan watermark akun TikTok di dalam video. Agaknya Instagram memang ingin menjawab keresahan para pengguna setianya melalui peluncuran reels.

Apa Keunggulan Instagram Reels?

Sebelum ada reels, Instagram punya fitur Instagram Stories yang sebenarnya tidak jauh beda. Hanya saja, reels istimewa melalui fitur pengeditan yang lebih mumpuni daripada Instagram stories.

Fitur pengeditan video yang dimaksud misalnya efek-efek video yang lebih beragam, misalnya penambahan audio, pengaturan kecepatan video, efek AR (augmented reality), fitur timer dan hitung mundur ketika merekam video, serta fitur transisi yang halus yang populer digunakan untuk reels tema outfit changes.

Kemudian, jika Instagram Stories hanya bisa dibagikan kepada follower Anda, maka video reels bisa ditonton oleh semua pengguna Instagram karena video reels akan ‘dipromosikan’ di Instagram Explore Page. Nah, dengan demikian Anda bisa mendapatkan lebih banyak follower, viewer, dan likes. Syaratnya, atur akun Instagram Anda ke public dan mulai buat video reels yang menarik.

Simak 7 fakta menarik Instagram Reels yang jarang diketahui orang berikut ini:

(1) Sudah Rilis Duluan di Beberapa Negara, Brazil Jadi yang Pertama

Reels mungkin baru-baru ini dinikmati oleh pengguna Instagram di Indonesia. Padahal, sebenarnya ia sudah muncul duluan di beberapa negara. Brazil adalah negara pertama yang bisa menikmati reels.

Bukan tanpa alasan Brasil jadi pilihan pertama. Brazil memang dikenal jadi komunitas terbesar pengguna Instagram di seluruh dunia. Sejak November 2019, pengguna Instagram di Brazil sudah bisa menjajal fitur saingan TikTok tersebut, yang dikenalkan dengan nama Cenas.

Berkat Reels/Cenas, pengguna Instagram di Brazil meningkat 4,34% dari yang biasanya cuma meningkat 1% per bulan.

(2) Ekspansi ke Prancis dan Jerman di 2020

Setelah menunjukkan hasil yang memuaskan di Brazil, reels kemudian melakukan ekspansi ke Prancis dan Jerman di bulan Juni 2020. Instagram juga memperbarui reels-nya secara ekstensif.

(3) Bikin Pengguna Instagram di India Naik 11,4%

Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia, India, juga mencatat rekor baru jumlah unduhan Instagram. Reels diluncurkan di India pada bulan Juli 2020 dan kurun waktu setelahnya mencatatkan kenaikan jumlah unduhan aplikasi Instagram hingga 11,4%.

(4) Jadi Andalan Akun-Akun Tim NBA

Conviva menyebutkan bahwa ⅔ dari franchise NBA setidaknya memposting 1 reels sejak fitur tersebut diluncurkan di AS pada bulan Agustus 2020. Ini artinya, 20 tim dari 30 tim yang ada menggunakan reels.

(5) Meningkatkan Engagement

Reels terbukti meningkatkan engagement. India melaporkan kenaikan pada average time spent sebesar 3,5%. Akun tim NBA juga menyebutkan bahwa sejak ada reels, engagement mereka meningkat sebesar 22% bila dibandingkan dari post di Instagram Feed dan Stories.

Los Angeles Lakers juga mencatat engagement tertinggi mereka melalui reels dimana mereka memperoleh lebih dari 385.000 engagement dan lebih dari 4.1 juta pemutaran dari sebuah video.

The Houston Rockets juga tercatat memperoleh lebih dari 11,7 juta pemutaran dari 5 video yang mereka post melalui reels.

(6) Favorit Akun Brand Fashion dan Kosmetik Dunia

Akun-akun brand kosmetik dan fashion kelas dunia tak mau ketinggalan tren reels. Louis Vuitton sebagai brand tas mewah favorit para sosialita kelas atas dunia maupun lokal Indonesia juga menerima apresiasi yang mengejutkan dari tiap reels yang mereka post.

Balmain, brand fashion langganan artis-artis fenomenal dunia seperti Kim Kardashian dan Kylie Jenner, tercatat juga menerima jumlah view dan likes yang memuaskan sejak kehadiran reels. Secara rata-rata, video mereka memperoleh rata-rata 1,2 juta view dan ratusan ribu likes di setiap reels yang mereka post.

Brand makeup kenamaan Sephora rajin memposting video reels mengenai tutorial make up, demo produk, maupun user generated content. Tiap video mereka rata-rata menerima 453.000 views, lho!

(7) Most Viral Reels: Outfit Change Transition Trend

Tren berganti outfit dengan cepat atau outfit change transition saat ini sedang menjadi tren yang paling viral di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Artis-artis ibukota, selebgram, hingga rakyat jelata ikut-ikutan tren berganti outfit tersebut.

Adalah Junesixtyfive, seorang fashion influencer yang memanfaatkan reels untuk membuat video ngetren berganti outfit. Tak jelas siapa yang pertama kali memulai tren ini, akan tetapi Junesixtyfive tercatat menerima lebih dari 2,7 juta view untuk video outfit change transition.

Apakah Anda sudah menjajal reels? Atau Anda termasuk yang ketagihan membuat video-video reels. Apapun itu pastikan untuk membuat video menarik yang bebas SARA agar tidak terjerat UU ITE, ya kawan!

Referensi: influencermarketinghub.com
Photo by Magnus Andersson on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top