sharpnel_content
7 Daftar Perusahaan Elon Musk dan Nilai Kekayaannya, Beneran Sultan!

News 05 Jan 2023


7 Daftar Perusahaan Elon Musk dan Nilai Kekayaannya, Beneran Sultan!

Share

Dinobatan sebagai salah satu manusia tertajir di muka bumi ini pasti membuat orang-orang mati penasaran dari mana asal kekayaan Elon Musk. Selain dari Tesla, dari manakah Elon Musk mengumpulkan pundi-pundi hartanya? Berikut ini 7 daftar perusahaan Elok Musk dan nilai kekayaannya. Pantas saja disebut sultan! 

 

7.  OpenAI: 1 Miliar Dolar

Kendatipun sudah cabut pada tahun 2018 silam, jejak Elon Musk di OpenAI masih membekas dengan jelas, lho. Yup, sebenarnya, Elon Musk pernah mendirikan organisasi nonprofit pada tahun 2015 silam bernama OpenAI. Setelah dia keluar, perusahaan ini terus berkembang hingga nilainya kini mencapai 1 miliar dolar. 

Tahukah Anda bahwa tujuan awal pendirian OpenAI sangatlah mulia. Tujuannya adalah untuk memastikan kalau teknologi AI secara umum dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia. 

Setelah kepergian Elon Musk, project tetap dijalankan hingga bisa sesukses dan seviral sekarang. Meskipun sudah keluar, dia tetap rutin menjadi pendonor utama OpenAI. Baru sesudahnya ada Microsoft yang memberikan suntikan dana hingga 1 miliar dolar pada tahun 2019. 

 

6. Neuralink: 1 Miliar Dolar

Komitmen Elon Musk untuk berinvestasi di bidang kesehatan patut diacungi jempol. Melalui Neuralink, Elon Musk berusaha untuk membuat otak yang dapat berinteraksi dengan mesin atau komputer melalui brain-machine interface. Nantinya, sebuah cip akan dipasang di tulang tengkorak manusia. 

Ide ini memang terasa ambisius, tetapi jika berhasil diwujudkan akan dapat membantu orang dengan kelumpuhan. Tekonologi ini dikembangkan untuk membantu manusia dengan disabilitas untuk melakukan aktivitas laiknya manusia normal. 

Cip komputer ini berhasil ditanamkan di otak babi bernama Gertrude. Setelah babi, uji coba penanaman cip otak pada manusia dijadwalkan akan dilakukan pada akhir tahun 2022. 

Sesusungguhnya, inovasi Neuralink ini memantik pro dan kontra. Meskipun begitu, Neuralink berhasil mendapatkan suntikan dana dari investor. Berkat suntikan ini, nilai Neuralink diperkirakan berada pada angka 500 juta – 1 miliar dolar. 

 

5. The Boring Company: 5,7 Miliar Dolar

Menurut berita teranyar, The Boring Company berhasil meraup laba bersih senilai 5,7 miliar dolar. Kesuksesan The Boring Company tentu saja tidak lepas dari campur tangan Elon Musk. 

Elon Musk mendirikan The Boring Company pada 2016 silam dan langsung disambut ramah oleh pasar. Memangnya, apa produk utama The Boring Company? 

Perusahaan ini fokus pada pembangunan infrastruktur terowongan yang dinamai Loop. Para pengendara Tesla dengan berbagai tipe dapat melakukan perjalanan secara cepat, aman, dan nyaman di Loop. 

Selain untuk mobil Tesla, The Boring Company juga dapat membuat pelbagai terowongan untuk tujuan lain seperti jalan pedestrian yang aman. 

 

4. Starlink: 40 Miliar Dolar 

Pada tahun 2019 silam, Elon Musk memastikan kalau jaringan internet dapat dijangkau oleh siapapun termasuk di area pendalaman sekalipun dengan meluncurkan Starlink. Starlink adalah konstelasi satelit internet dengan kecepatan 50-150 Megabits per detik! 

Kecepatan level dewa ini dapat terwujud berkat dukungan dari 2,700 satelit yang diluncurkan Starlink. Jumlah ini mungkin akan bertambah karena adanya kelonggaran regulasi. 

Untuk mengakses jaringan internet level dewa ini, Anda harus rela merogoh kocek sebesar 110 dolar per bulan. Sampai saat ini, jaringan internet dengan satelit ini telah digunakan oleh penerbangan komersial sampai kapal laut. 

Dari Starlink, Elon Musk diperkirakan mengumpulkan kekayaan kotor sebesar 40 miliar dolar. Menurut Morgan Stanley’s Adams, nilai Starlink bakal meningkat hingga 100 miliar dolar pada beberapa tahun ke depan. 

 

3. Twitter: 44 Miliar Dolar

Meskipun sempat membuat geger seantero bumi, Elon Musk secara resmi telah mengakuisisi Twitter pada 27 Oktober 2022. Tak tanggung-tanggung, nilai transaksi ini mencapai 44 miliar dolar. 

Dengan berhasilnya akusisi ini, Twitter masuk dalam daftar lumbung uang Elon Musk. Setelah pembelian ini, Elon Musk diperkirakan memiliki 9,1% saham kepemilikan dari Twitter. 

Untuk mendukung visi dan misinya, Elon Musk langsung saja membuat kebijakan baru. Seperti menetapkan tarif berbayar untuk fitur centang biru seharga 8 dolar per bulan. 

Untuk kebijakan baru yang dibuat Elon Musk, bisa kamu baca di “4 Kebijakan Baru Twitter Pasca Diakusisi Elon Musk”. 

 

2. SpaceX: 175 Miliar Dolar 

Sebagai salah satu perusahaan andalan Elon Musk yaitu SpaceX berhasil menyumbangkan pendapatan sebesar 175 miliar dolar. Sementara itu, net worth yang masuk ke kantong Elon Musk diperkirakan di angka 46,9 miliar dolar. 

Angka fantastis ini menempatakan SpaceX sebagai perusahaan Elon Musk dengan pendapatan terbesar kedua setelah Tesla. 

Awalnya, ide Elon Musk untuk terjun ke bisnis luar angkasa dianggap cukup gila. Pasalnya, ide ini terkesan absurd dan entah datang dari mana asalnya. 

Meskipun banyak diremehkan, Elon Musk berhasil membuktikan bahwa impiannya bukanlah omong-kosong. Berawal dari ide, dia mulai membaca buku luar angkasa sekaligus berdiskusi dengan konsultan luar angkasa.

Hingga akhirnya, SpaceX menjadi salah satu institusi swasta yang berhasil meluncurkan Falcon1 ke orbit bumi pada tahun 2008. Sejak saat itu, SpaceX tidak pernah jemu untuk memproduksi kendaraan ruang angkasa. 

 

1. Tesla: 1 Triliun Dolar

Pebisnis dengan kekayaan bersih sebanyak 168,5 miliar dolar ini tidak hanya kaya-raya, tetapi juga jeli dalam melihat peluang. Tahukan Anda bahwa Elon Musk ternyata bukanlah inventor maupun founder Tesla? Namun, hebatnya, acap kali nama Tesla disebut, pikiran kita akan tertuju ke Elon Musk. 

Faktanya, Elon Musk berinvestasi ke Tesla sebesar 6,5 juta dolar pada tahun 2004. Investasi ini membuat Elon Musk memiliki 80% saham dan ditunjuk sebagai CEO Tesla pada tahun 2008. Lalu, siapakan founder Tesla? 

Pada awalnya, Tesla dikembangkan oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning pada bulan Juli 2003. Kala itu, nama Tesla masih Tesla Motors. Nama Tesla sendiri diambil dari nama inventor Amerika-Serbia bernama Nikola Tesla. 

Masuknya Elon Musk dalam Tesla pun membawa angin segar bagi perusahaan ini. Sejak di bawah kendali Elon Musk, net worth Tesla tercatat menyentuh angka 497,88 miliar dolar. Sementara itu, Elon Musk memiliki 15% saham dengan nilai 63,6 miliar dolar. 

 

Kesimpulan

Elon Musk dapat mengumpulkan kekayaan mencapai 168,5 miliar dolar berkat kerja kerasanya dalam mengelola semua bisnisnya. Kekayaan ini berasal dari tujuh perusahaan, yaitu Tesla, SpaceX, Twitter, Starlink, Neuralink, The Boring Company, dan OpenAI. 

Tanpa adanya inovasi dan kerja keras, kesuksesan ini tak akan mungkin diraih. Satu hal lagi, kita juga harus mengutamakan sisi kemanusiaan saat mengembangkan teknologi. Dengan begitu, teknologi ini tidak hanya akan membawa keuntungan untuk bisnis, tetapi juga dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia. 

 

Sumber: 

  1. Scmp.com
  2. Investopedia.com
  3. Marca.com

Image by Debbie Rowe – Own work

Browse blog by tag

Back To Top