Topik pembicaraan seputar strategi SEO seperti tak ada habisnya. SEO selalu berkembang dari waktu ke waktu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi pada dunia digital, terutama internet. Walau kini ada SEM (Search Engine Marketing) yang semakin digemari dan semakin diandalkan kemampuannya untuk meraup konversi, ini bukan berarti SEO diabaikan pengaruhnya.
Pada kenyataannya, mengombinasikan strategi SEO dan SEM bisa menjadi jurus ampuh untuk bisa sukses menarik trafik ke situs Anda serta menghasilkan konversi. Dengan demikian, sebaiknya Anda tidak hanya fokus pada SEM tapi juga mulai mempelajari SEO. Lalu apa saja strategi SEO yang masih relevan hingga saat ini?
Untuk itu, mari simak 6 langkah strategi SEO yang ampuh di 2022 berikut ini, yang kami sarikan dari YouTube SEMrush. Enam hal di bawah ini disebut-sebut punya impact besar pada SEO website.
Secara harfiah low-hanging fruit adalah buah yang letaknya rendah sehingga mudah dijangkau. Tapi dalam marketing, low-hanging fruit merujuk pada aktivitas mengejar target-target yang mudah dijangkau.
Dalam SEO, low-hanging fruit adalah keyword-keyword yang ada di posisi 2 hingga 15. Bagaimana caranya menemukan low-hanging keyword? Untuk mencarinya, manfaatkan SEMrush untuk mencari konten yang ada di posisi 2 hingga 15.
Setelahnya, Anda bisa melihat daftar konten dengan keyword yang masuk kategori low-hanging fruit ini, yaitu keyword dengan tingkat kompetisi paling kecil. Selanjutnya, pelajari bagaimana cara mengoptimasi keyword-keyword pada kategori low-hanging fruit.
Peluang Klaster (Clustering opportunities) adalah keyword-keyword yang berada di posisi 51 hingga 100. Artinya, konten-konten di posisi tersebut tidak cukup tertarget untuk mendapatkan posisi 1.
Ini artinya, Anda diharapkan bisa fokus untuk membuat halaman-halaman baru (dedicated pages) yang mentarget pada keyword-keyword di posisi ini, dengan tujuan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.
Setidaknya ada beberapa cara untuk mengoptimasi arsitektur web. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:
Pastikan halaman-halaman situs Anda tidak lebih dari 3-clicks depth. Pasalnya, halaman di atas 3-clicks depth akan menurunkan crawlability dan indexability. Untuk menemukan halaman-halaman dengan kategori seperti ini, caranya:
Sekarang Anda tahu halaman-halaman apa saja yang perlu di-push arsitekturnya agar crawlability dan indeaxability meningkat.
SEMrush membuat tool ini untuk mengukur berapa banyak otoritas dan ekuitas yang dimiliki sebuah halaman. Jadi, jika sebuah halaman mengandung banyak link dari halaman lain yang punya banyak backlink, maka skor ILR (Internal Link/Rank) akan tinggi. Sebaliknya, skor ILR rendah adalah indikasi dari buruknya jangkauan internal link.
SEMrush punya tool untuk mengidentifikasi internal link yang kurang performing. Untuk mengidentifikasi halaman dengan Internal Link yang buruk, caranya adalah:
Hasil filter akan memberikan Anda daftar halaman dengan skor ILR di bawah 10, halaman-halaman ini punya cakupan ILR buruk. Skor ILR di bawah 10 artinya Anda perlu menambah lebih banyak internal link.
Keyword Cannibalization adalah ketika Anda punya dua atau lebih halaman yang menarget ke frase keyword yang sama. Kondisi ini memaksa Google untuk menentukan sendiri halaman mana yang paling baik menurut mereka. Padahal, idealnya Anda lah yang mengarahkan Google ke halaman yang kita mau.
John Mueller dari Google punya pernyataan mengenai Keyword Cannibalization ini. Menurutnya, kalau Anda punya banyak halaman dengan konten yang sama, maka halaman-halaman tersebut akan saling berkompetisi satu sama lainnya. Dan ini tidaklah bagus sehingga lebih baik Anda fokuskan keyword pada lebih sedikit konten, tapi perkuat keyword tersebut.
Untuk mencari apa situs Anda ada indikasi keyword cannibalization, gunakan SEMrush Position Tracking Tool.
Praktik paling dasar dari On page SEO adalah dengan menempatkan keyword utama di URL, title, tag H1, kalimat pertama, dan kalimat terakhir. Tapi, Anda selalu bisa mencoba menggunakan tool On page SEO checker milik SEMrush untuk membantu menganalisis bagaimana kondisi On page SEO situs. Dengan mendapatkan analisis lengkap dan mendetail, Anda bisa merumuskan strategi On Page SEO yang lebih baik dan lebih tepat sasaran.
Backlink menjadi salah satu faktor yang punya impact besar pada ranking. Backlink menjadi kriteria penilaian dari segi kualitas konten yang Anda buat. Semakin banyak backlink artinya semakin banyak yang menilai bahwa konten Anda berkualitas dan bermanfaat untuk mereka. Dan karena itulah banyak yang bersedia memberikan backlink ke konten Anda.
Untuk itu, maka penting bagi Anda untuk membandingkan situs Anda dengan situs kompetitor, untuk mencari tahu apakah ada gap backlink yang terjadi. Dan jika ada, maka Anda harus bekerja keras untuk memperkecil gap tersebut.
Gunakan tool Backlink Audit di SEMrush untuk mencari tahu adanya gap backlink. Lihat pada Authority Score dan Referring Domains selama 12 bulan terakhir. Secara ideal, grafik di dua komponen tersebut haruslah tumbuh pada laju yang tetap. Tapi jika tidak, maka ada indikasi bahwa situs Anda tidak memproduksi apapun yang layak untuk diberikan backlink atau Anda kurang promosi konten.
Penting untuk dicatat bahwa Anda haruslah mampu memperkecil gap backlink pada domain-level dan page-level.
Secara umum, untuk melakukan strategi SEO yang ampuh memang dibutuhkan kerja keras. Bahkan, sejujurnya dibutuhkan tim SEO yang khusus menangani urusan optimasi SEO ini. Tim SEO ini terdiri dari beberapa orang yang mengisi posisi-posisi tertentu untuk melakukan tugas sesuai dengan keahliannya.
Tapi, kalaupun Anda tidak punya tim SEO khusus, maka Anda selalu bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan layanan optimasi SEO bersamaan dengan layanan pengembangan website maupun websystem, seperti AsiaQuest Indonesia.
Sumber: 6-Step SEO Strategy (That Works in 2022)
Image by Freepik
Back To Top