Berkat TikTok, merancang campaign bisnis bisa semenarik ini! Mungkin, inilah ungkapan paling tepat untuk menggambarkan betapa menyenangkannya TikTok marketing. TikTok memungkinkan seseorang membuat campaign yang efektif, tanpa menggugurkan sisi kreatifnya. Namun, sebelum benar-benar bisa memanfaatkannya secara maksimal, Anda harus menguasai fitur TikTok untuk bisnis terbaik terlebih dahulu!
Memang, apa saja fitur TikTok untuk bisnis yang harus diketahui oleh seluruh TikTok marketer? Yuk, cek daftarnya berikut ini.
TikTok memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk meningkatkan engagement melalui fitur video comment.
Tiap kali Anda mem-posting video, banyak follower Anda akan meninggalkan komentar. Nah, Anda dapat meresponnya dengan video comment. Jadi, Anda tidak hanya dapat membalas komentar dengan teks, tetapi juga bisa dengan video.
Alhasil, interaksi kalian akan terus terjalin dan engagement akun akan lebih baik lagi.
Untuk Anda yang mempunyai ide-ide cemerlang, semuanya dapat terakomodasi di TikTok dengan fitur green screen. Laiknya film animasi dan fantasi Hollywood, Anda dapat menambahkan efek keren pada video biasa Anda.
Anda dapat dengan leluasa menciptakan “setting” video tanpa harus benar-benar ke tempat tersebut. Plus, Anda dapat membangun dunia fantasi tanpa harus mengeluarkan budget untuk membayar art director.
Apakah Anda sudah biasa berbelanja via Shopee Live atau Instagram Live? Yuk, cobain juga fitur TikTok Livestream. Selain untuk “lapak berdagang”, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan engagement akun dan menambah follower.
Pastikan topik yang diangkat dalam livestream menarik. Kalau tidak, Anda dapat menggaet content creator lain untuk menjadi bintang tamu pada livestream Anda. Dengan begitu, follower akan selalu engage dengan brand Anda.
Meskipun demikian, livestream ini sedikit tricky karena Anda harus benar-benar mencari ide konten yang nggak biasa.
Coba pikirkan baik-baik, apakah keuntungan yang mereka dapatkan dari melihat konten real-time daripada video pre-record? Kalau Anda dapat menjawab pertanyaan ini, niscaya agenda livestream bakal sukses besar.
Media sosial tidak lagi sebatas platform untuk membangun brand atau menjual produk. Akan tetapi, kini lebih condong pada bagaimana Anda berkolaborasi dengan orang lain.
Anda pun dapat memaksimalkan fitur “Duet” dengan merangkul content creator lain untuk mempromosikan layanan atau produk Anda. Kalau tidak, coba lihat ranking video yang tengah viral di TikTok. Anda dapat menggunakan sampel video video viral ini untuk mempromosikan brand.
Berawal dari sini, Anda dapat mencari ide campaign yang menarik. Namun, pastikan kalau video tersebut relevan dengan layanan atau produk Anda. Kalau ngasal, takutnya Anda salah membidik pasar dan hasilnya malah tidak maksimal.
Apa yang mustahil dilakukan di platform lain, semua menjadi mungkin dilakukan di TikTok. TikTok memiliki fitur yang memudahkan Anda untuk menggunakan video orang lain dengan mudah, tanpa harus pusing memikirkan soal copyright.
Fitur keren ini dinamai dengan TikTok Stitching. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengambil bagian dari video orang lain, lalu mengkombinasikannya dengan video Anda. Potongan video Anda juga dapat digunakan orang lain.
Namun, untuk bisa menggunakan video orang lain, si pemilik video harus mengaktifkan fitur Stitching terlebih dahulu. Jadi, tidak semua video di TikTok bisa Anda gunakan secara sembarangan.
Apakah Anda pernah mendengar kesuksesan idol K-pop Treasure karena konten TikTok Challenge? Berkat satu ungguhan video TikTok Challenges, lagu Darari Treasure trending di TikTok dan dikenal di seluruh dunia.
Sampai saat ini pun, lagu Darari pun massih dipakai sebagai background music di pelbagai platform, termasuk TikTok dan Instagram. Usut punya usut, TikTok Challenges Darari ini dibuat dan dipopulerkan oleh TikTokers asal Indonesia, lho.
Belajar dari sini, Anda juga bisa memanfaatkan TikTok Challenges untuk online marketing. Bagaimana caranya? Anda dapat mengikuti tren dance orang lain dengan tetap menyisipkan promosi brand Anda.
Kalau tidak, ciptakanlah TikTok Challenges Anda sendiri dengan membuat gerakan dance yang simpel, tetapi brainwashing. Jadi, tiap kali orang melihat dance atau mendengar lagu tersebut, pikiran mereka akan langsung teringat pada brand Anda.
Ini dia 6 fitur TikTok untuk bisnis yang dapat Anda coba. Anda bisa membuktikan sendiri seberapa efektif 6 fitur di atas pada kemajuan TikTok marketing Anda.
Sumber:
Photo by Hello I’m Nik on Unsplash
Back To Top