sharpnel_content
6 Fakta Google Meet yang Perlu Anda Tahu

News 16 Jul 2020


6 Fakta Google Meet yang Perlu Anda Tahu

Share

Nama Google Meet makin santer terdengar selama pelaksanaan remote working. Meskipun aplikasi video conference lain mulai berjamuran, Google Meet tetap jadi aplikasi andalan untuk online meeting dan teleconference. Hal ini dikarenakan Google Meet memang memiliki spek mumpuni yang mampu meng-cover semua kebutuhan Anda selama pandemi. Agar Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal, yuk cek 6 fakta Google Meet yang perlu Anda tahu berikut ini. 

Gratis! Bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja

Salah satu alasan kuat mengapa Google Meet disukai adalah karena layanan ini bisa diakses secara gratis! Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian aplikasi dengan fitur sekelas Google Meet. Walaupun gratis, kualitas dan fiturnya tak kalah bersaing dengan aplikasi berbayar. Anda bisa melakukan penghematan selama pandemi COVID-19 dengan memakai layanan ini. 

Oh iya, aplikasi Google Meet juga mudah untuk dioperasikan dengan sistem login yang bebas ribet. Anda tidak perlu berjibaku dengan proses login yang panjang untuk bisa segera terhubung dengan lawan bicara Anda. 

Disiapkan sebagai pengganti Google Hangouts

Apakah Anda pernah mendengar layanan Google Hangouts? Jika belum, bukan berarti Anda masuk golongan yang gaptek, kok. Pasalnya, Google Hangouts adalah salah satu produk Google yang tak begitu populer. Untuk mengganti Google Hangouts, Google pun menyiapkan Google Meet yang ditanami seperangkat fitur keren. Misi ini pun berjalan sukses! Google Meet diterima baik di pasaran dan dipakai oleh banyak orang di dunia. 

User dapat mengotak-atik tampilannya

Meskipun disebut-sebut tidak sebagus Zoom, user tetap bisa mengotak-atik tampilan Google Meet sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengubah posisi dan tata letak user selama video conference agar lebih nyaman saat berkomunikasi. Fitur layanan ini boleh saja sangat basic, tetapi Anda dapat mengambil manfaat dari kesederhanaan ini. 

Google Meet menjadi lebih user-friendly karena dapat dioperasikan dengan cara mudah tanpa ada fitur tambahan yang mengganggu. Mungkin inilah yang dimaksud dengan kekuatan di balik sebuah kesederhanaan. Usut punya usut, Google memang lebih fokus pada fungsi dibandingkan keindahan tampilannya. 

Ingin menggelar video conference dengan banyak orang? Bisa! 

Apakah Anda berencana untuk melakukan video conference dengan banyak orang? Anda dapat memanfaatkan paket berbayar Google Meet. Google Meet sendiri menawarkan tiga jenis paket yang bisa dipilih sesuai dengan berapa banyak orang yang bisa mengikuti meeting tersebut. Berikut ini detail paketnya; 

  1. G Basic Suite: mengundang 100 user dengan biaya 6 dollar AS per bulan; 
  2. G Suite Business: mengundang 150 user dengan biaya 12 dollar AS per bulan; 
  3. G Suite Enterprise: mengundang 250 user dengan biaya 25 dollar As per bulan. 

Silakan memilih jenis paket yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Khusus untuk G Suite Enterprise, Anda juga bisa melakukan perekaman video conference dan menyimpannya di Google Drive gratis!. 

Tak akan ada rapat yang terlewat, ada reminder Google Calendar!

Salah satu keuntungan memakai produk Google adalah layanan yang saling terintegrasi satu sama lain! Anda tak perlu khawatir akan melewatkan suatu meeting penting karena akan ada reminder di  Google Calendar. Nantinya, Anda cukup mengklik tautan di Google Calendar untuk join ke suatu meeting

Jauh lebih aman dari tamu yang tak diundang

Setiap orang yang akan bergabung dengan suatu video conference Google Meet harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria tersebut yaitu Anda harus memiliki akun Gmail dan login serta harus sudah di-add ke agenda meeting di Google Calendar oleh host. Jadi, Anda tidak bisa asal masuk ke dalam suatu meeting tanpa persetujuan host. Dengan demikian, video conference Google Meet jauh lebih aman dari tamu penyusup karena host dapat mengontrol jalannya meeting

Terakhir, Google Meet dapat digunakan melalui desktop dan mobile. Makanya, meski Anda sedang remote working atau sedang berada di luar, tetap bisa join ke meeting. Untuk mengetahui fiturnya secara lebih detail, aplikasi ini dapat Anda unduh di Play Store dan App Store. Jika ingin bergabung via desktop, silakan kunjungi meet.google.com!

 

Browse blog by tag

Back To Top