sharpnel_content
5 Web Development Terpopuler 2020

News 15 Des 2020


5 Web Development Terpopuler 2020

Share

Segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi akan selalu berubah dalam waktu yang cepat. Saking cepatnya, tren teknologi pun akan berubah setiap tahunnya. Mau tidak mau, programmer harus mengetahui perubahan tren ini agar dapat memenuhi ekspektasi pasar. Untuk website development sendiri, ada beberapa teknologi yang sangat populer tahun ini. Sebelum berganti tahun, mari segera cek web development terpopuler 2020 berikut ini. 

 

(1) Virtual and Augmented Reality

Adakah sebuah cara untuk mengalami sesuatu yang mustahil dilakukan di dunia nyata? Jawabannya adalah ada! Anda yang seumur-umur tidak pernah melihat salju sekalipun dapat bermain ski saat itu juga dengan adanya teknologi virtual and augmented reality (VR & AR). Kedua teknologi ini telah banyak diaplikasikan pada game canggih. 

Selain untuk hiburan, teknologi ini juga diadopsi pada laboratorium untuk membantu pasien dengan disabilitas. Pasien yang buta warna sekalipun dapat membedakan warna dengan bantuan teknologi. Lalu, bagaimana dengan implementasinya dalam dunia industri? Teknologi ini dapat membantu calon pembeli untuk “melihat” secara langsung produk atau jasa secara online

Dengan adanya pandemi, teknologi web development ini pun bisa menjadi solusi dan penjembatan antara perusahaan dan konsumen. Tak ayal, VR & AR pun menjadi web development terpopuler 2020. 

 

(2) Machine Learning dan AI 

Meskipun tidak mengerti maknanya, mungkin banyak orang yang pernah mendengar istilah machine learning dan AI di film. Tidak salah lagi, machine learning dan AI adalah tools yang paling banyak dibicarakan tahun ini. Dengan adanya pandemi, banyak sekali inovasi yang dihasilkan dari AI dan machine learning

Alasan utama perusahaan menggunakan AI adalah untuk meningkatkan kualitas pengguna. Salah satu layanan yang menggunakan AI adalah chat bot. Chat bot dapat memudahkan perusahaan untuk melayani konsumen 24 jam nonstop. Dengan begini, perusahaan dan konsumen dapat terhubung lebih baik. 

 

(3) Progressive Web Apps 

Sudah lebih dari separuh pengguna di dunia telah beralih ke perangkat mobile. Dengan kondisi seperti ini, perusahaan pun harus melakukan transisi dari web app ke mobile app. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna perangkat mobile untuk mengakses website Anda. 

Jika hal ini dilakukan, bagaimana dengan nasib pengguna desktop atau laptop? Apakah kebutuhan mereka akan ditumbalkan untuk pengguna mobile? Tentu saja Anda tidak perlu melakukannya. Solusinya adalah dengan teknologi progressive web apps.

Apakah pengertian dari progressive web apps? Progressive web apps memungkinkan tampilan website berubah secara otomatis mengikuti ukuran layar perangkat pengguna, seperti tablet dan smartphone. Sebagai contoh, foto berbentuk landscape di desktop akan berubah secara otomatis menjadi potrait di layar smartphone

Developer tidak harus mengubah tampilan web secara keseluruhan untuk menyesuaikan dengan jenis perangkat. Jadi, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk bisa mengakses website yang sesuai dengan jenis perangkatnya. 

 

(4) Voice Search Optimization

Google Assistant, Siri, dan Alexa adalah beberapa bukti nyata betapa populernya voice search optimization. Untuk web development, voice search optimization tentu saja akan membuat pengguna lebih nyaman untuk mengoperasikannya tanpa harus mengetik secara manual. 

Hal ini pun dikuatkan dengan sebuah survei yang menyebutkan bahwa lebih dari 50% pengguna internet akan menggunakan voice search optimization pada akhir 2022. Berkat teknologi ini, pengguna dan perusahaan pun akan sangat terbantu. Lebih-lebih, banyak platform IoT yang juga mengandalkan voice search optimization

 

(5) Push Notification

Untuk meningkatkan user experience (UX), perusahaan dapat mengandalkan push notification. Kini, tim marketing banyak mengandalkan push notification untuk meningkatkan engagement produk dan perusahaan mereka, lho. Selain itu, push notification juga memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dengan mudah. 

Tanpa harus memasang aplikasi sekalipun, konsumen memiliki akses pada produk Anda. Cara ini kian efektif karena dapat diaplikasikan baik di web ataupun mobile apps. Dengan demikian, target audiensi push notification pun kian luas. 

Setelah melihat lima web development terpopuler 2020, apakah perusahaan Anda siap mengadopsi salah satunya? Kalau dari segi user, web development tools manakah yang sering Anda jumpai? Percaya atau tidak, dengan adanya web development tools ini kehidupan manusia pun kian mudah dan praktis, bukan? 

Sumber: business2community.com

Browse blog by tag

Back To Top