sharpnel_content
5 Virtual Influencer di Dunia, Sudah Follow?

News 08 Feb 2022


5 Virtual Influencer di Dunia, Sudah Follow?

Share

Kini kita tidak lagi sebatas bersaing dengan sesama manusia, tetapi juga dengan virtual human, lho. Pasalnya, akhir-akhir ini muncullah virtual influencer berbasis AI. Virtual influencer ini memiliki peran dan tampilan yang hampir sama dengan manusia sungguhan. Laiknya influencer pada umumnya, virtual influencer melakukan endorse dari brand kenamaan, syuting MV, sampai menjadi bintang iklan. 

Siapa sajakah mereka? 

 

1. Rozy: Virtual Influencer Tajir Melintir dari Korea Selatan  

Dikukuhkan sebagai virtual influencer pertama di Korea, Rozy adalah virtual human yang dikembangkan oleh Sidus Studio X. Rozy sanggup meraup popularitas hingga ditunjuk untuk meng-endorse sekitar 100 brand! 

Total pemasukkan Rozy sepanjang tahun 2021 diperkirakan sebesar Rp12 miliar atau lebih, lho! Nominal fantastis ini disebut-sebut mengalahkan nilai kontrak beberapa idol dan artis Korea kelas menengah. 

Apa saja pekerjaan yang diampu Rozy? Ia tidak hanya menjadi selebgram, tetapi juga bintang iklan untuk top brand. Inilah salah satu iklan Rozy bersama ShinhanLife Insurance. 

Ke depannya, Rozy tidak hanya akan sebatas virtual influencer saja. Namun, ia juga akan tampil di K-Drama, film, ataupun acara TV lainnya. Wah, kalau ada virtual influencer se-advance ini, nasib idol dan artis Korea bakal terancam tidak, ya? 

 

2. Thalasya Pov: Penyanyi AI Pertama di Indonesia 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Thalasya Pov (@thalasya_)

Nah, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan virtual influencer asal Indonesia yaitu Thalasya Pov. Bersama dengan Yuki Kato, Thalasya membintangi iklan brand cokelat, lho. Thalasya sempat viral karena visualnya yang menyerupai barbie. Kita pun dibuat penasaran tentang jati diri Thalasya. 

Selain endorse dan bintang iklan, Thalasya juga dapat menyanyi dan merilis music video (MV) di YouTube. Usut punya usut, Thalasya ternyata penyanyi AI pertama di Indonesia. Jika penasaran, Anda dapat menonton lagu “Be Happy” di bawah ini. 

 

3. Lil Miquela: Gadis 19 Tahun yang Super Stylish  

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Miquela (@lilmiquela)


Dibandingkan kedua virtual influencer di atas, Lil Miquela memiliki penampilan yang cukup unik.  Usut punya usut, Miquela berkonsep fashion influencer sehingga selalu tampil stylish. Berkat self-branding yang kuat, cewek berusia 19 tahun asal Los Angeles ini dipercaya untuk meng-endorse top tier fashion brand

Apakah Anda dapat menebak apa saja brand yang sudah bekerja sama dengannya? Top fashion brand ini meliputi, Givenchy, Prada, Chanel, Burberry, dan lainnya. Virtual influencer ini pun juga melebarkan sayapnya ke bidang lain. Ia juga menjadi bintang iklan dan menghiasi cover majalah serta merilis MV dan cover lagu. 

Fakta menarik, suara Miquela sangatlah merdu seperti manusia dan tidak terkesan kaku laiknya robot. 

 

4. Zinn: Visual Tampan Laiknya Idol Jepang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zinn (@plusticboy)

Jepang turut meramaikan jagat human virtual dengan menghadirkan Zinn. Zinn dikembangkan oleh AWW Inc sebagai model virtual dengan visual seganteng idol Jepang. Ia memiliki karakter misterius dan cool dengan make-up bold

Kita pun akan kesulitan untuk mencari perbedaan antara wajah Zinn dan cowok Jepang sungguhan. Saking realistisnya, pori-pori kulitnya pun terlihat. Anda pasti akan dibuat jatuh hati dengannya.

Walaupun sudah naksir berat, Anda harus siap patah hati karena Zinn sudah memiliki kekasih virtual human bernama Ria.  AWW Inc pun juga menciptakan Imma yang merupakan kakak perempuan Zinn. Kendatipun virtual human, kehidupan mereka sama persis dengan manusia sungguhan bukan? 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zinn (@plusticboy)

Lalu, bagaimana dengan perjalanan kariernya? Wajah ganteng Zinn sudah menghiasi majalah dan website brand lokal dan mancanegara. Dengan tampilan yang menjual, siapa yang bisa menolak pesona Zinn?

 

5. AI Ailynn: Dipersiapkan untuk Dunia Metaverse

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AI (愛) (@ai_ailynn)

Akhirnya, SIA Bangkok mengeluarkan virtual influencer pertamanya bernama AI Ailynn pada 21 September 2021 silam. Virtual influencer ini sepertinya dipersiapkan sebagai idola baru dalam dunia metaverse yang tengah hype baru-baru ini. 

Seperti apakah ciri khas AI Ailynn? Ia didesain sebagai simbol perempuan modern yang cerdas dan pemberani. Dengan usia yang masih 21 tahun, ia pun dilirik banyak brand fashion untuk meng-endorse produk mereka. Walau masih berusia belia karena dirilis beberapa bulan lalu, ia sudah mengantongi hingga 13,3 ribu pengikut. 

Nah, ini dia 5 virtual influencer di dunia yang bisa Anda ikuti. Kenapa banyak brand yang memilih mereka untuk beriklan? Pasalnya, virtual influencer terbebas dari skandal yang bisa merusak nama brand, tidak akan menua, dan sangat fleksibel. 

Ia dapat mengikuti semua keinginan brand tanpa ada konsekuensi yang harus ditanggung. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa mereka? 

 

Sumber: 

  1. Virtualhumans.org
  2. Techno.okezone.com
  3. Koreaboo.com

Technology photo created by freepik – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top