sharpnel_content
5 Tips Membangun Perusahaan Rintisan dari Drama Start-Up

News 24 Nov 2020


5 Tips Membangun Perusahaan Rintisan dari Drama Start-Up

Share

Mulai dari aktivis Iman Usman, artis Maudy Ayunda sampai emak-emak muda, makin banyak saja kalangan yang menaruh ketertarikan pada drama Korea Start-Up. Drama Korea yang tayang di Netflix ini memang menjanjikan kisah cinta segitiga yang menggugah, sampai-sampai membuat kubu penggemar terpecah-belah. Namun, drama ini sangat menarik untuk ditonton tidak semata-mata karena urusan cinta saja, lho. 

Alasan kuat mengapa penggemar sulit berpaling dari drama ini adalah karena mereka begitu hanyut dalam perjuangan Seo Dal Mi (Bae Suzy) untuk membangun startup. Tidak hanya terhibur, Anda dapat belajar tips membangun perusahaan rintisan dari drama Start-Up ini. Setidaknya, ada 5 pelajaran bisnis dari drakor Start-Up yang bisa kita pelajari. 

Apa saja tips membangun perusahaan rintisan dari drama  Start-Up ini? Ini dia penjelasannya.  

 

1. Tidak Muluk-muluk, Ide Bisnis Bisa Berasal dari Hal Sederhana 


Ide bisnis adalah sebuah pondasi utama dalam membangun perusahaan startup. Dari ide bisnis ini pula kita akan mengetahui bagaimana bisnis akan dibangun ke depannya. Sayangnya, masih banyak para pebisnis muda yang terlalu fokus pada hal-hal besar sampai melupakan hal detail, kecil, dan sederhana yang ada di sekelilingnya. 

Sesungguhnya, ide bisnis bisa berasal dari mana saja, kok. Semua ini kembali lagi dari tujuan Anda dari membangun bisnis itu sendiri. Apakah Anda akan membangun bisnis untuk membantu orang lain? Atau Anda ingin membangun sebuah teknologi yang digunakan banyak orang hingga meraup cuan? 

Kalau tidak, Anda juga bisa menciptakan sebuah alat yang dapat membantu orang yang kita kasihi. Seo Dal Mi pun mendapatkan ide untuk mengembangkan NoonGil untuk membantu para tunanetra. Tujuan seperti inilah yang menjadi salah satu kekuatan untuk mengembangkan startup. Apapun tujuannya, Anda harus memiliki pondasi yang kuat saat memulai startup.

 

2. Kuliah Bukanlah Satu-satunya Jalan Meraih Sukses dalam Startup! 

“Do you really think we should let a high school graduate be our CEO?”

Saat dipilih menjadi CEO Samsan Tech, ada beberapa orang yang meragukan kemampuan Seo Dal Mi. Usut punya usut, Seo Dal Mi hanyalah lulusan SMA sehingga kemampuannya sangat diragukan. Namun, dari drama ini pula kita belajar bahwa pendidikan bukanlah satu-satunya cara untuk menilai seseorang. 

Meskipun lulusan SMA, Seo Dal Mi adalah sosok pekerja kerja, tahan banting, dan memiliki pengalaman kerja paruh waktu di berbagai bidang. Dia pun memiliki mimpi besar menjadi pengusaha sukses laiknya Steve Jobs. Dengan bermodal pengalaman kerja dan kemauan yang kuat, Seo Dal Mi pun berhasil memimpin Samsan Tech sampai memenangkan Demo Day di SandBox Hackathon. 

Plot twist, Seo Dal Mi ternyata drop out dari universitas prestisius karena masalah biaya, lho. Dari sini kita belajar untuk tidak men-judge orang dari luarnya saja. Don’t judge a book by it’s cover, ya. Siapa tahu orang yang Anda remehkan saat ini akan menjadi orang sukses dan besar pada masa mendatang.

 

3. Selain Perkara Teknis, Pahami Juga Bagaimana Roda Bisnis Berputar


Nam Do San (Nam Joo Hyuk) cs dan Seo Dal Mi yang masih amatir urusan bisnis sangat rentan dimanipulasi dan dimanfaatkan orang lain. Anda pun pasti dibuat gemas bagaimana Do San hampir saja “dijarah” oleh programmer lain yang berpura-pura menjadi investor, bukan? Dengan pengetahuan tentang bisnis yang minim dan terlalu lugu, dia dan teman-temannya hampir membocorkan algoritma AI perusahannya kepada pihak lain secara GRA-TIS! 

Lalu, apa yang bisa kita petik dari kondisi ini? 

Sebelum membangun startup, Anda harus mempelajari bagaimana suatu bisnis bekerja. Tidak hanya dari segi teknis, Anda juga harus memperkaya diri dengan pengetahuan lain yang berkaitan dengan networking

Pelajari istilah-istilah penting dan teknologi agar tidak menjadi korban penipuan. Anda tentu tidak ingin bernasib sama dengan Samsan Tech yang diakuisisi Alex, lalu tim dibubarkan sesudahnya, bukan? 

 

4. Ingin Sukses Membangun Startup? Terima Kritik dengan Pikiran Terbuka

 

“Harusnya kau tak berbisnis jika omongan begitu melukaimu”_Han Ji Pyeong, 2020

Tidak peduli seberapa pedas dan kejamnya kritikan Pak Han (Kim Seon Ho), Samsan Tech tidak akan bisa di posisi sekarang tanpa bantuannya, lho. Pak Han adalah salah satu karakter yang paling mudah disalahpahami dalam drama ini. 

Meskipun terkesan dingin dan cuek, Pak Han memiliki banyak pengalaman dalam bisnis, realistis, dan cerdas. Tiap kritikan yang keluar dari mulutnya pun sebenarnya memiliki tujuan yang baik, tergantung dari bagaimana orang lain menanggapinya. 

Saat menerima kritik dari orang lain, manusia akan memiliki dua jenis respon. Pertama, Anda akan merasa marah dan direndahkan karena orang lain telah melukai harga diri Anda. Kedua, Anda mencoba memahami kritikan tersebut dan intropeksi diri.

Jika ingin berhasil membangun startup, Anda harus memiliki mentalitas kuat dan siap menerima kritikan. Jangan sampai rasa insecure dan harga diri tinggi membuat Anda sulit untuk berkembang. 

Inilah yang dilakukan oleh Seo Dal Mi. Sebagai CEO Samsan Tech, Dal Mi sering kali mendapatkan kritikan tajam dari Pak Han. Alih-alih marah, Da Mi menanggapinya secara positif dan berusaha memperbaiki dirinya. Positive thinking adalah salah kunci untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis. 

 

5. Ambil Langkah Nyata dengan Join Kompetisi Startup 


Semua persiapan yang telah dilakukan akan berakhir sia-sia jika Anda tidak mengambil langkah nyata. Setelah mengisi penuh amunisi, Anda harus mencoba bergabung pada kompetisi startup. Jika drama ini memiliki kompetisi SandBox Hackathon, Indonesia memiliki HighPitch, kompetisi startup yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan ALTIRA dan UGM IdeaLab. 

Dengan mengikuti kompetisi startup, Anda akan masuk ke dalam lingkungan yang sangat kompetitif sehingga dapat berkembang dengan cepat. Anda dapat mencari networking sampai bertemu calon investor. Jika Anda berhasil memenangkan kompetisi, Anda akan mendapatkan suntikan dana sehingga dapat mengembangkan perusahaan startup

Dengan jalan cerita yang sangat relevan dengan era digital, Start-Up berhasil menarik perhatian penikmat drama di dunia. Pasalnya, Anda dapat banyak belajar tentang seluk-beluk startup dan teknologi transformasi digital dari sini. Kisah cinta segitiganya pun bikin penasaran. Jadi, Anda tim Nam Do San atau Han Ji Pyeong, nih? 

 

 

Photo by Netflix.com

Browse blog by tag

Back To Top