sharpnel_content
5 Rekomendasi Digital Marketing Tools

News 22 Jul 2021


5 Rekomendasi Digital Marketing Tools

Share

Seorang copywriter harus melewati beberapa tahap perencanaan untuk menghasilkan satu baris copywriting yang bagus dan efektif. Tidak sebatas copywriter saja, hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin mempromosikan produk atau jasa secara optimal. Untuk bisa mencapai tujuan promosi, Anda dapat memanfaatkan 5 rekomendasi digital marketing tools dari kami berikut ini. Gunakanlah marketing tools ini untuk menyusun marketing plan bisnis Anda. 

Apa sajakah rekomendasi digital marketing tools 2021 yang efektif untuk menyusun marketing plan? Yuk, baca penjelasannya sampai baris terakhir. 

 

(1) Ubersuggest: Cara Tergampang untuk Mengecek Keyword Populer

Salah satu tools rekomendasi untuk mengecek keyword dalam hitungan detik adalah Ubersuggest. Tools ini biasa digunakan untuk mencari keyword populer. Apabila Anda berencana untuk membuat content plan, Ubersuggest bisa mempermudah pekerjaan Anda. 

Menariknya Ubersuggest tersedia dalam versi chrome extension yang dapat diunduh secara gratis. Dengan memasang extension di chrome, Anda dapat mengetahui informasi volume pencarian bulanan, data kompetisi, dan cost per click (CPC) dari keyword yang Anda cari di Google secara otomatis. 

Dibanding dengan tools SEO lainnya, Ubersuggest tentu lebih praktis digunakan dan sanggup memangkas waktu penyusunan content plan. Selain content plan, Ubersuggest juga dapat digunakan untuk mencari ide konten website, blog, media sosial, hingga YouTube.

Ubersuggest extension di Chrome

 

(2) Semrush: Cara Mengecek Website Kompetitor

Anda dapat mengecek performa website sendiri dan kompetitor menggunakan Semrush, platform yang sudah digunakan lebih dari 7 juta marketer di seluruh dunia. Nantinya data dari Semrush dapat Anda gunakan untuk pelbagai kebutuhan, seperti SEO, konten, media sosial, marketing plan, dan lainnya. 

Dengan melakukan research melalui Semrush, Anda dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan website. Setelah mengetahuinya, Anda pun dapat menyusun rencana untuk mengatasi kekurangan tersebut sekaligus mengadopsi fitur terbaik dari website kompetitor. 

Alih-alih intuisi, ada baiknya Anda berpedoman pada data Semrush yang lebih tepercaya dan sesuai dengan kondisi website yang sesungguhnya. 

Website Semrush

 

(3) Ahrefs: Meningkatkan Peringkat di Google Search

Siapa yang tidak ingin artikel websitenya bercokol di peringkat atas pencarian Google? Jika Anda memiliki impian ini, tidak ada ruginya untuk menggunakan Ahrefs. Sedikit berbeda dengan SEO checker lainnya, salah satu fitur utama Ahrefs adalah untuk mengecek performa backlink

Performa backlink ini dapat Anda gunakan untuk mencari tahu artikel apa saja yang populer. Data ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan volume keyword populer di website Anda. Pasalnya, backlink atau inbound link ini sangat mempengaruhi peringkat artikel yang sudah kita post di website. 

Selain untuk kepentingan inbound link, Anda juga dapat memanfaatkan Ahrefs untuk memantau performa website kompetitor, keyword, melihat peringkat website, dan lainnya. 

Website Ahrefs 

 

(4) Trello: Mengelola Promotion Plan dengan Mudah dan Praktis!

Digital marketing tools 2021 yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Trello. Kendatipun tidak terlalu vital, aplikasi Trello dapat membantu Anda dalam mengorganisasi promotion plan. Trello akan membantu Anda untuk mengelola, menelusuri, dan membagikan promotion plan dengan sesama anggota tim. Jadi, semua anggota dapat mengawasi jalannya promosi. Anda dan tim dapat mengecek apakah terdapat fase promosi yang terlewat. 

Cara kerja Trello cukup sederhana. Setelah mendaftar, Anda dapat membuat board sesuai dengan kebutuhan. Pada board ini, Anda dapat membuat card beserta list pekerjaan secara mendetail. Sebagai contoh, Anda dapat membuat tiga card, yaitu to do list, on progress, dan done

Pada tiap-tiap card ini, Anda dapat menambahkan detail task. Mulai dari to do list, Anda dapat memindahkan card ini sesuai dengan status pengerjaannya. Nah, dengan adanya Trello, tidak ada proses promosi yang terlewat! 

Website Trello

 

(5) Canva: Aplikasi Desain Gratis 

Setelah semua proses perencanaan selesai dilakukan, Anda bisa melanjutkan ke tahap desain. Kini Anda tidak perlu memiliki skill desain yang mumpuni untuk membuat media promosi. Anda dapat menggunakan aplikasi Canva. 

Canva adalah aplikasi desain yang menjadi langganan para content creator di Indonesia. Aplikasi ini banyak digunakan karena beberapa alasan, seperti dapat diunduh secara gratis, pilihan template yang melimpah, dan mudah untuk digunakan. 

Download Canva di Play Store

Downlad Canva di App Store

Khusus untuk Anda yang sama sekali tidak mengetahui tentang desain dapat menggunakan template gratis yang sudah disediakan di Canva. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat postingan media sosial, kartu nama, logo bisnis, presentasi, dan lainnya. Silakan gunakan aplikasi Canva untuk mengembangkan ide-ide Anda. 

Kini Anda sudah mengetahui apa saja digital marketing tools yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Marketing tools memang banyak jumlahnya, tetapi pastikan Anda memilih tools yang benar-benar bermanfaat dan cocok dengan bisnis Anda, ya. 

 

Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top