sharpnel_content
5 Rahasia Memenangkan Transformasi Digital di Indonesia

News 03 Des 2020


5 Rahasia Memenangkan Transformasi Digital di Indonesia

Share

Tidak bisa dimungkiri, Indonesia yang digadang-gadang memiliki bonus demografi hingga tahun 2030 kelak adalah pasar empuk untuk membangun bisnis. Dengan jumlah penduduk produktif yang tinggi, tingkat konsumsi masyarakat dijamin tinggi pula. Karena alasan inilah banyak perusahaan yang mulai mencari cara memenangkan hati konsumen di Indonesia. Salah satu cara yang mereka tempuh adalah pengadopsian transformasi digital. 

Mengapa transformasi digital di Indonesia itu penting? Saat setiap sendi kehidupan menjadi serba digital, mau tak mau perusahaan harus mengikuti perubahan zaman.  Transformasi digital pun dipercaya dapat membuat suatu bisnis menjadi lebih produktif dan efisien. Selain itu, transformasi digital juga dapat meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Oleh sebab itu, transformasi digital adalah harga mati untuk memikat hati calon konsumen di Indonesia. 

Lantas, apa saja rahasia memenangkan transformasi digital di Indonesia? Mengutip dari Cekindo.com, berikut ini ulasan rahasia memenangkan transformasi digital di Indonesia. 

 

1. Memahami Status Transformasi Digital di Indonesia

Setiap negara memiliki infrastruktur digital yang berbeda-beda. Jika Amerika, Jepang, Singapura dan Swiss sudah masuk ke level advanced, Indonesia masih berada di level intermediate dalam pengadopsian teknologi digital. Inilah yang mesti dipelajari baik-baik oleh setiap pelaku bisnis sehingga dapat memiliki strategi ataupun teknologi digital yang tepat sasaran. 

Sampai saat ini, Indonesia memang baru berada di tahap preliminary stage. Maka dari itu, tidak ada kata terlambat untuk memulai transformasi digital di Indonesia. Transformasi digital ini tentu saja menjanjikan mengingat masyarakat Indonesia masuk dalam salah satu pengguna aktif gawai di dunia. 

 

2. Memahami Bentuk Dukungan Pemerintah

Saat membangun bisnis di Indonesia, kita tidak bisa melupakan campur tangan pemerintah di dalamnya. Pemerintah memegang peranan krusial dalam kesuksesan suatu bisnis, lho. Anda pun dituntut untuk lebih peka dan mempelajari setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. 

Untungnya, pemerintah Indonesia memang sangat fokus pada digitalisasi. Hal ini diikuti dengan pembangunan infrastruktur digital di seluruh Indonesia. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan kebijakan bisnis perusahaan sesuai dengan kebijakan pemerintah. 

 

3. Selalu Update Perkembangan Transformasi Digital

Kunci sukses menjadi seorang pebisnis adalah mampu melihat peluang lebih cepat dari pebisnis yang lain. Kendatipun masih awam soal transformasi digital, Anda bisa mencari tahu berbagai prediksi yang dikeluarkan badan riset. 

Hasil riset ini tentu saja tidak bisa kita serap mentah-mentah. Anda harus melakukan kroscek dan seleksi informasi mana yang dapat digunakan sebagai acuan untuk berbisnis. Salah satu prediksi transformasi digital yang sempat santer terdengar yaitu pemilihan teknologi AI sebagai teknologi andalan di Indonesia. 

 

4. Ingin Memenangkan Pasar? Pakailah Strategi yang Tepat! 

Transformasi digital memang diyakini sebagai salah satu kunci memenangkan pasar di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua strategi pengadopsian transformasi digital cocok dengan kondisi Indonesia, lho. Jadi, Anda jangan heran jika dua perusahaan yang memakai strategi yang sama, tetapi memiliki hasil yang berbeda. 

Ada beberapa strategi transformasi digital yang perlu untuk diketahui, yaitu desain yang customer experience-friendly, penggunaan big data, keamanan siber, dan strategi online-offline yang terintegrasi satu sama lain. Sebagai gambaran, Anda dapat belajar dari perusahaan Google dan Starbucks yang berhasil mengimplementasikan strategi ini. 

 

5. Paling Penting, Tidak Pernah Berhenti Berinovasi

Suatu perusahaan besar dapat memasuki kunci kehancuran karena gagal berinovasi. Oleh sebab itu, inovasi adalah harga mati untuk tetap bisa bertahan dalam persaingan. Dengan adanya inovasi, bisnis Anda dapat mengikuti kondisi pasar atau bahkan memprediksinya. Inovasi ini harus diaplikasikan pada produk dan layanan perusahaan. 

Dengan memperhatikan lima poin di atas, bisnis Anda akan satu langkah lebih dekat pada kemenangan transformasi digital di Indonesia. Sampai saat ini, masih banyak sektor bisnis yang dapat dibidik. Oleh karena itu, Anda masih memiliki kesempatan yang sangat besar untuk membangun bisnis di Indonesia. 

 

Sumber: cekindo.com

Background photo created by photoroyalty – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top