sharpnel_content
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

News 23 Okt 2020


5 Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Share

Ini dia 5 kampus dengan jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Tak kalah dengan kampus luar negeri, kelima kampus ini mencetak talenta muda yang menempati berbagai posisi strategis di perusahaan dan pemerintahan dengan karier yang cemerlang. 

Oleh karena itu, untuk Anda tengah mencari kampus dengan jurusan Teknik Informatika, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan lima kampus pilihan dari kami! Kelima jurusan ini sudah menyabet akreditasi Unggul dan A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), lho! 

Apakah kampus incaran Anda masuk ke dalam daftar ini? Yuk cek!

5. Universitas Hasanuddin (Akreditasi A)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Universitas Hasanuddin (@hasanuddin_univ) on

Jika Anda mencari jurusan TI terbaik di luar Pulau Jawa, kita tentu tidak boleh melewatkan Universitas Hasanuddin di Makassar! Pada tahun 2019 silam, TI Unhas menjadi prodi dengan tingkat persaingan tertinggi kedua di Indonesia, lho. 

Artinya, jurusan TI ini banyak diincar oleh pelajar. Apakah Anda siap bersaing untuk memperebutkan kursi di jurusan TI Unhas? Kampus ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin belajar TI tanpa harus terbang jauh ke pulau Jawa. 

 

4. Universitas Negeri Yogyakarta (Akreditasi A)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by UNY Yogyakarta (@unyofficial) on


Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menjadi tenaga pendidik TIK. Hal ini sesuai dengan misi dari pendirian jurusan ini yaitu mencetak tenaga pendidik TIK yang dapat mengisi posisi di berbagai instansi. Dengan adanya pendidik TIK, Indonesia bisa mencetak lebih banyak talenta yang menguasai teknologi informatika sejak dini. 

Selain tenaga pendidik, lulusan TI UNY juga bisa berkarier sebagai kepala lab komputer, dosen di perguruan tinggi ataupun politeknik sampai enteureneurship! Dengan mengambil Pendidikan Teknik Informatika, Anda akan memiliki banyak opsi pekerjaan yang bisa dipilih dibandingkan jurusan yang bukan keguruan. Jika tidak ingin menjadi pendidik sekalipun, Anda bisa berkarier sebagai desainer visual, programmer, analis sistem hingga administrator jaringan! 

 

3. Universitas Padjadjaran (Akreditasi A)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Unpad – Univ. Padjadjaran (@universitaspadjadjaran) on


Jika Anda bermimpi untuk kuliah di jurusan Teknik Informatika Universitas Padjajaran, pastikan mendaftar dalam kondisi prima. Pasalnya, jurusan ini menjadi jurusan yang paling diminati di Unpad dengan tingkat keketatan 3,61% pada SBMPTN 2019 silam. Detailnya, ada 1,328 orang yang mendaftar di jurusan ini. Apakah Anda bisa menebak berapa banyak orang yang akan diambil? Siapa sangka, kuota TI Unpad hanya 41 orang mahasiswa saja.

Sebagai salah satu jurusan favorit di Unpad, jurusan TI dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan pun mencetak mahasiswa dengan kualitas unggul. Terbaru, mahasiswa TI Unpad berhasil meraih juara II dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2020.

Marcell Antonius Dermawan berhasil memenangkan kompetisi pada perencanaan bisnis dengan aspek SDGs dengan menciptakan aplikasi digital untuk pendistribusian kain tenun di Sumba. Nah, apakah Anda juga ingin seperti Marcell? Silakan untuk memulainya dengan belajar teknik informatika di Unpad! 

 

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Akreditasi A)  

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ITS Surabaya (@its_campus) on

Jika Bandung punya ITB, Surabaya memiliki kampus dengan jurusan TI terbaik yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Menurut data BAN-PT, ITS memiliki akreditasi A. Selain itu, ITS juga menempati ranking keempat setelah ITB dalam University Ranking (UniRank) 2020, lho. So, bisa kuliah di kampus ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri. 

Terlebih lagi, jika Anda dapat kuliah di jurusan TI. Mengapa kuliah di jurusan TI ITS begitu spesial? Pasalnya, Teknik Informatika menjadi jurusan paling diminati di ITS, lho! Dengan demikian, jurusan ini memiliki persaingan yang sangat ketat dengan kuota sebanyak 90 orang saja. 

Dengan persaingan seketat ini, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa diterima di TI ITS. Salah satu alumni TI ITS dengan karier cemerlang adalah R. Aditya Brahmana yang bekerja sebagai Operation & Marketing Manager Go-Jek dan sempat menjadi juara 1 Mawapres 2015. 

 

1. Institut Teknologi Bandung (Akreditasi Unggul) 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Institut Teknologi Bandung (@itb1920) on

Siapa yang tidak ingin masuk ke kampus dengan tingkat persaingan tinggi dan prestigious sekelas Institut Teknologi Bandung (ITB)? Jadi, tidak heran mengapa ITB menjadi salah satu kampus dengan jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia, ya. Teknik Informatika ITB menjadi jurusan TI pertama yang meraih akreditasi Unggul, lho. 

Sedikit cerita, BAN-PT tidak akan lagi menggunakan akreditasi A, B, dan C. Namun, mereka akan menggantinya dengan akreditasi Unggul, Sangat Baik, Baik, dan Tidak Terakreditasi sesuai dengan regulasi terbaru yaitu Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0. 

Sebagai jurusan dengan akreditasi Unggul, Teknik Informatika ITB memiliki portofolio yang menjanjikan. Teknik Informatika ITB telah mencetak alumni dengan prestasi segudang. Sebut saja Achmad Zaky yang merupakan founder dan mantan CEO Bukalapak. Selidik punya selidik, dia merupakan lulusan Teknik Informatika ITB 2004, lho. 

Selain itu, lulusan ITB juga lebih diincar perusahaan Unicorn, lho. Menurut data Tim Riset CNBC Indonesia tahun 2019, ITB menjadi kampus kedua yang lulusannya diincar perusahaan startup unicorn. Dengan demikian, Anda yang kuliah di ITB memiliki peluang karier yang lebih baik dan menjanjikan. 

Nah, ini dia 5 kampus dengan jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia! Anda yang ingin meniti karier dalam bidang IT, silakan memulainya dengan kuliah di salah satu kampus terbaik di negeri ini! 

 

Sumber: 

  1. Unpad.ac.id
  2. Informatika.unpad.ac.id
  3. Uny.ac.id
  4. Makassar.tribunnews.com

Photo by Hack Capital on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top