sharpnel_content
5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Terbaik di Dunia!

News 30 Okt 2020


5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Terbaik di Dunia!

Share

Tidak hanya di Indonesia saja, kebutuhan tenaga IT di dunia pun tinggi. Maka dari itu, tak peduli di mana pun Anda berkarier, lulusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi pasti akan sangat dibutuhkan. Namun, jika Anda ingin berkarier di perusahaan besar dengan gaji melimpah, tidak ada salahnya untuk kuliah di kampus prestigious dunia. Anda dapat mencari beasiswa di 5 kampus dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik di dunia ini! 

Kelima kampus ini kami pilih dengan berpedoman pada QS World University Rankings by Subject 2021: Computer Science & Information System. Penyusunan ranking ini memiliki enam kriteria yang mesti dipenuhi. Keenam kriteria ini, yaitu reputasi akademik, reputasi pegawai, mahasiswa fakultas, fakultas internasional, mahasiswa internasional, dan kutipan per fakultas. 

Nah, setelah semua kriteria ini dihitung skornya, terciptalah daftar kampus dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik di dunia. Ini dia daftar kampusnya! 

 

5. Tsinghua University/ Tiongkok (Ranking 15)

Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang cepat sampai hampir menyusul Amerika dan Jepang, Tiongkok menawarkan universitas berkualitas. Anda dapat belajar Ilmu Komputer dan Sistem Informasi di Tsinghua University. 

Universitas ini menempati ranking 15 secara global dengan skor total mencapai 89,2, lho. Menariknya, skor tertinggi dari kampus ini adalah 98,6 untuk kategori reputasi pegawai. Dengan demikian, mahasiswa yang kuliah di sini dipastikan akan mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Selain itu, kampus ini juga memiliki 5,420 mahasiswa internasional. Apakah Anda ingin menjadi bagian dari mereka? 

Cek skor Tsinghua University

 

4. National University of Singapore/ Singapura (Ranking 11) 

National University of Singapore berhasil meraih ranking 11 atau setingkat lebih baik dari ranking tahun 2020. Universitas ini pun menjadi kampus dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik di Asia dan Asia Tenggara. Khusus untuk pelajar Indonesia yang tidak ingin kuliah terlalu jauh, kampus ini pun bisa dijadikan pilihan. 

Untuk skor totalnya, kampus ini berhasil mengumpulkan poin sebesar 91,5. Poin tertinggi diraih pada kategori fakultas internasional dengan poin 100. Dengan belajar di sini, Anda dapat melakukan penelitian dengan perspektif Asia. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan sebuah teknologi yang cocok digunakan di negara-negara Asia. 

Cek skor National University of Singapore

 

3. ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology/ Swiss (Ranking 6) 

Tak banyak yang menyangka bahwa salah satu universitas dari Swiss ini masuk dalam jajaran 10 besar QS World University Ranking 2021. ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology menempati ranking keenam di antara universitas terbaik di Inggris dan Amerika. Dengan skor total 95, universitas ini mengungguli University of Cambridge yang berada di posisi ketujuh. 

Jika Anda melihat skor tiap kategori, universitas ini unggul pada kategori fakultas internasional dengan poin sempurna, lho! Selain itu, kampus ini juga punya sisi menarik yang pasti akan membuat Anda ingin kuliah di sini. Kampus ini memiliki bangunan megah laiknya olosseum dan menggunakan bahasa Jerman untuk perkuliahan S1. Sementara itu, kuliah S2 dan S3 akan menggunakan bahasa Inggris!

Cek skor ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology

 

2. University of Oxford/ Inggris Raya (Ranking 5) 

Jika kurang tertarik untuk kuliah di Amerika Serikat, Anda dapat mengubah haluan ke universitas terbaik di Inggris yaitu University of Oxford. Meskipun berbeda departemen, Stephen Hawking dulunya juga lulusan universitas ini, lho. Oleh karena itu, kualitas kampus ini sudah pasti no kaleng-kaleng

Pada QS World University Ranking 2021, University of Oxford menempati posisi kelima dengan skor total 96,7 dengan nilai terendah 81,3 untuk kutipan per fakultas. Menarik dicatat, jurusan Ilmu Komputer di kampus sini memiliki kuota yang sedikit sehingga persaingannya sangat ketat! Jika diterima, nantinya Anda akan tergabung dalam networking 250 ribu lulusan University of Oxford! 

Cek skor University of Oxford

 

1. Massachusetts Institute of Technology/ Amerika Serikat (Ranking 1)

Jika masa depan karier menjadi pertimbangan utama Anda dalam memilih kampus, pilihlah Massachusetts of Technology. Pasalnya, jebolan kampus ini sudah terbukti berkualitas dan sukses membangun bisnis. Dikutip dari The Guardian, lulusan MIT telah memberi peluang kerja untuk 3 juta orang dan membangun 25 ribuan perusahaan, lho! 

Selain itu, kampus ini memiliki ranking QS World University yang sangat memuaskan. Kampus ini mendapatkan skor total 100 dari 100. Sementara itu, skor terendah sebesar 91,9 untuk kriteria mahasiswa internasional. Nah, apakah ingin membantu skor kampus ini naik pada tahun mendatang? Anda dapat mendaftar kampus ini dan menjadi mahasiswa internasional, deh! 

Cek skor Massachusetts Institute of Technology

 

Fakta menarik, banyak kampus di Amerika Serikat yang masuk dalam 10 besar. Oleh karena itu, kami sengaja memilih kampus dari berbagai benua agar pilihannya lebih variatif. Dengan demikian, Anda dapat memilih kampus di berbagai negara yang sesuai dengan impian. 

Kesimpulannya, Anda akan lebih mudah membangun karier jika lulus dari kampus terkenal ini. Anda pun memiliki kebebasan untuk berkarier di negara mana pun karena sudah memiliki skill berstandar internasional. Bonusnya, Anda pun dapat kuliah, mengasah skill, sembari jalan-jalan di negara tujuan! 

 

Sumber: Topuniversities.com

Business photo created by pressfoto – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top