sharpnel_content
5 Ide Bisnis Online 2022 Menjanjikan Bermodal Kecil

News 26 Apr 2022


5 Ide Bisnis Online 2022 Menjanjikan Bermodal Kecil

Share

Banyak orang yang menggagalkan rencana bisnisnya karena keterbatasan modal. Namun, faktanya Anda tidak perlu memiliki modal besar untuk memulai bisnis. Cobalah 5 ide bisnis online 2022 menjanjikan ini tanpa harus mengkhawatirkan dari mana asal modalnya.  

 

(1) Online Thrift Shop

Pandemi membuat banyak orang kembali merefleksi hubungannya dengan alam melalui berbagai cara. Salah satu cara yang ditempuh yaitu memulai sustainability lifestyle. Orang-orang mulai melirik gaya hidup yang selaras dengan alam. Nah, Anda yang sedang mencari ide bisnis, tangkaplah tren ini sebagai peluang! 

Bagaimana caranya? Anda dapat memulai online thrift shop. Menurut laporan Instagram Trend 2022, online thrift shop bakal menjadi tren baru, lho! Kini, banyak anak muda yang memilih preloved fashion karena lebih ramah lingkungan dan harganya pun terjangkau. Anda dapat memakai produk branded dengan harga yang tak mencekik. 

Selain itu, online thrift shop juga tidak memerlukan modal besar. Anda dapat membeli satu bal preloved pakaian seharga Rp500 ribu. Lalu, Anda dapat menjualnya melalui media sosia, seperti Instagram dan Facebook. 

Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit usaha untuk membuat foto produk, campaign, sistem quality control, dan pengiriman yang jelas. Jika dikemas secara bersih dan menarik, online thrift shop Anda bakal laris manis diserbu pembeli, lho. 

 

(2) Menjual Karya di Platform NFT 

Untuk Anda yang memiliki bakat seni, coba peruntungan dengan terjun ke platform NFT! Deman Ghozali patut kita jadikan pecutan untuk bermain NFT juga. Jika selama ini Anda menjual produk fisik saja, pertimbangkan untuk menjual versi digitalnya juga. Selain caranya mudah, hasilnya pun lumayan.

Lalu, produk apa saja yang dapat di-NFT-kan? Anda dapat menjual foto, ilustrasi, sketsa, lukisan, sampai music videoBerhasil atau tidaknya bisnis NFT ini tergantung dari bagaimana Anda membangun brand dan kualitas karya. So, jangan pernah berhenti untuk berkreasi dan berinovasi. 

 

(3) Menjadi Influencer? Why Not! 

Meskipun virtual influencer mulai bermunculan di dunia, human influencer tetap diminati kok. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjajal profesi influencer. Dengan menjadi influencer, Anda dapat mendapatkan pemasukan dari online marketing

Seperti yang kita tahu, pandemi telah memaksa manusia untuk bertahan di dalam rumah. Dampaknya, mereka lari ke media sosial untuk mencari hiburan atau sekadar melihat dunia luar. Mereka adalah market yang sangat menjanjikan bagi pelaku bisnis. 

Namun, Anda tentu tidak dapat menjadi seorang influencer dengan mudah. Anda harus mengetahui market, value diri, sampai belajar self branding agar memiliki pengikut. Dengan memiliki banyak pengikut, Anda memiliki market untuk memasarkan produk.

Oh iya, kunci utama kesuksesan di media sosial adalah konsistensi. Meskipun belum memiliki engagement yang tinggi pada awal pembuatan, Anda harus tetap konsisten untuk posting, ya. 

 

(4) Membuka Channel Podcast 

Deddy Corbuzier buka-bukaan bahwa channel podcast-nya sanggup meraup pendapatan lebih dari Rp5 miliar per tahun! Yup, podcast memang semenjanjikan ini! Terlebih lagi, Anda tidak perlu menyiapkan banyak dana untuk mulai membuka channel podcast. 

Akan tetapi, sebagai permulaan Anda dapat menggunakan peralatan seadanya terlebih dahulu, seperti laptop atau komputer dan mikrofon. Apabila sudah ada adsense yang masuk, Anda dapat meng-upgrade peralatan podcast agar lebih berkelas. 

Selain menambah pemasukan, podcast juga cocok untuk mengasah kemampuan public speaking dan kreativitas seseorang. Silakan membuat jadwal dan tema podcast agar dapat posting secara konsisten. Kunci utama sukses dalam membangun channel podcast adalah konsistensi dan mengusung tema yang unik. 

 

(5) Isi Waktu Luang dengan Membuat Handmade Goods

Selama pandemi, Anda menghabiskan banyak waktu di rumah. Daripada mager, Anda dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang menghasilkan, lho. Anda dapat membuka online shop berupa handmade goods, seperti produk olahan sampah dan lainnya. 

Tidak hanya ramah lingkungan, produk-produk ini juga mulai diminati oleh banyak kalangan. Carilah tren produk yang memang dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu, produk Anda dapat segera laku karena memang demand yang tinggi. 

Inilah 5 ide bisnis online 2022 yang bisa kamu sontek. Praktik paling rasional dalam berbisnis adalah memulainya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Baru sesudahnya, Anda dapat merambah ke bisnis lain dengan omzet yang lebih besar.  

 

Photo by Roberto Cortese on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top