sharpnel_content
5 Fitur yang User Friendly untuk Mobile App

News 16 Agu 2021


5 Fitur yang User Friendly untuk Mobile App

Share

Dengan meningkatnya pengguna mobile, penting untuk mengembangkan aplikasi mobile yang user friendly. Sekarang ini lebih banyak orang yang mengandalkan telepon seluler daripada komputer untuk melakukan hal-hal produktif dan fungsional, seperti berbelanja, membayar tagihan, bekerja, berkomunikasi, berbisnis, dsb.

Pendek kata, telepon pintar sekarang menjadi andalan bagi kebanyakan orang. Oleh karenanya, membuat aplikasi mobile yang user friendly adalah keharusan. Lima fitur di bawah ini disebut-sebut menjadi pertimbangan agar aplikasi mobile Anda layak disebut mobile-friendly apps dan user friendly apps.

(1) Antarmuka yang Responsive

Antarmuka yang responsive sudah menjadi keharusan bagi sebuah aplikasi mobile. Aplikasi akan dibuka di berbagai jenis perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda, maka dari itu prinsip-prinsip responsive design harus diterapkan dengan ketat.

Dengan jutaan orang terhubung ke internet melalui perangkat mobile, maka Anda harus menaruh responsive design ke dalam daftar prioritas. Baca ulasan kami mengenai hal-hal penting pada Mobile UX yang harus diperhatikan.

(2) Kolom Pencarian

Kolom pencarian adalah fitur yang masih sering diremehkan banyak orang ketika mengembangkan aplikasi mobile. Sesederhana apapun aplikasi mobile yang Anda buat, kolom pencarian sebaiknya tetap ada karena pemahaman teknikal tiap orang berbeda-beda.

Membuat pengguna semudah mungkin dalam menavigasi menjadi penting untuk dilakukan.

(3) Voice Search/Voice Command

Opsi lain bagi kolom pencarian adalah dengan menyediakan fitur voice search (pencarian suara). Fitur ini memudahkan orang-orang yang tangannya sedang sibuk sehingga tidak bisa terus-terusan menavigasi menggunakan jari ketika mencari hal yang diinginkan.

Mencari dengan menggunakan perintah suara menjadi opsi yang paling banyak dipertimbangkan saat ini. Cara kerja Voice search semakin canggih dengan hadirnya teknologi-teknologi pendukung seperti speech recognition dan AI (kecerdasan buatan).

(4) Push Notifikasi

Push notifikasi merupakan kunci untuk mendapatkan trafik dari user yang sudah berlangganan ke aplikasi mobile Anda. Bersama dengan analisis perilaku pengguna, Anda bisa memformulasikan konten yang tepat ke audiens Anda untuk meningkatkan trafik dan engagement ke aplikasi mobile. Dengan sendirinya, cara ini juga akan meningkatkan konversi dan penjualan.

(5) Data Cache

Pastikan aplikasi mobile yang Anda kembangkan menyediakan data cache. Data cache memungkinkan pengguna untuk tetap mengakses aplikasi mobile dengan cepat meskipun kondisi internet sedang tidak baik atau tidak terhubung ke jaringan internet sama sekali.

Sudahkah Anda mempertimbangkan lima hal di atas ketika membuat aplikasi mobile yang user-friendly? Jika Anda tidak yakin sudah menerapkan apa saja ke dalam aplikasi mobile yang sudah ada, kami sarankan untuk segera mencari konsultan IT terpercaya yang bisa membantu Anda.

AsiaQuest Indonesia misalnya, yang selalu berusaha memberikan solusi terbaik bagi klien mengenai masalah-masalah bisnis digital. Pengalaman selama bertahun-tahun dan menangani ratusan proyek klien menjadi bekal kami untuk menghadirkan teknologi digital yang paling cocok untuk bisnis yang Anda kelola.

Segera konsultasikan masalah aplikasi mobile, website, maupun web system di AsiaQuest Indonesia, konsultan IT terpercaya berstandar Jepang.

Referensi: www.forbes.com
Business photo created by pressfoto – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top