sharpnel_content
5 Fakta Menarik Google Drive

News 07 Sep 2021


5 Fakta Menarik Google Drive

Share

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data online milik Google, Inc. Google Drive diluncurkan pertama kali pada tahun 2012. Sejak itu, pengguna Gmail bisa menyimpan data mereka secara online di server milik Google, mensinkronisasi data di perangkat berbeda, serta berbagi berkas dengan cepat menggunakan link yang bisa dibagi.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Drive. Seringnya Google Drive dipakai untuk menyimpan dokumen dan berbagi secara online dengan cepat. Nah berikut ini kami sertakan fakta menarik lainnya tentang Google Drive.

(1) Bisa diakses di Browser dan Aplikasi

Google Drive bisa dengan leluasa dibuka di browser dan aplikasi. Google Drive bahkan menyediakan aplikasi untuk desktop dan mobile. Anda bisa mengunduh aplikasi Google Drive di sini.

Nah, kalau Anda tidak ingin repot-repot menambah jumlah aplikasi di perangkat, maka Anda bisa mengakses Google Drive dari browser. Kunjungi drive.google.com untuk mengakses Drive.

Sejauh ini, baik Google Drive versi aplikasi maupun browser menawarkan keuntungan masing-masing. Anda yang tak suka menginstall banyak aplikasi mungkin merasa cukup dengan mengakses Google Drive di browser

Tapi, kalau Anda memang sangat mengandalkan Google Drive untuk keperluan bisnis maupun harian, maka menginstall aplikasinya akan memberikan Anda pengalaman yang lebih baik, misalnya sinkronisasi file secara otomatis dari komputer ke Drive, dsb.

(2) Punya 3 Aplikasi Produktif

Tahukah Anda bahwa Google Drive meliputi tiga aplikasi produktif, yaitu Google Docs, Google Sheet, dan Google Slides.

Google Docs merupakan aplikasi serupa MS Word di Windows, Google Sheet serupa MS Excel, dan Google Slides serupa PPT Powerpoint. Meskipun tak selengkap MS Office, tapi fungsi-fungsi pengeditan dokumen yang ditawarkan Google Docs sudah cukup mumpuni.

Menggunakan Google Docs, Spreadsheet, dan Google Slides dirasa lebih cocok untuk Anda yang membutuhkan dokumen yang bisa diedit secara bersamaan oleh beberapa orang, atau mudahnya, kolaborasi kerja cukup tinggi.

Cukup berbagi menggunakan link, membuka akses untuk orang lain bisa dilakukan dengan mudah. Orang yang diberikan akses bisa mengedit langsung, bahkan dalam waktu bersamaan pun bisa.

Anda juga bisa membuka file format .DOC dan .DOCX di Google Docs, kemudian melakukan pengeditan. File Excel berformat .XLS dan .XLSX juga bisa dengan lancar dibuka di Google Spreadsheet. Pendek kata, Google memberikan Anda ruang bagi kemudahan-kemudahan yang sebelumnya tidak mungkin.

(3) Kapasitas Gratis

Untuk memfasilitasi para penggunanya, Google Drive memberikan kapasitas gratis hingga maksimal 15 GB. Anda yang sudah mencapai batas maksimum 15 GB bisa mengandalkan paket langganan berbayar yang sudah disediakan oleh Google. 

Tercatat, Google Drive melalui Google One, menyediakan paket langganan berbayar untuk kapasitas 100GB, 200GB, 2TB, 10TB, 20TB, dan 30TB. Harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Silakan berlangganan paket penyimpanan dengan mengakses laman Google One.

(4) Back Up untuk Ponsel Android

Bagi pengguna ponsel Android, Google Drive menjadi salah satu tujuan back up. Ketika pertama kali membeli ponsel Android, Anda akan diminta mengisikan alamat gmail, jika belum punya Anda bisa membuatnya saat itu juga.

Ketika akun gmail sudah terbuat, Anda sudah bisa menikmati semua aplikasi-aplikasi milik Google, termasuk Google Drive. Android merupakan sistem operasi yanng terafiliasi dengan Google. Maka tak heran Google Drive jadi media back up satu-satunya untuk ponsel Android.

Secara berkala, ponsel Android akan melakukan back up semua data ponsel ke Google Drive. Manakala ponsel Anda berganti, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan terhubung ke Google Drive sehingga ponsel Android Anda yang baru bisa langsung mendapatkan semua data dari ponsel Android Anda yang lama.

(5) Lebih dari 1 Milyar Pengguna

Tahun 2018, Google Drive melaporkan ada lebih dari 1 milyar pengguna yang aktif. Tahun 2020 hingga 2021, bisa dipastikan juga ada kenaikan pengguna dengan meningkatnya penggua internet akibat COVID19.

Dengan menggunakan Google Drive, Anda bisa melihat semua file Anda dimanapun kapanpun asalkan terhubung ke internet. Ketika Anda bepergian ke luar kota atau luar negeri, tanpa membawa laptop pun, Anda tetap bisa mengandalkan ponsel pintar untuk mengakses semua file penting.

Platform Cloud Lain yang Khusus untuk Manajemen Perusahaan

Google dengan Google Workspacenya menawarkan kemudahan bagi siapa saja untuk mengelola dokumen, melakukan kegiatan produktif, maupun berbisnis. Akan tetapi, ada banyak yang harus diakses untuk menikmati semua itu.

Kami menawarkan platform aplikasi produktif kelas tinggi berbasis cloud yang bisa menjadi pelengkap bagi layanan Google yang Anda pakai. Kintone merupakan platform aplikasi produktif kelas tinggi yang khusus diperuntukkan bagi manajemen perusahaan.

Anda bisa membuat sendiri aplikasi Anda di Kintone, misalnya membuat apps untuk presensi online, penyimpanan dan pengelolaan dokumen perusahaan, mengelola cuti secara berjenjang, laporan kerja harian karyawan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kunjungi laman Kintone Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Browse blog by tag

Back To Top