sharpnel_content
5 Cara Menaikkan Rating Shopee Terampuh

News 27 Apr 2022


5 Cara Menaikkan Rating Shopee Terampuh

Share

Shopee tetap menjadi pasar ideal bagi para seller untuk menjajakan dagangannya. Konon, jualan lebih cepat laku kalau dipasarkan di Shopee. Namun, sering kali realita nggak semulus ekspektasi, lho. Walaupun Anda sudah all out di Shopee, entah kenapa produk Anda tidak ada yang melirik? Usut punya usut, ternyata rating toko Anda terpuruk. Tidak hanya sebatas tekad, Anda pun minimal harus mengetahui tips menaikkan rating Shopee terampuh. 

Kendatipun masih awam tentang Shopee, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat belajar pelan-pelan bersama kami di sini.

 

1. Riset Kata Kunci Populer dan Relevan 

Ya, nama produk memang terkesan sepele. Namun, nama produk yang dipilih akan sangat berpengaruh pada peringkat ataupun rating produk. Sebaiknya kita tidak ngasal dalam menuliskan nama produk, tetapi lakukan riset kata kunci terlebih dahulu. 

Apa itu kata kunci? Kata kunci adalah frasa yang biasa dipakai seseorang untuk mencari suatu produk atau barang di mesin pencarian, seperti di Shopee ataupun Google. 

Contoh kasus: Si A ingin membeli skincare di e-commerce. Kira-kira, kata kunci apakah yang akan A ketikkan di mesin pencari?  

  1. Skincare murah
  2. Skincare Korea
  3. Skincare PBOM
  4. Skincare lokal

Ada banyak sekali kemungkinan kata kunci yang bisa dipilih. Anda pun harus jeli dalam menemukan kata kunci populer. Jika menggunakan kata kunci populer sebagai nama produk, produk Anda akan menjangkau lebih banyak orang. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui kata kunci populer? 

Google Trends

Anda dapat memanfaatkan tools pencarian kata kunci, seperti Semrush, Google Trends, Google Keyword Planner, UberSuggest, dan masih banyak lagi. Gambar di atas adalah contoh riset kata kunci melalui Google Trends.

Anda dapat membandingkan trends pencarian dari beberapa kata kunci, seperti skincare Korea, skincare BPOM, dan skincare murah.

Menurut data Google Trends, kata kunci skincare BPOM menempati posisi tertinggi.  Maka dari itu, sebisa mungkin sisipkan kata “skincare BPOM” pada nama produk Anda. 

Jika masih bingung dengan tools eksternal, minimal Anda harus mahir dalam memanfaatkan fitur gratis Shopee yaitu Shopee related search. Shopee related search adalah fitur yang memunculkan suggestion kata kunci di kotak pencarian.

Ketika Anda mengetikkan kata skincare, nanti akan muncul beberapa suggestion yang bisa dipilih. Suggestion yang ditampilkan Shopee untuk kata kunci “skincare”sebagai berikut.  

Shopee related search

Setelah mengetahui beberapa kata kunci populer ini, pilihlah yang relevan dengan produk Anda.

Misalnya, Anda menjual skincare lokal. Anda dapat memberi nama produk dengan “Skincare BPOM (tambahkan nama merek produk Anda)”. Misalnya, Skincare BPOM Alaza. 

Akan tetapi, jangan asal memilih kata kunci yang populer, ya. Pastikan kalau kata kunci tersebut relevan dengan produk yang dijual

Misalnya, kata kunci “Skincare Yeppu” sangat populer. Anda pun nekat memakai nama ini sebagai click bait untuk skincare merek Anda. Niat awal Anda pasti ingin meningkatkan peringkat produk, bukan? 

Eits, ati-ati jebakan betmen. Ini bukanlah sebuah langkah cerdas karena bisa menjadi bumerang bagi produkmu. Menurut Shopee, kata kunci yang relevan dengan produk yang dijual memiliki persentase diklik lebih tinggi daripada yang asal-asalan mengincar kata kunci populer. 

 

2. Deskripsi Produk yang Jelas dan Akurat

Apakah Anda pernah menjumpai produk di Shopee dengan deskripsi produk yang tidak lengkap atau bahkan kosong melompong? Penting untuk dicatat, sebagian besar calon konsumen Anda adalah orang sibuk. Jika ada waktu, mereka dapat menanyakan detail produk melalui chat

Kalau sibuk, mereka bisa saja langsung pindah ke toko lain yang deskripsinya lebih jelas dan lengkap. Artinya, Anda baru saja kehilangan calon konsumen. 

Maka dari itu, pastikan Anda mencantumkan informasi produk selengkap-lengkapnya sehingga calon pembeli mendapatkan seluruh informasi dalam sekali scroll.  Lantas, detail informasi apa yang harus dituliskan? 

Inilah contoh deskripsi produk yang baik. 

Meningkatkan rating Shopee deskripsi

Toko Fairgoods memasukkan informasi nama merek, penjelasan produk, jenis bahan & sablon, size chart, dan kebijakan retur. Kebijakan retur sangatlah penting karena pakaian sangat rawan salah ukuran. Kalau tidak ada kebijakan retur yang gamblang, bisa-bisa Anda merugi karena banyak pakaian yang dikembalikan.  

Namun, untuk detail deskripsi semua kembali lagi pada jenis produk yang Anda jual. Kami akan memberikan sedikit contoh detail produk yang harus ada di deskripsi. 

-Makanan: Merek, bahan/komposisi, cara mengolah atau cara menyimpan (optional), life shelf.  

-Pakaian: Merek, jenis kain, size chart, pilihan warna, dan kebijakan retur. 

-Elektronik: Merek, dimensi, konsumsi daya, varian warna, garansi, ori atau bukan. 

-Produk kecantikan: Merek, komposisi, BPOM, tekstur, kedaluwarsa, originalitas, dan life shelf

-Buku: Penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, tipe cover, review, kondisi baru/second

Anda dapat menyesuaikan detailnya tergantung dari produk yang Anda jual. Pastikan semua informasi penting sudah tercantum di deskripsi secara jelas dan lengkap. 

 

3. Produksi Foto Eksklusif Toko Sendiri 

Gambar produk menaikkan peringkat Shopee

Meskipun Anda menjual produk yang sama dengan merchant lainnya, pastikan kalau tampilan produk Anda tampak berbeda. Bagaimana caranya?

Anda dapat memakai foto eksklusif toko Anda sendiri. Alih-alih memakai foto produk yang sudah ada, penggunaan foto eksklusif akan lebih menarik dan menjual.  

Produk Anda akan lebih stand out dibanding dengan foto produk yang sama semua. Sebagai analogi, Anda yang memakai baju pink akan terlihat menjual di antara lautan orang dengan baju berwarna putih, bukan? 

Kedua, foto eksklusif ini dapat meningkatkan kredibilitas toko Anda karena terlihat keaslian atau keautentikan produk.  Kalau perlu, tambahkan watermark khusus pada foto eksklusif Anda agar tidak dicomot orang secara sembarangan.  

 

4. Tingkatkan Pelayanan dan Quality Control (QC) Toko

Tingkatkan Layanan dan QC di Shopee

Tidak melulu soal produk, Anda juga harus memikirkan kualitas pelayanan toko Anda. Sebelum membeli suatu produk, banyak pembeli yang mengecek penilaian pembeli lain terlebih dahulu, lho.

Coba sekarang cek rating, penilaian toko, dan isi review pembeli. Apakah mereka merasa sudah puas atau malah toko Anda bertabur bintang satu? 

Mulai dari sekarang coba benahi operasional bisnis Anda. Beberapa hal yang bisa Anda tingkatkan, yaitu: 

Customer service yang ramah, komunikatif, dan fast response. Tanggapi kritikan pembeli dengan kepala dingin. 

-Pastikan produk sama dengan di foto (real pict). 

-Pengemasan yang aman dan cepat, siapkan juga tambahan packaging kardus atau bubble wrap yang bisa di-checkout pembeli. 

-Tuliskan secara jelas cara klaim refund, misalnya harus dengan video unboxing dan sebagainya. 

-Hire staff QC agar semua produk yang dikirim dalam kondisi bagus dan tidak ada cacat produk. 

Dengan meningkatkan layanan CS dan QC, pelanggan puas dan dagangan Anda pun laku keras!

5. Siapkan Hadiah Gratis atau Freebies 

Tingkatkan Rating Toko dengan Freebies di Shopee

Ketika membeli sebuah buku di suatu toko, Anda bahagia luar biasa setelah mendapatkan hadiah gratis permen lolipop. Beda cerita lagi saat membeli merchandise K-Pop, Anda mendapatkan freebies foto polaroid idol Korea. Kendatipun terkesan sepele, hadiah gratis dan freebies sangat meningkatkan kepuasan pembeli, lho. 

Apa itu freebies? Freebies adalah barang yang diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Tidak perlu mewah, Anda dapat memberikan hadiah gratis sederhana, tetapi relevan dengan produk yang dijual. 

Seperti saat berjualan produk K-Pop, Anda dapat memilih freebies foto-foto unofficial ataupun sticker idol. Walaupun hanya beberapa biji saja, hadiah yang relevan ini dapat membuat kepuasaan pembeli meroket. Lain cerita kalau Anda menjual skincare. Anda dapat memberikan sample skincare atau pouch secara gratis. 

Hadiah gratis dan freebies ini dapat menggerakkan hati pembeli untuk menuliskan review yang baik tentang toko Anda. Dengan penilaian yang bagus, kredibilitas toko pun meningkat. Makin kredibel, makin banyak calon pembeli yang nyaman berbelanja di toko online Anda. 

Apakah kini Anda sudah mendapatkan gambaran tentang cara menaikkan rating Shopee? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya. 

 

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top