sharpnel_content
5 Cara Ampuh Meningkatkan Performa Landing Page

News 05 Okt 2021


5 Cara Ampuh Meningkatkan Performa Landing Page

Share

Landing page merupakan salah satu jenis halaman web yang sering dipakai digital marketer ketika melakukan kampanye online berbayar menggunakan paid advertising. Bila Anda menemukan landing page Anda tidak menghasilkan output seperti yang diharapkan, berikut ini kami telah merangkum 5 cara ampuh untuk meningkatkan performa landing page.

(1) Judul Landing Page Harus Memikat

Sebelum pengunjung mengklik link ke landing page Anda, landing page tersebut akan saling berkompetisi dengan halaman-halaman lain di mesin pencari untuk memperebutkan perhatian calon pengunjung. Dan salah satu faktor penting yang menjadi penentu apakah user akan mengklik laman Anda atau tidak, adalah judul landing page.

Kalau landing page Anda judulnya tidak menarik, hampir dipastikan user tak mau mengklik, meskipun Anda sudah memasang budget iklan yang lebih sekalipun. Untuk membuat judul yang menarik bagi user, Anda harus melakukan penelitian mengenai apa yang sedang banyak dicari user saat ini, tentunya yang berkaitan dengan kampanye Anda.

Misalnya, Anda menjual hand sanitizer, maka landing page Anda jangan hanya berjudul SANITIZER. Di masa COVID sekarang ini, hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70% laku keras karena dipercaya mampu membunuh virus COVID19.

Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuat judul, misalnya: HAND SANITIZER ALKOHOL 99% MEMBUNUH VIRUS. 

(2) Deskripsi Halaman Harus Meyakinkan

Deskripsi halaman sering juga kita sebut sebagai meta description. Menulis deskripsi halaman sesuai kaidah yang telah ditentukan bisa membantu Anda mendapatkan klik user. Selain itu, jika Anda memperkuat deskripsi halaman dengan kata kunci target, maka ada kesempatan lebih besar untuk ditemukan oleh user.

Selain itu, user juga akan membaca deskripsi halaman untuk mencari tahu apakah yang mereka cari ada di halaman landing page Anda. Sehingga, penting untuk selalu membuat deskripsi halaman yang meyakinkan bagi user.

(3) Jangan Terlalu Irit Konten Copy

Ketika menulis konten copy untuk landing page, Anda harus singkat, padat, dan jelas supaya pesan bisa langsung tersampaikan ke user. Hanya saja, jangan juga terlalu irit kalimat agar user bisa mendapatkan informasi detail dari landing page.

Anda bisa menggunakan poin-poin dalam konten copy landing page untuk menjelaskan hal yang lebih panjang. Konten berupa poin-poin bisa dengan mudah dan cepat dipindai oleh mata user sehingga dalam sekejap user bisa mendapatkan informasi secara lengkap.

(4) Beri Tombol Share/Bagikan

Tombol share/bagikan adalah salah satu penemuan terbaik dalam dunia digital sekarang ini. Bayangkan hanya dengan tombol share/bagikan, kontan Anda bisa dengan mudah dibagikan kemana saja oleh siapa saja. Dengan demikian, konten Anda bisa menyebar dengan lebih cepat.

Agar lebih baik dalam menjangkau user, tempatkan tombol share/bagikan ke beragam sosial media agar lebih banyak orang melihat konten Anda.

(5) Cari Backlinks

Backlinks ampuh untuk meningkatkan rank landing page (atau website). Backlink merupakan teknik SEO off page, yaitu teknik untuk mengoptimasi SEO halaman dari faktor eksternal. Cari website lain yang bersedia memberikan backlink ke landing page Anda. Lebih lagi bila website yang Anda tuju mempunyai basis pengunjung yang besar misalnya situs-situs portal berita dan media online.

Referensi: www.weidert.com

Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top