sharpnel_content
4 Perangkat IoT pada Masa Mendatang

News 09 Agu 2021


4 Perangkat IoT pada Masa Mendatang

IoT
Share

Perangkat IoT diprediksi akan semakin mendominasi pasar di masa mendatang. IoT adalah singkatan dari Internet of Things, yang secara sederhana menggambarkan perangkat-perangkat yang terhubung satu sama lainnya melalui jaringan internet.

Teknologi IoT ditanam pada beragam gawai dan alat elektronik seperti smartband, smartwatch, AC, kulkas, kompor gas, pemanas air, dsb. Pengguna bisa mengendalikan perangkat-perangkat IoT tersebut melalui smartphone dari jarak jauh. Perangkat-perangkat tersebut saat ini sudah tersedia di pasaran dan sudah bisa dinikmati manfaatnya.

Agar perangkat IoT bisa saling berkomunikasi dengan lancar, dibutuhkan pula koneksi internet yang mumpuni. Koneksi internet cepat yang mampu mentransmisikan konektivitas dengan konsisten dibutuhkan untuk seluruh perangkat IoT tersebut.

Kemudian, kira-kira perangkat IoT yang muncul di masa depan akan menjadi seperti apa? Berikut adalah 4 perangkat IoT pada masa mendatang yang kami sarikan dari situs techgenyz.com:

(1) Sensor untuk Peralatan Olahraga

Di dunia olahraga terutama tenis, berkembang teori untuk mengembangkan sebuah raket tenis yang modern dengan dilengkapi teknologi IoT. Sensor IoT dalam raket tenis ini nantinya akan mengirimkan data mengenai pertandingan tenis yang sedang berlangsung secara real-time ke smartphone user.

Sensor IoT dalam raket tenis ini akan mengirimkan informasi berupa kecepatan bola, kekuatan ayunan raket, jenis putaran manuver yang digunakan, dan fitur-fitur lain untuk setiap tembakan selama yang dilontarkan oleh petenis.

(2) Optimasi Lampu Lalu Lintas (Lalin)

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan mesin-mesin untuk saling berkomunikasi satu sama lain, tak terkecuali dengan penggunaan IoT pada lampu lalu lintas. Sensor-sensor pada IoT dapat dipasang pada lampu lalu lintas untuk meminimalkan masalah lalu lintas.

Sensor IoT juga bisa dipasang di mobil pintar agar  mobil bisa berkomunikasi dengan mobil lainnya untuk menghindari kecelakaan terjadi. Masih ada banyak peluang untuk pengembangan teknologi IoT pada lalu lintas.

(3) Peluang untuk Pengembangan Platform yang Lebih Baik

Seiring dengan berjalannya waktu, pengembangan IoT akan semakin banyak dan kualitasnya semakin baik. Ketika itu terjadi, kita akan bisa menemukan lebih banyak perangkat IoT dalam kehidupan sehari-hari untuk menangani tugas-tugas yang sulit dikerjakan manusia maupun untuk tugas-tugas yang terkesan remeh temeh.

(4) Terraforming Ekosistem

Kedepannya, ekosistem yang mengatur dan memantau seluruh perangkat yang kita gunakan akan berkembang pesat dengan penggunaan teknologi IoT. Perkembangan ekosistem perangkat ini terutama akan mempengaruhi bidang kesehatan, konseptualisasi rumah pintar, dan perencanaan smart city.

Pengembangan IoT di Indonesia

Bagaimanakah dengan pengembangan IoT di Indonesia sekarang ini? Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagaimana tertera di situs cloudcomputing.id mengatakan bahwa pengguna IoT akan meningkat dibandingkan pengguna smartphone yang terkoneksi.

Kemudian, dengan rencana pemerintah untuk menuju revolusi industri 4.0, teknologi IoT akan semakin banyak dibutuhkan terutama di bidang industri yang saat ini masih banyak dikendalikan secara manual.

Di bidang kesehatan, IoT digunakan untuk alat pacu jantung, alat untuk memonitor tekanan darah, dsb. Kemudian ada pula penggunaan drone untuk sektor militer dan pertanian. Belum lagi rencana untuk mengembangkan smart city di berbagai belahan kota di Indonesia. 

Kondisi ini tentu mengisyaratkan bahwa peluang pengembangan IoT di Indonesia masih sangat terbuka dan luas. Anda bisa memulai proyek IoT sekarang juga dan menjadi pionir. Jika Anda tak bisa melakukannya sendirian, AsiaQuest Indonesia siap membantu proyek pengembangan IoT Anda. Melalui induk perusahaan AsiaQuest di Jepang yang sudah lebih dulu berkecimpung di IoT, AsiaQuest Indonesia percaya diri akan mampu menjadi partner yang ideal untuk pengembangan proyek IoT Anda. Hubungi AsiaQuest Indonesia sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Referensi: 

  1. www.techgenyz.com 
  2. www.cloudcomputing.id

Mockup psd created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top