sharpnel_content
4 Manfaat Data Analitik untuk Bisnis

News 15 Jun 2022


4 Manfaat Data Analitik untuk Bisnis

Share

Kesuksesan bisnis dewasa ini semakin bergantung pada teknologi. Secara tidak langsung, semakin bergantungnya bisnis pada teknologi, semakin besar pula peran data analitik pada kesuksesan bisnis.

Data analitik membantu perusahaan, organisasi, dan bisnis untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data-data, sekaligus mampu memberikan wawasan baru yang tak ternilai harganya, seperti:

  1. Perilaku konsumen (customer behavior) dan tren
  2. Keamanan dan mitigasi risiko
  3. Produktivitas dan efisiensi pada bisnis
  4. Personalisasi pelanggan (customer personalization)

Secara garis besar, data analitik bisa membantu bisnis untuk membuat keputusan berbasis data, meningkatkan efisiensi dalam bisnis, melakukan mitigasi risiko di dalam bisnis, sekaligus membantu meningkatkan keamanan dalam bisnis digital.

(1) Membantu membuat keputusan berbasis data

Dalam sebuah bisnis, penting untuk membuat keputusan yang didasari data. Jaman dahulu pebisnis pun menggunakan data-data untuk membantu mengambil keputusan. Sekarang, data tersedia lebih banyak dan sangat beragam. Untuk itu dibutuhkan data analitik untuk mengolah data yang sedemikian banyaknya.

Dengan bantuan software dan beragam cabang ilmu pengetahuan yang ada, dikombinasikan menjadi satu ke dalam data analitik. Hasilnya, data analitik mampu menghasilkan prediksi-prediksi untuk kebutuhan bisnis di masa mendatang.

Contoh aktivitas ini misalnya marketplace online yang memanfaatkan data pelanggan yang kembali berbelanja di toko online untuk membuat rekomendasi produk yang lebih sesuai dengan data tersebut.

(2) Meningkatkan Efisiensi

Data analitik juga bisa digunakan untuk merampingkan operasional bisnis. Misalnya, Anda mengumpulkan dan menganalisis data yang berhubungan dengan rantai pasokan di bisnis Anda, dengan tujuan untuk mengidentifikasi adanya keterlambatan/kemacetan.

Aktivitas tersebut kemudian membantu Anda untuk memprediksikan kira-kira kapan dan dimana masalah akan terjadi sehingga Anda juga tahu bagaimana untuk menghindarinya.

(3) Mitigasi Risiko

Data analitik bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan memprediksikan adanya inefisiensi di masa mendatang. Selain itu, data analitik juga bisa digunakan untuk menyoroti potensi risiko ke depannya dan menerapkan langkah-langkah pencegahan.

Contohnya, bisnis ritel yang menggunakan pemodelan statistik berbasis data kriminal untuk mencari tahu toko ritel cabang mana yang paling berisiko tinggi (banyak pencuri) sehingga bisa meningkatkan keamanan di toko tersebut.

(4) Meningkatkan Keamanan

Di era digital seperti sekarang ini, setiap bisnis yang bergerak secara digital menghadapi ancaman keamanan data. Tapi jangan khawatir karena data analitik bisa membantu setiap bisnis/organisasi perusahaan untuk meningkatkan keamanan siber di internal mereka dan mencegah ancaman siber yang bisa mengakibatkan kerugian finansial maupun merusak reputasi bisnis.

Ini contohnya, sebuah bisnis menggunakan data analitik untuk mengurai, memproses, dan memvisualisasikan data audit log perusahaan untuk mengidentifikasi arah dan asal serangan siber di masa lalu. Data ini kemudian digunakan untuk mencari tahu titik lemah dari proses keamanan siber perusahaan, lalu menyarankan perbaikan yang potensial untuk itu.

Manfaat data analitik yang begitu besar sebanding dengan proses yang harus dilalui agar data bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Tak semua mampu menerapkan proses-proses dalam data analitik secara tepat.

Perlu waktu dan proses trial and error yang panjang sebelum data analitik akhirnya mampu membentuk dan memengaruhi keputusan-keputusan positif dalam bisnis. Untuk melakukan ini, diperlukan waktu dan kesabaran yang panjang. Tapi jika Anda mampu melewati itu semua, maka data analitik bisa memberikan manfaat yang sangat besar.

Referensi: How data analytics can help a business – Helastel
Group work photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top