sharpnel_content
4 Hal yang Menghambat Ranking Website Naik

News 18 Okt 2021


4 Hal yang Menghambat Ranking Website Naik

Share

Meskipun sudah mencoba pelbagai jurus, entah mengapa website rank Anda tidak juga naik. Jadi, apa yang salah dengan website Anda? Alih-alih fokus pada bagaimana cara menaikkannya, bagaimana kalau Anda juga mencari tahu 4 hal yang menghambat ranking website untuk naik? Mari kita berguru pada Semrush dan mencari tahu apa saja hal yang dapat menghambat kenaikan ranking website Anda.

 

1. Kualitas Konten yang Buruk 

Namanya juga website, tulisan atau konten adalah produk utama yang akan dijual. Maka dari itu, jangan heran kalau ranking website jeblok apabila konten website tidak berkualitas. Pasalnya, kualitas konten menjadi salah satu indikator utama mengapa rank website tidak naik-naik. 

Sebenarnya, konten seperti apakah yang dikategorikan berkualitas? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, Anda harus belajar banyak tentang dunia penulisan terlebih dahulu. 

Konten yang berkualitas harus mampu menjawab pertanyaan ataupun permasalahan pembaca. Jangan sampai, Anda menulis artikel yang terlalu pendek, tidak insightful, dan tidak menjawab pertanyaan atau permasalahan. Konten yang tidak lengkap dan tidak berbobot ini tidak akan mampu meningkatkan ranking Anda sama sekali. 

Buatlah konten original yang lengkap, informatif, dan mampu menjawab pertanyaan pembaca. Silakan sisipkan kata kunci atau keyword populer yang sesuai dengan topik tulisan Anda. Tambahkan CTA (Call to Action) maupun backlinks untuk menambah performa artikel tersebut. 

 

2. Tujuan Pencarian yang Kurang Fokus dan Konsisten 

Apakah tujuan utama Anda dalam membuat website? Apakah untuk meningkatkan transaksi, sumber informasi untuk pembaca, media komersial atau sebagai navigator untuk suatu produk? Nah, Anda harus menentukannya sedari awal dan tetap konsisten pada tujuan ini sampai akhir. 

Apabila tujuan pencarian yang kurang fokus, Anda akan kesulitan menggaet konsumen atau pembaca karena isi website yang kurang konsisten. Sebagai contoh, tujuan pencarian website Anda adalah untuk media komersial alat kesehatan. Alih-alih fokus membidik kata kunci alat kesehatan, Anda juga menulis tentang fashion di website Anda. 

Tindakan seperti ini dapat mempengaruhi ranking website karena membidik kata kunci yang tidak relevan dengan tujuan pencarian website. Tipsnya, Anda dapat fokus pada kata kunci yang relevan dengan alat kesehatan. Silakan menggunakan digital marketing tools rekomendasi dari kami untuk bisa menemukan kata kunci yang tepat. 

 

3. Mengabaikan Betapa Pentingnya Backlinks 

Setelah mengecek di Semrush, Anda pun menyadari bahwa website Anda tidak memiliki backlinks yang memadai. Wah, hal ini bisa jadi menjadi salah satu alasan mengapa rangking website tidak juga naik, nih. Jika Anda menulis konten yang berkualitas, pasti banyak website lain yang menjadikan website Anda sebagai rujukan dan menyisipkan backlinks.  

Terlebih lagi, pada tahun 2016 silam, Google menyatakan bahwa backlinks adalah salah satu dari tiga kriteria utama untuk menaikkan peringkat website. Jadi, Anda harus memikirkan persoalan ini dengan matang dan carilah strategi yang tepat untuk segera mendapatkan backlinks dari website lain. 

Salah satu trik untuk meningkatkan backlinks adalah membuat artikel atau konten berkualitas dan autentik seperti poin pertama. Dengan demikian, Anda dapat meraih kepercayaan dan menjadi sumber rujukan website lainnya. 

 

4. Website yang Tidak Terurus

Selain masalah konten, Anda pun juga harus memikirkan tentang performa website itu sendiri. Coba Anda perhatikan tampilan dan load speed website Anda. Jangan isinya saja yang diperhatikan, tetapi Anda juga harus memperhatikan operasional websiteAnda harus mulai memperhatikan dari sisi teknis, seperti load speed hingga SEO atau Search Engine Optimization. 

Untuk tips SEO selengkapnya dapat Anda baca di “10 Teknik SEO untuk Tingkatkan Trafik Organik”.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab website rank stagnan, Anda pun mengetahui langkah apa yang harus dilakukan. Jika selama ini kelima hal di atas masih sering Anda praktikkan, mulai saat ini jangan dilakukan lagi, ya. Dengan begitu, Anda dapat menaikkan ranking website dengan cepat.  

 

Sumber: Semrush

Business photo created by 8photo – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top