sharpnel_content
4 Hal Penting pada Mobile UX

News 03 Agu 2021


4 Hal Penting pada Mobile UX

Share

Mobile UX adalah mobile user experience, kurang lebih menggambarkan pengalaman pengguna ketika menjelajah melalui browser mobile

Dewasa ini, mobile UX menjadi pertimbangan penting bagi website-website agar bisa diindex dengan baik oleh Google. Website yang tidak memerhatikan mobile UX cenderung akan mendapatkan nilai yang lebih rendah di mata Google dan sulit untuk meraih trafik dan engagement yang bagus ke depannya.

Dalam mobile UX sendiri ada empat poin penting yang harus diperhatikan, yaitu:

(1) Ukuran/Size

Ukuran menjadi poin penting dalam mobile UX. Sekarang ini kita bisa menemukan perangkat telepon pintar, tablet, dan laptop dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Membuat website agar bisa dinikmati tampilannya dengan nyaman di beragam ukuran layar menjadi tantangan bagi mobile UX.

Ketika Anda membangun sebuah website, pastikan website Anda nantinya bisa dilihat dengan baik di versi mobile. Jika Anda gagal memenuhi hal ini, bisa dipastikan Anda akan kehilangan potensi trafik yang begitu besar karena dewasa ini orang-orang membuka segala sesuatu lewat perangkat mobile mereka daripada perangkat PC.

Selain itu, poin penting lain yang harus Anda pertimbangkan, Google sendiri cenderung akan mengeliminasi website-website yang tidak mobile-friendly.

(2) Navigasi

Menavigasi menggunakan mouse memang terasa nyaman, terlebih keakuratan dan respon yang cukup cepat. Beragam menu dan tombol bisa diklik dengan baik menggunakan mouse. 

Pada perangkat mobile, jari kita terutama jempol dan telunjuk akan berfungsi layaknya mouse. Maka dari itu, pastikan untuk membuat tombol,menu, maupun link yang ukurannya wajar dan masih nyaman bagi telunjuk Anda untuk menghindari mis-klik dsb.

(3) Konten

Pengunjung sampai ke website Anda tentu karena ingin melihat konten entah itu berita maupun informasi lainnya. Maka dari itu, font dan ukuran font menjadi penting untuk diperhatikan. Berapa sebaiknya ukuran font untuk perangkat mobile sehingga pengunjung masih bisa membaca kontennya dengan nyaman?

(4) Input

Selanjutnya, penting untuk meminimalisir kemungkinan pengguna untuk mengetik sesuatu di website Anda melalui perangkat mobile. Artinya, lebih baik Anda memberikan pilihan-pilihan langsung dimana pengguna bisa langsung meng-klik, alih-alih mengetikkan kata kunci.

Jika Anda menaruh formulir di website, usahakan untuk menyediakan menu dropdown dengan opsi sebanyak mungkin yang dibutuhkan, dengan demikian Anda membantu pengguna untuk tidak perlu capek-capek mengetik. Mengetik menggunakan handphone, apalagi yang terlalu banyak, akan membuat pengunjung kabur karena malas duluan.


Konsultasikan Masalah Mobile UX dengan Konsultan IT Terpercaya

Masalah mobile UX bisa menjadi masalah besar bila tidak ditangani dengan baik. Tak jarang masalah mobile UX ini membuat website menjadi kehilangan momentum untuk bersinar dan tidak mampu memberikan output yang diharapkan kepada si pemilik website.

Maka dari itu, konsultasikan masalah mobile UX ini dengan konsultan IT terpercaya yang sudah berpengalaman menangani masalah ini. AsiaQuest Indonesia, sebagai konsultan IT terpercaya, memiliki tim ahli yang terdiri dari graphic designer dan UI/UX designer.

Tim designer kami telah berpengalaman dalam menangani proyek web development dengan tetap memerhatikan mobile UX agar pengguna website tetap nyaman berselancar menggunakan perangkat mobile.

Lihat layanan AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan website development, web system development, maupun mobile app development.

Referensi: www.business2community.com
Office photo created by pressfoto – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top