sharpnel_content
4 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website Bisnis

News 04 Agu 2021


4 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website Bisnis

Share

Meningkatkan kredibilitas website bisnis sekarang ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Website dengan kredibilitas rendah cenderung sulit dipercaya oleh masyarakat. Jika website sulit dipercaya, maka bagaimana bisnis tersebut akan mampu meraih keuntungan dari website?

Maka dari itu, dalam web development dikenal beberapa cara untuk meningkatkan kredibilitas website. Komponen yang bisa ditingkatkan untuk meningkatkan kredibilitas website antara lain adalah tujuan website dibuat, desain dan UX, mobile-friendly, dan kepercayaan terhadap website.

(1) Tujuan Website

Penting untuk menentukan tujuan website dibuat. Menentukan tujuan dilakukan sebelum website itu dibuat, entah Anda sedang membuat website baru atau redesign website yang sudah ada. 

Tujuan  website dibuat misalnya: meningkatkan penjualan/sales, meningkatkan trafik ke website, meningkatkan brand awareness, dsb.

Bila website dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan/sales, maka Anda harus mengembangkan website sedemikian rupa agar website mudah ditemukan oleh pengguna, pengguna kemudian bisa menemukan informasi yang menarik bagi mereka, dan kemudian menemukan sebanyak mungkin informasi mengenai produk yang Anda jual.

Tujuan website akan berpengaruh besar dalam menentukan bagaimana arsitektur website ke depannya. Kemudian, penting untuk menentukan tujuan dengan melihat dari sisi pengembang dan dari sisi pelanggan Anda.

(2) Desain dan UX

Peribahasa ‘dari mata turun ke hati’ agaknya bisa diterapkan untuk masalah desain web. Desain web yang tidak menarik bisa menjadi penyebab mengapa website Anda tak juga memberikan hasil yang diharapkan.

Desain web merupakan poin yang penting meski tidak menjadi prioritas utama. Desain web haruslah mencerminkan brand perusahaan, harus mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna, dan sebaiknya tidak memperlambat kecepatan load website. Itulah poin yang perlu diperhatikan dari segi desain web.

Kemudian, poin penting lain yang harus diperhatikan adalah UX, atau User Experience. User Experience meliputi layout website, struktur, warna, dan teks yang menjadi kesatuan dan kiranya user akan merasa nyaman dengan UX tersebut.

UX yang membuat user nyaman akan meningkatkan engagement, konversi, dan membantu Anda untuk meraih rank yang lebih bagus di Google SERP. Luangkan waktu yang cukup bagi tim web development Anda untuk merumuskan desain dan UX yang terbaik bagi website bisnis Anda.

Bila Anda merasa tidak mampu melakukannya sendirian, Anda selalu bisa menghubungi jasa web development yang berpengalaman dalam hal ini, misalnya AsiaQuest Indonesia.

(3) Mobile-friendly

Pengguna mobile yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir menjadi alasan semakin dibutuhkannya mobile-friendly website. Telepon pintar yang kita pegang harus berfungsi layaknya komputer. 

Mengembangkan website yang mobile-friendly sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik website. Website yang tidak mobile-friendly akan dinilai tidak bagus oleh Google dan besar kemungkinan akan ‘disingkirkan’ oleh Google.

Beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam membangun website yang mobile-friendly antara lain: responsive design, kecepatan (speed), dan UX.

(4) Kepercayaan terhadap Website

Membangun kepercayaan pengguna terhadap website yang Anda kelola adalah penting, apalagi jika website Anda adalah website bisnis. Anda mungkin akan membutuhkan sesuatu dari pengguna misalnya alamat email mereka untuk kebutuhan berlangganan newsletter, atau kontak mereka untuk kebutuhan promosi produk.

Untuk membangun kepercayaan pengguna terhadap website yang dikelola, ada beberapa komponen penting yaitu:

  1. Secure Server. Sejak tahun 2017, Google mendorong website agar menggunakan HTTPS yang mengisyaratkan bahwa website Anda memenuhi standar keamanan. Website yang tidak menggunakan standar HTTPS akan dieliminasi oleh Google.
  2. Konten. Penting untuk membuat konten yang tidak bertele-tele, yaitu dengan mengatakan sejujurnya apa yang penting untuk pelanggan dan apa yang tidak penting.
  3. Testimonial/review. Anda mungkin belum menyadari kekuatan testimonial atau review dari pengguna, tapi kenyataannya inilah yang sekarang membantu pengguna lain untuk mengerti bagaimana produk atau layanan jasa yang Anda berikan.
  4. Badge dan sertifikasi. Jika anda melihat badge verified di akun-akun instagram, youtube, maupun facebook, Anda pasti cenderung akan lebih memercayai konten-konten yang mereka sediakan daripada akun yang tidak jelas asal-usulnya.

Begitupun dengan website bisnis, bila perusahaan Anda memiliki sertifikasi khusus yang bisa memperkuat keahlian atau produk yang Anda kelola, maka disertakan saja ke dalam website supaya user lebih percaya.

Misalnya Anda menjual jasa pembasmi hama melalui website dan mempunyai sertifikasi untuk keahlian tersebut, maka cantumkan sertifikasi tersebut.

Bagaimana Kami Membantu Perusahaan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebagai perusahaan penyedia jasa web development, web system development, dan mobile app development, AsiaQuest Indonesia selama bertahun-tahun telah membantu klien dalam meningkatkan kredibilitas website bisnis.

Kami memastikan bahwa layanan pengembangan website yang dilakukan selalu memenuhi empat poin di atas untuk menghasilkan website/system yang berkualitas, dan mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi.

Tim IT kami juga dibekali dengan kapasitas keahlian yang mumpuni dengan terus mengedepankan penggunaan teknologi terbaru agar relevan dengan tren yang sedang berjalan. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami berikan.

Referensi: www.business2community.com
Business photo created by yanalya – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top