Sudah menjadi rahasia umum betapa selektifnya masyarakat Jepang saat memilih suatu produk atau jasa. Oleh sebab itu, perusahaan di Jepang pun mengerahkan segala cara untuk memenuhi ekspektasi konsumennya. Mereka pun selalu merilis produk berkualitas yang sangat bersaing dengan produk-produk sejenis. Mengesampingkan betapa sengitnya persaingan pasar, tiga perusahaan startup di Jepang berhasil merebut hati konsumen.
Keberhasilan merebut hati pasar ini pun diikuti dengan laba yang tinggi. Alhasil, ketiga perusahaan startup ini menjadi perusahaan rintisan dengan pendapatan terbesar di Jepang. Siapa sajakah mereka? Yuk, mari kita intip profil perusahaan startup di Jepang dengan pendapatan terbesar ini!
Softbank bersama dengan Yahoo Japan mengembangkan aplikasi mobile Fintech yang dapat memudahkan proses transaksi di berbagai platform. Aplikasi mobile ini dinamai dengan Paypay dan dirilis pada tahun 2018 silam. Dengan Paypay, konsumen dapat melakukan transaksi pada Yahoo Money dan kartu kredit dengan praktis dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi dalam Paypay.
Dua tahun berselang, aplikasi ini pun mendulang cuan dengan angka yang fantastis! Tercatat sekitar 25 juta user telah mendaftar di Paypay pada awal tahun 2020. Jadi, sudah bisa membayangkan berapa banyak yen yang masuk ke kantong laba perusahaan startup ini?
Perusahaan logistik CBcloud sanggup membaca kebutuhan pasar secara akurat. Saat dunia fokus pada aplikasi online untuk kendaraan penumpang, CBcloud pun menghadirkan aplikasi PickGo untuk jasa antar barang. Menariknya, mitra kurir mereka adalah freelance driver sehingga layanan mereka tidak ada batasnya!
Mitra kurir ini akan melakukan pengiriman dengan berbagai model moda transportasi, seperti sepeda, motor, taksi, dan kendaraan angkutan ringan. Dibandingkan membeli di online shop, proses pengantaran PickGo jauh lebih cepat dengan kurun waktu minimal 30 menit!
PickGo juga menawarkan fasilitas Same-day Delivery untuk pengiriman dokumen ataupun material bangunan di seluruh prefektur dalam waktu satu hari saja! Dengan layanan sesempurna ini, tidak salah bila PickGo menjadi layanan yang disukai di Jepang.
Tier IV adalah perusahaan startup Jepang yang fokus pada penggembangan kendaraan cerdas. Tidak sembarang cerdas, Tier IV sangat memperhatikan faktor keselamatan. Dengan demikian, kendaraan ini dapat dipakai siapa saja tanpa perasaan was-was.
Kunci utama kesuksesan dari perusahaan ini adalah perangkat lunak Autoware. Autoware merupakan perangkat lunak open source yang kabarnya digunakan oleh perusahaan otomotif. Tidak hanya perusahaan otomotif, banyak perusahaan startup yang mengembangkan self-driving product terpikat dengan Autoware.
Walaupun nominal pendapatan mereka tidak dicantumkan, kita bisa sedikit belajar akan kesuksesan bisnis mereka. Salah satu kunci sukses untuk membangun perusahaan startup adalah inovasi dari produk dan pelayanan. Dengan mengutamakan konsumen, perusahaan startup manapun pasti akan berhasil merebut perhatian pasar.
Referensi:
Photo by Louie Martinez on Unsplash
Back To Top