sharpnel_content
10 Tren Baru Digital Marketing yang Harus Diantisipasi di 2022

News 14 Mei 2022


10 Tren Baru Digital Marketing yang Harus Diantisipasi di 2022

Share

Digital marketing akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Tahun 2022 ini, forbes memuat artikel mengenai tren baru dalam digital marketing di tahun 2022 dan bagaimana kita bisa mengambil keuntungan darinya.

Tren baru di digital marketing 2022 ini sebaiknya tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis digital bila ingin sukses meraih pasar. Nah apa saja tren tersebut, mari kita lihat berikut ini?

(1) Tren Meta

Setelah pengumuman yang cukup menggemparkan dari bos Facebook Mark Zuckerberg, muncul tren baru yaitu Tren Meta. Yap, setelah mengumumkan rebranding Facebook ke Meta pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 lalu, banyak spekulasi yang muncul.

Meski banyak yang curiga kalau rebranding facebook ke meta hanyalah pengalihan isu masalah skandal privacy Cambridge Analytica beberapa tahun silam, tapi tren meta tetap naik. Banyak yang akhirnya berusaha mengikuti apa yang saat ini sedang tren, yaitu Meta.

Bila Anda belum tahu, Meta saat ini adalah parent company dari Facebook dan beberapa produk lainnya. Kini fokus Meta adalah membangun Metaverse, sebuah istilah untuk merujuk pada pengalaman virtual dan augmentasi yang digadang-gadang akan menjadi masa depan web.

Bagi Anda pebisnis, cobalah untuk mencari peluang bisnis baru yang sekiranya bisa fit ke dalam dunia metaverse.

(2) Influencer Marketing

Sosial media seperti Instagram dan TikTok melahirkan fenomena influencer marketing. Influencer marketing adalah tipe pemasaran yang memanfaatkan basis follower dari tiap-tiap influencer.

Influencer marketing sekarang menjadi bisnis yang besar dan diprediksi akan terus bertumbuh. Keuntungan dari influencer marketing adalah kemampuannya dalam menyediakan konteks dan relevansi melalui aktivitas endorsement produk.

Brand-brand besar kini terus aktif dalam menggunakan influencer marketing. Jika Anda ingin bisnis dan produk Anda ‘dilihat dan digunakan’ oleh banyak orang, cobalah untuk berpartner dengan influencer terkenal. Akan tetapi, pastikan untuk memilih influencer yang punya citra positif dan menghindari bad influencer.

(3) Ads Terhambat Privacy Policy

Beberapa waktu lalu iOS memperbarui kebijakan privasinya yang cukup membuat sejumlah pebisnis besar gigit jari. Pasalnya, iOS kini sangat ketat dalam membatasi arus data yang boleh dibagikan ke pihak lain. Para pengguna iOS kini bisa memilih secara bebas untuk mengijinkan atau tidak mengijinkan suatu aplikasi dalam melakukan tracking data.

Kebijakan ini jelas membuat para pemain besar di bidang data seperti Facebook merugi berat. Facebook yang sangat menggantungkan diri pada bisnis periklanan akan terimbas besar akibat menurunnya sirkulasi data yang diterima. Bisnis digital ads modern yang terkenal sangat bergantung pada data untuk bisa secara otomatis melakukan optimasi iklan, kini berada di ujung tanduk.

Menurunnya jumlah data yang bisa ‘ditumbalkan’ ke mesin kecerdasan buatan (AI) akan berpengaruh besar dalam bisnis periklanan. Untuk ini para pebisnis yang mengandalkan ads berbayar dalam bisnis mereka sebaiknya mulai menganalisis dampak-dampak dari kebijakan privasi tersebut.

(4) Potensi Besar Linkedin

Linkedin selama bertahun-tahun menjadi platform sosial media untuk kalangan profesional. Pertumbuhan Linkedin mungkin tak seperti sosial media lain seperti Instagram dan TikTok, tapi Linkedin terus menunjukkan tren pertumbuhan positif.

Apalagi di era digital sekarang ini, Linkedin semakin menunjukkan potensinya. Jumlah pengguna bulanan aktif Linkedin terus meningkat, begitu pula dengan engagement-nya. Linkedin pun terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk mendukung bisnis.

Untuk ini, para pebisnis sebaiknya mulai aktif menunjukkan eksistensinya di Linkedin. Sebagai sosial media yang punya citra profesional, tentu Linkedin menjadi platform yang tepat untuk Anda mengenal bisnis secara lebih profesional. Kalau Anda masih ragu, mungkin Anda perlu tahu cara-cara memilih sosial media yang tepat untuk bisnis.

(5) SEO Semakin Ditinggalkan

SEO atau Search Engine Optimization saat ini merupakan salah satu bentuk digital marketing yang dikatakan sebagai metode paling tua dan paling bernilai. Kemampuan SEO untuk menampilkan konten Anda di puncak pencarian dan meraih impression maupun engagement memang patut diacungi jempol.

Sayangnya, sekarang ini algoritma semakin pintar dan semakin kontekstual sehingga SEO akan semakin sedikit bermain. Alih-alih berfokus pada hack serta tips trik dalam SEO, pebisnis disarankan untuk mulai beralih fokus pada pengalaman pengguna (user experience).

Bagaimana membangun user experience yang sesuai dengan bisnis Anda adalah keahlian kami sebagai web developer profesional. Untuk itu, kami selalu sedia untuk dihubungi kapan saja melalui kontak kami.

(6) Promosi Mulut ke Mulut

Promosi dari mulut ke mulut sudah ada sejak jaman dahulu kala dan hingga sekarang terbukti efektif. Di tengah gempuran sosial media, ternyata promosi dari mulut ke mulut ini justru semakin banyak berperan.

Dengan kehadiran sosial media, para pengguna cenderung akan membeli barang yang diiklankan oleh influencer yang mereka ikuti dan mereka percayai. Mereka percaya produk tersebut bagus, berkualitas, dan mempunyai efek karena influencer juga menggunakannya.

Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata ketika internet menjadi semakin ramai, calon pembeli cenderung semakin selektif dalam memilih produk sehingga mereka akan membeli produk yang dipromosikan oleh orang terdekat atau yang mereka percaya.

Pebisnis sebaiknya mulai memikirkan strategi promosi dari mulut ke mulut ini. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan influencer marketing atau mengumpulkan review pengguna sebanyak mungkin.

(7) Lapangan Pekerjaan di Bidang Digital Meningkat

Linkedin menyebut bahwa skill dalam bidang Digital saat ini sangat diminati. Sayangnya ada gap besar antara skill digital yang dicari perusahaan dengan skill yang tersedia di lapangan.

Untuk mengatasi masalah ini, pebisnis disarankan untuk melakukan upskilling staf dan karyawan agar tetap relevan dengan perkembangan zaman sekarang ini. Para leader dalam perusahaan digital juga disarankan untuk mulai memikirkan rencana upskilling staf dan karyawan di dalam tubuh organisasi yang dikelola.

(8) Website Semakin Cepat

Trafik website saat ini sangat didominasi oleh pengguna mobile. Masalahnya, sebagian besar website masih ketinggalan jaman dengan tidak adanya optimasi untuk mobile experience. Apalagi dengan diluncurkannya Core Web Vitals oleh Google, para pemilik website harus mulai memperhatikan bahwa Google di sini sangat mempertimbangkan kecepatan website.

Pengembangan website dan web system adalah keahlian AsiaQuest Indonesia sejak perusahaan didirikan. Website dan web system adalah DNA kami sehingga kami percaya diri untuk mampu memberikan usaha terbaik agar website Anda dioptimasi dengan baik, terutama di mobile experience.

(9) Algoritma Di Atas Segalanya

Setiap bagian dari digital marketing, mulai dari sosial media, feed, ads, SEO, email, dsb kini sangat bergantung pada algoritma kecerdasan buatan. Algoritma ini bermuara pada satu tujuan penting yaitu user experience.

Untuk ini, para pebisnis disarankan untuk mulai merumuskan strategi-strategi dalam menyediakan user experience yang sesuai dengan pelanggan mereka.

(10) Fokus

Dari sekian banyak channel marketing, pebisnis sebaiknya tidak serakah dalam menggunakan. Artinya, sebaiknya fokus pada channel marketing tertentu yang sekiranya sesuai dengan bisnis yang dikelola. Dengan begini, pebisnis tidak membuang terlalu banyak tenaga dan pikiran untuk mengerjakan banyak channel marketing dan lebih baik fokus pada satu atau dua channel yang paling berpotensi.

Agar tidak salah pilih, pelajari 10 langkah menyusun strategi marketing digital untuk bisnis.

Itu dia 10 tren baru di digital marketing yang patut diantisipasi di tahun 2022 ini. Jika bisnis Anda sangat bergantung pada digital marketing, maka sebaiknya Anda mulai memikirkan langkah-langkah strategis baru agar bisnis tetap moncer di tahun ini.

Jadi, apakah Anda sudah membuat strategi marketing digital yang efektif? Di AsiaQuest Indonesia, kami membantu klien-klien perusahaan yang ingin terjun ke bisnis digital. Kami mengembangkan website, web system, aplikasi mobile, serta menyediakan layanan internet marketing dan SEO. Bila Anda menemui kesulitan dalam usaha menekuni bisnis digital, kami selalu siap sedia membantu dengan layanan-layanan berkualitas tinggi serta berstandar Jepang.

Referensi: Twelve Digital Marketing Trends For 2022 And How To Take Advantage Of Them

Photo by Mikael Blomkvist from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top