sharpnel_content
10 Teknik SEO untuk Tingkatkan Trafik Organik

News 02 Sep 2021


10 Teknik SEO untuk Tingkatkan Trafik Organik

SEO
Share

Apa saja teknik-teknik SEO yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik organik website? Berikut ini kami rangkum 10 teknik SEO untuk tingkatkan trafik website yang kami sarikan dari SEMrush.

(1) Cek Kompetitor 

Memeriksa kinerja web kompetitor bisa memberikan Anda gambaran mengenai strategi yang sekiranya akan berhasil dan yang tidak. Carilah halaman-halaman yang berkinerja baik di kompetitor Anda sehingga Anda tahu mana yang memberikan trafik terbanyak ke situs mereka.

Manfaatkan tool-tool yang membantu untuk analisis SEO seperti SEMrush, Ahrefs, Alexa, Neil Patel, dsb untuk mendapatkan pandangan mengenai kinerja situs kompetitor. Menganalisis keberhasilan kompetitor adalah sebuah jalan pintas bagi Anda agar bisa ‘mencontoh’ mereka dan mendapatkan kesuksesan versi Anda sendiri.

(2) Core Web Vital

Google mendefinisikan Core Web Vital sebagai bagian dari data web yang berlaku untuk semua halaman web, harus diukur oleh semua pemilik situs, dan akan ditampilkan di semua alat Google. Masing-masing Data Web Inti mewakili aspek berbeda dari pengalaman pengguna, dapat diukur di lapangan, dan mencerminkan pengalaman dunia nyata dari hasil penting yang berpusat pada pengguna.

Anda bisa menemukan Core Web Vital di Google Search Console di bagian ‘Experience’. Lihat data yang disajikan di Google Search Console dan lihat di bagian mana Anda bisa melakukan peningkatan.

(3) Cari Backlink

Mencari backlink bukanlah perkara mudah, apalagi mencari backlink yang berkualitas. Setidaknya, Anda harus punya tim yang jago PR (Public Relation) dan siap gerilya terjun ke lapangan untuk mencari situs-situs terkenal yang bersedia memberikan backlink ke situs Anda.

Kalau konten yang Anda buat berkualitas tentu situs-situs terpercaya dengan massa jutaan akan bersedia memberikan backlink. Tapi celaka bila konten yang dibuat kualitasnya jauh di bawah standar, tak mungkin ada situs yang mau memberikan backlink.

Di sini, kuncinya adalah kualitas konten. Ya, backlink adalah teknik SEO off page yang tujuannya optimasi dari eksternal. Artinya, orang luar situs Anda lah yang akan memberikan penilaian. Maka dari itu, buatlah konten sebagus mungkin dan berkualitas tinggi, agar situs lain bersedia memberikan link credit ke situs Anda.

(4) PPC Testing

PPC testing bertujuan untuk meningkatkan organik CTR (Click Through Rate). CTR dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu title tag dan meta description. Maka dari itu, gunakan PPC testing untuk mengetahui title tag dan meta description mana yang lebih memberikan CTR tinggi ke situs Anda.

Membandingkan dua title tag dan dua meta description berbeda akan memberikan data dan analisis mengenai mana yang lebih efektif. Kalau belum berhasil juga, Anda selalu bisa melakukan PPC testing dengan eksperimen title tag dan meta description lain.

(5) ‘Orang juga Bertanya’

Teknik SEO di tahun 2021 yang juga tak kalah penting adalah dengan memanfaatkan kolom ‘Orang Juga Bertanya’ atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai ‘People Also Ask’. Lihat Gambar di bawah ini:

Setidaknya ada 3 alasan mengapa Anda harus memerhatikan kolom ‘Orang Juga Bertanya’ yaitu:

  1. Ia bisa membantu Anda untuk mendapatkan ranking 2 kali di page 2 Google.
  2. Ia bisa membantu Anda untuk tampil di puncak mesin pencari sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pengguna. Sebanyak 75% hasil OJB (PAA) ditampilkan di 3 puncak teratas.
  3. Ia bisa dijadikan penyempuran kueri untuk pertanyaan-pertanyaan yang sulit diinterpretasikan oleh Google.

(6) Curi Backlink Kompetitor

Backlink kompetitor yang Anda curi adalah yang rusak saja. Triknya adalah, cari broken link milik kompetitor kemudian buat konten Anda sendiri yang sekiranya bisa memenuhi broken backlink tersebut. Bagaimana mencari broken link milik kompetitor? Triknya mudah saja, yaitu temukan link 404 di situs kompetitor.

Lagi-lagi Anda bisa memanfaatkan tool analisis SEO seperti SEMrush untuk membantu Anda menemukan broken link milik kompetitor. Ini merupakan kesempatan Anda untuk mendapatkan backlink dengan membuat konten yang mirip.

(7) Konten Pendukung

Mengoptimasi topik yang dibicarakan dalam konten juga penting, daripada sekedar mengoptimasi kata kunci. Anda perlu meriset topik-topik yang bagus sehingga kesempatan untuk menduduki ranking di mesin pencari semakin besar.

Ini artinya Anda harus membuat konten pendukung dengan topik yang masih dalam satu kluster dengan keyword utama Anda. Konten-konten pendukung bisa jadi adalah konten yang lebih dalam mengulas tema tertentu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik berkaitan dengan tema utama. Konten-konten pendukung akan memuat link ke topik utama.

Buatlah konten pendukung yang juga memuat keyword-keyword yang sedang trending saat ini. Konten pendukung mungkin tidak memberikan trafik ribuan per bulannya tapi ia bisa membantu halaman utama untuk mendapatkan ranking lebih tinggi.

(8) Internal Link

Jika Anda ingin suatu konten meraih ranking lebih tinggi, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyelipkan link konten tersebut ke konten-konten lain. Misal Anda punya artikel di page 2 Google berjudul Pengertian Content Marketing, Anda inginkan artikel tersebut berada di page 1 Google, maka selipkan link artikel tersebut di artikel-artikel lain di website Anda.

Teknik SEO yang satu ini disebut sebagai internal link. Internal link bisa membantu Anda untuk meraih page 1 Google. Cari konten-konten Anda yang ada di page 2, dan lakukan teknik internal link untuk mencapai page 1 Google.

(9) Optimasi Pencarian Gambar

Jangan pernah meremehkan pencarian gambar. Ada sebagian orang yang mungkin lebih suka visual dan melakukan pencarian dari tab penelusuran gambar di Google. Jika Anda mengoptimasi gambar-gambar di website Anda, maka Anda berkesempatan mendapatkan trafik dari sana.

Untuk mengoptimasi gambar dalam konten artikel, maka aspek-aspek berikut inilah yang harus disesuaikan:

  1. Alt tag
  2. Nama file
  3. Resize image ke dimensi yang dibutuhkan
  4. Mengurangi ukuran file
  5. Membuat sitemap image
  6. Hosting gambar Anda di CDN

Jika sebelumnya Anda belum melakukan ke-6 hal di atas ketika memasukkan gambar ke konten, maka ke depannya pastikan Anda sudah melakukannya untuk mengurangi jumlah pekerjaan untuk memperbaiki image-image yang sudah ada.

(10) Bersihkan Link Toxic

Toxic link adalah backlink jahat yang justru membuat website Anda bernilai rendah. Untuk itu, Anda harus membersihkan link-link toxic yang merugikan website Anda. Situs-situs yang memuat link ke konten Anda adalah biangnya. Situs-situs tersebut oleh Google dicurigai telah melakukan manipulasi dan/atau menyalahi aturan Google Webmaster.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk membersihkan link-link toxic semacam ini. Tools SEO SEMrush menyediakan audit yang memungkinkan Anda menemukan link toxic

Semua teknik SEO di atas bisa Anda lakukan sendiri asalkan Anda mempunyai waktu dan tenaga untuk melakukannya. Perlu dedikasi waktu, tenaga, dan pikiran untuk melakukan optimasi website sehingga mungkin tak semua pemilik website suka melakukannya.

Jika Anda termasuk salah satunya, maka tak ada salahnya mencari penyedia jasa SEO yang untuk membantu Anda mengoptimasi website. AsiaQuest Indonesia adalah penyedia jasa pembuatan website, web system, dan aplikasi mobile yang juga melayani jasa SEO. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Sumber: www.semrush.com
Business photo created by our-team – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top