sharpnel_content
10 Social Media Management Tools Terbaik di 2023

News 06 Jan 2023


10 Social Media Management Tools Terbaik di 2023

Share

Pebisnis baik besar ataupun kecil saat ini memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi hingga berjualan produk dan jasa mereka. Basis pengguna media sosial yang besar dinilai ampuh untuk mengembangkan bisnis dan meraih penjualan yang lebih besar. Tak heran saat ini dikenal juga istilah social media marketing di dalam konsep digital marketing.

Platform sosial media yang tersedia pun cukup banyak, seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dsb. Masing-masing platform punya kekhasan sehingga strategi konten di tiap-tiap platform mungkin bisa berbeda-beda. Ada yang menggunakan satu platform tapi ada yang juga aktif di semua platform.

Di atas semua itu, untuk meraih sukses di platform sosial media, tak cukup dengan posting konten seminggu sekali. Kenyataannya Anda harus meluangkan waktu dan sumber daya yang tak sedikit untuk mengelola platform sosial media yang digunakan. Butuh dedikasi dan komitmen yang besar jika ingin melihat hasil yang memuaskan dari sosial media.

Membuat konten dan posting, menganalisis data statistik dan membuat laporan bisa sangat melelahkan. Apalagi kalau yang diurus ada lebih dari satu media sosial, pekerjaan bisa semakin banyak. Anda mungkin butuh seorang social media officer jika ingin fokus untuk ekspansi brand ke sosial media.

Seorang social media officer sendiri masih akan membutuhkan bantuan untuk mengerjakan semua tugasnya. Membuat konten adalah tugas yang berat karena harus rutin dan harus selalu mengalir ide-ide segarnya. Kalau dibebani dengan tugas reporting dan analisis, social media officer bisa kewalahan. Alhasil, kinerja malah mungkin jadi tidak maksimal.

Tapi untung saja sekarang ini ada banyak tools social media management yang tugas utamanya membantu social media officer untuk tugas posting, reporting, dan analisis. Social media management tools seperti ini bisa merampingkan workflow, menghemat waktu dan tenaga, serta membantu konten Anda untuk mencapai tipe audiens yang tepat di waktu yang tepat pula.

Berikut adalah 10 social media management tools yang bisa Anda coba. Daftar di bawah ini kami sarikan dari laman Buffer dan kami pilih nama-nama yang kami juga familier dengannya. Pilih salah satu tools yang menurut Anda mudah dan nyaman digunakan dan tentu yang paling penting adalah sesuai dengan kebutuhan Anda.

(1) Hootsuite

Hootsuite sudah kami kenal sejak bertahun-tahun lalu. Sebelum ada TikTok dan sebelum TikTok merajai kancah per-sosial media-an di Indonesia bahkan di dunia, Hootsuite bisa dibilang pionir dalam menyatukan beragam platform sosial media ke dalam satu antarmuka.

Dengan demikian, Anda yang aktif di lebih dari satu sosial media bisa mengelola semua sosial media Anda di dalam satu tempat. Tidak perlu lagi berpindah antar tab, antar browser, atau antar app karena Hootsuite menyatukannya untuk Anda.

Hootsuite saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 18 juta pengguna dan 800 perusahaan. Sebagai all-in-one platform, Hootsuite memudahkan Anda untuk menjadwalkan posting konten, mengukur ROI, menjalankan ads sosial media, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

hootsuite

Nama Platform: Hootsuite

Harga : Limited Free Plan, Paid Plan mulai $49 per bulan, 30 Hari Free Trial tersedia.

(2) HubSpot

HubSpot juga bukan nama yang asing bagi kami. Bertahun-tahun kami mengenal HubSpot sebagai tool all-in-one untuk marketing. Sebagai all-in-one tool marketing sofware, HubSpot menyediakan Social Management Tools, lengkap sekali!

Sayangnya, untuk menikmati tool sosial media mereka, Anda harus berlangganan dengan biaya mulai $50 per bulan. Kalau perusahaan Anda memilih ‘berinvestasi’ di organic traffic, maka berlangganan HubSpot bisa sangat membantu.

Kalau berlangganan HubSpot, Anda bisa dengan mudah menganalisa beragam data melalui beragam tools yang mereka sediakan, seperti social media tools, email marketing tools, SEO, sampai CRM. Insights dan informasi yang dibutuhkan untuk peningkatan situs bisa dilihat dalam satu platform.

hubspot

Nama Platform: HubSpot Social Media Management Software

Harga : Limited Free Plan, Paid Plan mulai $50 per bulan, 30 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Menjalankan semua sosial media dari satu platform, reporting, social media marketing ROI, dsb.

(3) Buffer

Buffer juga bukan nama baru bagi kami. Buffer menawarkan platform social media management tools yang intuitif dan ramping. Buffer cocok untuk bisnis individual, bisnis kecil, dan besar untuk membantu mereka mendapatkan engagement yang baik dari sosial media.

Kalau Anda punya bisnis kecil atau bisnis perorangan, Buffer mungkin bisa menjadi solusi Anda untuk bisa mengelola seluruh sosial media yang Anda miliki. Keperluan posting, analisis, landing page yang sederhana, hingga kolaborasi tim, semua mampu ditangani lewat Buffer.

Dengan begini, Buffer membantu tim Anda untuk lebih efisien dan efektif dalam bekerja.

buffer

Nama Platform: Buffer Social Media Management Platform

Harga : Forever Free Plan, Paid Plan mulai $6 per bulan, 14 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Platform intuitif dan ramping, cocok untuk digunakan individu dan bisnis kecil yang ingin membangun engagement dan result melalui sosial media.

(4) Sprout Social

Sprout Social menyebut diri mereka sebagai social media business solution. Platform mereka dibangun sedemikian rupa agar mampu di skalasi. Ini terlihat dari banyaknya fitur yang mereka sediakan, yang semuanya terkategori berdasarkan beragam kebutuhan untuk beragam tipe bisnis seperti paket standard, professional, advanced, dan enterprise.

Sprout Social juga merupakan platform yang menggabungkan beberapa sosial media ke dalam satu platform. Melalui satu platform ini, Anda bisa posting konten, menjadwalkan konten, memonitor kinerja postingan, hingga membuat laporan analitik terkait konten.

sprout social

Nama Platform: Sprout Social

Harga : Paid Plan mulai $89 per bulan, 30 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Menggabungkan beberapa sosial media ke dalam satu platform, posting dan scheduling konten, monitoring konten dan reporting dengan tampilan menarik tanpa perlu banyak editing.

(5) ZOHO

Forbes menyebutkan Zoho sebagai tools social media management terbaik untuk para kreator individual. Meski begitu, Zoho tetap bisa memenuhi kebutuhan bisnis dan agensi besar untuk keperluan pengelolaan konten sosial media.

Dengan Zoho, Anda bisa posting konten, menjadwalkan konten, memonitor mentions, membuat laporan analitik yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, serta bisa berkomunikasi dengan tim mengenai postingan yang tertunda.

Ketika ada force majeure, Zoho bisa mem-pause postingan dan me-resume postingan kapanpun diperlukan. Selain menjadi platform social media management tools, Zoho juga menawarkan fitur CRM (Customer Relationship Management). CRM Zoho bermanfaat untuk membantu Anda melacak email, akunting, generate leads dari sosial media, dsb.

zoho social

Nama Platform: Zoho Social

Harga : Paid Plan mulai $10 per bulan (billed per tahun), 30 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Kuat di CRM, membantu sosial media sebagai penghasil lead, basic plan tersedia gratis, antarmuka yang User Friendly.

(6) SocialPilot

Sebagai social media management tools, SocialPilot mendukung beberapa platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Google My Business, dan TikTok. Meski demikian, Forbes menyebut SocialPilot sebagai yang terbaik untuk TikTok.

Kalau Anda ditugasi kantor untuk mengelola beragam jenis akun sosial media, maka SocialPilot mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah sulitnya memonitor sejumlah besar akun dalam satu platform. Bahkan untuk kebutuhan ini, SocialPilot memberikan harga yang terjangkau.

Sebagai gambaran, paket Small Team mereka membolehkan tiga user untuk mem-posting ke 25 akun sosial media dengan biaya berlangganan $42.50 per bulannya (ditagihkan per tahun). Untuk kebutuhan yang sama, HootSuite menagih $129/bulan, dan Sprout Social sebesar $149/bulan.

socialpilot

Nama Platform: SocialPilot

Harga : Paid Plan mulai $25.50 per bulan (billed per tahun), 14 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Fitur banyak dengan harga terjangkau, bisa terintegrasi dengan TikTok, platform sangat intuitif.

(7) Loomly

Loomly menjadi social media management platform yang mudah digunakan dan bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dalam posting konten. Plaform Loomly bisa diintegrasikan dengan beragam jenis platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Pinterest, Google My Business, YouTube, Snapchat, TikTok, Slack, Teams, dan masih banyak lagi lainnya.

Posting konten, menyimpan semua aset konten, tips optimasi konten, ad mockup, workflow team, posting otomatis, ads manager, interaksi dengan audiens, analitik yang kompleks, semua bisa dilakukan dengan Loomly.

loomly

Nama Platform: Loomly

Harga : Paid Plan mulai $26 per bulan, 15 Hari Free Trial tersedia.

Keuntungan: Kalender konten, post overview, notifikasi (email, push, slack, Teams), RSS Feeds, Twitter Trends, Event/holiday posts, social media best practices, custom post ideas, dll.

(8) SEMrush Social Media Management App

SEMrush sejatinya adalah tools SEO, tapi sekarang mereka menambah fitur khusus untuk sosial media. Social Media management app mereka menyediakan fitur social media tracker, social media poster, dan SEO integration.

Mungkin SEMrush masih baru bermain di ranah sosial media sehingga secara fitur mereka masih kalah bila dibandingkan dengan kompetitor. Akan tetapi, SEMrush sangat ahli dalam hal SEO dan tools-tools mereka mampu mengumpulkan data yang sangat banyak dan berharga. Data-data ini bisa diintegrasikan dengan tool sosial media mereka sehingga bisa jadi mereka mampu juga menghasilkan hasil analisis dan rekomendasi yang berharga.

Meski demikian, social media poster SEMrush memudahkan Anda untuk menjadwalkan postingan konten ke beragam platform sosial media yang Anda kelola. Bahkan mereka menyediakan image editor, link shortener, UTM builder, dsb.

semrush

Nama Platform: SEMrush Social Media Toolkit

Harga : Paid Plan mulai $119 per bulan (bersama dengan fitur SEO), Free Trial tersedia.

Keuntungan: Social media poster, social media tracker, analytics, inbox, ads, influencer analytics.

(9) Agora Pulse

Hampir sama seperti lainnya, Agora Pulse adalah all in one tools yang bisa membantu Anda untuk posting dan scheduling konten post ke banyak platform sosial media. Fitur analitik dan reporting juga tersedia untuk memudahkan Anda melacak kinerja postingan sosial media.

Agora Pulse punya fitur unik yaitu membandingkan sosial media Anda dengan kompetitor melalui fitur competitor analysis, fitur ini sebetulnya juga tersedia di SEMrush.

agora pulse

Nama Platform: Agora Pulse

Harga : Paid Plan mulai $99 per bulan, Free Trial tersedia.

Keuntungan: All-in-one social media platform, scheduling posts, respond comments, reporting, competitor analysis, Facebook contest app.

(10) Sendible

Sendible cocok digunakan untuk agensi yang memegang proyek-proyek sosial media milik klien. Jadi, Sendible punya fitur untuk kustomisasi dasbor untuk keperluan menarik klien.

Fitur menarik Sendible adalah integrasi dengan Canva, royalty free image search, dan YouTube search. Sendible juga menyediakan fitur otomasi untuk membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dalam mengerjakan task-task yang repetitif.

sendible

Nama Platform: Sendible

Harga : Paid Plan mulai $29 per bulan, 14 hari Free Trial tersedia.

Keuntungan : Cocok untuk agensi, bisa meng-handle sosial media untuk beberapa klien, integrasi dengan Canva, royalty free image search, YouTube search, dst.

Itu dia 10 social media management tools yang bisa membantu Anda dalam mengelola sosial media. Saat ini social media marketing sudah sangat diperhitungkan keandalannya dalam bisnis. Maka dari itu, penting bagi pebisnis untuk membangun eksistensi di sosial media dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis yang dikelola.

Bagaimana menurut Anda? Apakah penting untuk menggunakan social media management tools untuk mengelola beragam sosial media?

Referensi: The 20 Top Social Media Management Tools for Businesses of All Sizes
Image by creativeart on Freepik

Browse blog by tag

Back To Top