AsiaQuest Indonesia
AsiaQuest Indonesia AsiaQuest Indonesia

Berita / Blog

Rutin membaca 30 menit dalam sehari dapat memperpanjang usia seseorang hingga dua tahun lamanya dan kami ingin menjadi bagian dari proses ini.
Tak hanya hidup lebih lama, membaca artikel eksklusif bertema IT dari kami bisa membuat Anda segera menuai sukses dalam bisnis!

News01 Desember 2022

13 Istilah dan Singkatan dalam Dunia Kerja…

Untuk yang baru pertama kali memasuki dunia kerja, mungkin merasa jet lag dengan istilah-istilah yang dipakai. Istilah seperti TBD, MoM, TBC, TCD, KPI dan masih banyak lagi lainnya, yang kalau tidak dijelaskan lebih dulu oleh leader atau sesama teman kerja pasti membuat pusing juga.

Tapi untunglah saat ini ada Google sehingga kalau Anda pun tak tahu, Anda masih bisa mencarinya di Google.

(1) WFH

WFH adalah singkatan dari Work from Home. Sejak pandemi COVID19 dimulai, istilah Work from Home muncul dan semakin populer. WFH atau kerja dari rumah adalah himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah bagi para pekerja demi menekan laju penyebaran virus COVID.

(2) OT

OT adalah singkatan dari Over Time (sering juga ditulis overtime). Dalam Bahasa Indonesia, overtime adalah lembur. Dulu mungkin orang tua kita masih sering menyebut kerja di luar jam kerja sebagai lembur, tapi anak-anak millennial jaman now, terutama yang kerjanya di kantor, sering menyebut lembur sebagai overtime.

(3) MoM

MoM adalah singkatan dari Minutes of Meeting. MoM adalah suatu catatan yang menuliskan isi rapat. Jadi, ketika mengadakan rapat/meeting akan ada seseorang yang mencatat isi rapat. MoM ini akan dibagikan ke seluruh peserta rapat, bisa lewat email, slack channel, shared folder Google Drive, maupun channel komunikasi lainnya (tergantung mana yang dipakai).

(4) TBC

TBC sama artinya dengan To be Confirmed. Istilah To be Confirmed digunakan untuk menjelaskan ke orang lain bahwa suatu hal masih akan dikonfirmasi lebih lanjut. Jadi, bila teman kerja Anda menuliskan TBC dalam dokumen mereka, artinya hal tersebut masih belum final dan perlu ada konfirmasi lanjutan.

(5) TBD

TBD adalah singkatan dari To be Discussed. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang masih harus didiskusikan selanjutnya. Jika teman kerja Anda menandai sesuatu hal dengan TBD maka artinya hal tersebut masih membutuhkan diskusi lanjutan.

(6) AFK

Kalau teman Anda membuat status AFK dalam Slack mereka, maka artinya teman Anda tersebut sedang jauh dari keyboard (jauh dari laptop/PC) sehingga itu bisa jadi pemberitahuan tidak langsung bahwa mungkin akan ada delay dalam membalas chat yang masuk.

AFK adalah Away from Keyboard. Kompas menyebutkan bahwa istilah AFK awalnya sering dipakai para gamer online untuk menandakan bahwa seseorang tidak bergerak atau ketika keluar dari permainan karena sedang istirahat sejenak atau ke toilet. Lama kelamaan istilah AFK juga dipakai dalam dunia kerja untuk memberi tanda bahwa seseorang sedang rehat sejenak dari laptop/PC.

emoji pack slack
AFK dalam emoji pack Slack

 

(7) PTO

HowStuffWorks menuliskan PTO atau Paid Time Off sebagai istilah untuk merujuk pada cuti yang dibayar. Selain menggunakan istilah PTO, digunakan juga istilah Paid Day Off, atau Paid Leave. Jadi kalau ada teman Anda yang menandai status Slack mereka dengan PTO, maka artinya teman Anda sedang cuti. Sehingga, kalau Anda menanyakan progres kerja atau suatu hal lain, kemungkinan teman Anda tidak akan membalas sampai mereka selesai PTO.

(8) KPI

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator. KPI termasuk istilah yang sudah sangat umum di dunia kerja. Istilah KPI digunakan untuk merujuk pada sebuah nilai target untuk suatu pekerjaan. KPI ini digambarkan dalam angka bukan tulisan, misalnya: KPI: 1000 views untuk produk X di bulan Mei 2022.

(9) BRB

Be Right Back atau biasa disingkat BRB adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang akan off atau meninggalkan percakapan untuk sementara waktu dan dirinya akan kembali lagi. Misalnya Anda sedang dalam forum diskusi di grup chat atau channel slack atau bahkan ketika sedang Google Meet dan ingin ke toilet, mengambil air minum, atau ketika ada perlu meeting dengan tim lain, maka Anda bisa menggunakan istilah BRB.

(10) SOP

Kepanjangan dari SOP adalah Standar Operational Procedure. SOP pastinya sudah bukan kata asing karena kata ini hampir pasti sering dipakai di berbagai kalangan, mulai institusi pendidikan (jadi di sekolah kalian pasti pernah dengar juga kata SOP), di perguruan tinggi, dan masih banyak lagi. Di dunia kerja pun kata SOP sering juga digunakan. SOP berarti standar prosedur kerja yang sifatnya tertulis dan wajib diikuti.

(11) HQ/HO

Singkatan HQ/HO sering digunakan terutama untuk kantor-kantor yang punya banyak cabang. Kalau perusahaan punya banyak cabang maka sudah pasti ia punya kantor pusat atau Head Office (disingkat HO). Lalu untuk perusahaan yang punya kantor pusat di negara lain biasanya sering juga disebut HeadQuarter (HQ, contohnya adalah AsiaQuest Indonesia dengan HQ di AQ Japan, Jepang).

(12) TCD

TCD atau juga Target Completion Date artinya adalah target tanggal penyelesaian suatu pekerjaan. Selain kata TCD, sering juga orang menyebut dengan deadline.

(13) FOMO

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. Katadata menyebutkan bahwa FOMO adalah perasaan ketakutan tertinggal jika tidak ikut aktivitas tertentu. FOMO kemudian berkembang penggunaannya dan diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai perasaan cemas atau ketakutan akan kehilangan tren atau berita. Biasanya ini melingkupi kehidupan anak muda sekarang terutama gen Z yang dikenal selalu ingin up to date.

Itu dia 13 istilah dan singkatan yang akan sering kita dengar dalam dunia kerja sekarang ini. Kalau Anda bekerja di industri digital, sebagian besar istilah di atas mungkin akan sering Anda dengar. Apakah Anda berminat untuk bekerja di dunia IT? Kunjungi laman karier AsiaQuest Indonesia untuk apply lowongan kerja bidang IT seperti front-end developer dan back-end developer.

Referensi: 30+ Istilah Terbaru Dalam Dunia Kerja Beserta Artinya – Blog Mamikos

Image: Tangkapan layar Google

Semua Artikel
News 29 November 2022
9 PHK Massal Perusahaan Teknologi Terbesar 2022, Beneran Resesi?

Kabar tak menyenangkan datang dari perusahaan teknologi raksasa. Bersamaan dengan mencuatnya isu resesi 2023, banyak…

News 24 November 2022
7 Fakta Googlebot Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

Apakah Anda pernah mendengar tentang Googlebot? Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas tuntas 7…

News 16 November 2022
Strategi Lead Generation dan Manfaatnya untuk Bisnis

Strategi lead generation termasuk ke dalam salah satu strategi digital marketing. Kalau Anda menjalankan bisnis…

News 15 November 2022
Apa Itu Dofollow link?

Dalam SEO, kita mengenal pula istilah dofollow link. Dofollow link adalah semua jenis link yang…

News 08 November 2022
Apa Itu Kerja Hybrid, Sistem, dan Contoh Pekerjaan

Lowongan kerja hybrid memang tengah diburu para pencari kerja. Banyak karyawan yang telanjur betah ngantor…

News 07 November 2022
Apa Itu Google Autocomplete dan Cara Kerjanya, Sudah Mirip Dukun!

Google Autocomplete adalah fitur bawaan Google Search yang akan membantu Anda melengkapi kata kunci pencarian…

News 07 November 2022
Definisi Long Tail Keyword, Ciri, dan Contohnya

Definisi long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri lebih dari tiga kata yang sangat…

News 04 November 2022
SEO Agensi atau In-House SEO Team, Manakah yang Paling Baik…

Jika ingin sukses berbisnis di era sekarang ini maka Anda harus mengikuti tren. Di sisi…

News 02 November 2022
Membangun In-House SEO Team

In-House SEO Team adalah ketika Anda mempunyai tim di dalam internal organisasi/perusahaan yang tugasnya khusus…

News 27 Oktober 2022
Pengertian Otoritas Domain dalam SEO

Otoritas Domain adalah sebuah metriks yang digunakan untuk memperhitungkan seberapa besar kemungkinan sebuah domain akan…

Tags
Load More

Back To Top