AsiaQuest Indonesia
AsiaQuest Indonesia AsiaQuest Indonesia

Berita / Blog

Rutin membaca 30 menit dalam sehari dapat memperpanjang usia seseorang hingga dua tahun lamanya dan kami ingin menjadi bagian dari proses ini.
Tak hanya hidup lebih lama, membaca artikel eksklusif bertema IT dari kami bisa membuat Anda segera menuai sukses dalam bisnis!

News01 Juli 2022

7 Rekomendasi Aplikasi Cek Bahasa Inggris Online

Sudah jago menulis bahasa Inggris bukanlah jaminan kalau tulisan Anda 100% terbebas dari typo ataupun grammar error. Untuk mengantisipasi keteledoran yang tidak diharapkan ini, aplikasi cek bahasa Inggris online pun sering dijadikan pilihan. Aplikasi-aplikasi canggih ini akan menjadi personal editor yang siap menyempurnakan tulisan Anda. 

Apa saja pilihannya? Cek daftarnya di bawah ini agar tulisan Anda tidak dikritik lagi. 

 

(7) Writer Grammer Checker

Anda dapat menggunakan Write Grammar Checker sebagai pertimbangan kedua. Satu hal yang membuat situs ini tidak kalah pamor dari situs lainnya adalah sistem berbasis AI-nya tidak sebatas mendeteksi kesalahan tulisan. 

Namun, sistem juga akan memberikan penjelasan atau keterangan mengapa kata atau kalimat dinilai kurang tepat oleh sistem. Dengan adanya penjelasan ini, Anda dapat belajar dari kesalahan dan tentu saja tidak akan mengulangi kesalahan yang sama berulang kali. 

Untuk situs yang dapat diakses gratis dan tetap memiliki fitur sebagus ini, Writer Grammar Checker sangat worth it untuk dipakai. 

Situs ini sangat cocok untuk Anda yang sudah expert, tetapi butuh bantuan untuk last check tulisan tanpa harus memasang ekstensi ataupun sign up terlebih dahulu.  

Official Website Writer Grammar Checker

 

(6) Language Tool 

Apakah Anda sedang mempelajar beberapa bahasa Inggris dan Jerman sekaligus? Anda tidak perlu susah-susah mencari banyak aplikasi. Anda dapat menggunakan Language Tool yang tidak sebatas mengoreksi tulisan bahasa Inggris, tetapi juga bahasa Jerman.  

Meskipun sesekali ada kesalahan yang “terlewat” dari sistem, Language Tool tetap worth it untuk dipakai, kok. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda dengan menawarkan banyak fitur bahasa tanpa harus membuka banyak aplikasi. 

Official website Language Tool

 

(5) Ginger Grammar Checker

Tidak semua aplikasi cek bahasa Inggris online dapat mengoreksi suatu tulisan berdasarkan konteksnya. Akan tetapi, fitur ini dimiliki oleh Ginger Grammer! Alhasil, hasil akhir tulisan Anda akan lebih mendekati dengan tulisan penutur asli bahasa Inggris karena konteksnya sudah disesuaikan. 

Fiturnya tidak sebatas itu saja. Apabila mau merogoh kocek sekita $8 per bulan, Anda bahkan dapat mengakses fitur terjemahan yang hasilnya akurat dan cepat. 

Official website Ginger

 

(4) Scribens

Anda dapat mengakses banyak fitur berbayar hanya dengan memilih paket gratis Scribens, lho. Dengan begitu, Scribens bisa dikatakan sebagai aplikasi cek bahasa Inggris gratis paling loyal di jagat internet. 

Situs ini akan membantu Anda untuk mengecek hingga 3500 kata atau sekitar satu artikel featured berbahasa Inggris Anda. Nantinya sistem akan mengecek grammar dan punctuation tulisan secara mendetail. 

Apabila Anda meng-hover pada bagian highlight, Anda dapat melihat penjelasan dan rekomendasi dari Scribens.Yup, semua fitur ini dapat Anda akses secara gratis! 

Official website Scribens

 

(3) Hemingway Editor 

Sebelum jauh-jauh bermimpi menjadi seorang sastrawan fenomenal seperti Hemingway, setidaknya tulisan Anda harus secara aktif membuat pembaca tetap engage dengan tulisan Anda. 

Meskipun Hemingway Editor bukanlah aplikasi grammar checker, aplikasi ini dapat membantu Anda menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Situs ini akan mengajarkan bagaimana menjadi seorang penulis sekaligus storyteller yang sesungguhnya.  

Sesuai dengan tagline-nya, Hemingway Editor dapat membantu Anda menulis bahasa Inggris secara lugas dan jelas. Bagaimana cara kerjanya? Aplikasi akan memberikan lima warna highlight, yaitu kuning, merah, ungu, biru, dan hijau. 

Setiap warna ini memiliki arti sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya. 

  • Kuning: Kalimat kompleks, terlalu panjang, dan kesalahan umum.
  • Merah: Kalimat yang sulit dipahami pembaca.
  • Ungu: Kata yang terlalu panjang.
  • Biru: Kata keterangan dan frasa yang kurang lugas. Anda dapat menghapus atau menggantinya dengan forceful verb
  • Hijau: Menunjukkan passive voice

Dengan adanya fitur highlight sedetail ini, menulis sebaik Hemingway pun tak lagi mustahil. Situs ini sangat cocok untuk Anda yang bergulat dengan bahasa Inggris di ranah profesional, terlebih lagi untuk editor ataupun penulis. 

Official website Hemingway Editor 

 

(2) Grammarly

Inilah aplikasi cek bahasa Inggris online yang digunakan sejuta umat. Aplikasi asal Amerika ini tersedia dalam beberapa layanan, yaitu extension chrome, website, sampai word. Semuanya dapat diakses baik dari paket gratis maupun berbayar. Perbedaannya terletak pada fitur yang dapat diakses pengguna. 

Kalau tidak ingin memasang extension, Anda dapat mengakses versi website-nya. Anda cukup meng-copy paste tulisan ke website Grammarly dan sistem akan memberikan suggestion, berupa spelling, grammar, dan punctuation

Kalau ingin yang lebih praktis, Anda dapat memasang extension di Chrome. Nantinya Grammarly akan membantu mengecek tulisan Anda secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat mengetik sekaligus belajar tata bahasa Inggris. 

Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda cukup menggunakan paket gratis. Namun, kalau ingin menggunakannya di ranah profesional, pertimbangkan untuk memakai paket berbayar. 

Official website Grammarly

 

(1) Prowritingaid

Apakah Anda mencari aplikasi cek bahasa Inggris untuk kebutuhan jangka panjang seperti mengasah kemampuan menulis bahasa Inggris untuk pekerjaan? Anda mungkin dapat mempertimbangkan Prowritingaid. 

Situs ini cocok untuk Anda yang sedang berlatih menulis bahasa Inggris secara infensif. Kalau tidak, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pelajar yang tengah berjibaku dengan laporan berbahasa Inggris. 

Pasalnya, situs ini akan memeriksa tulisan Anda dengan sangat mendetail, khususnya untuk paket berbayar. Nantinya ada lebih dari 20 jenis laporan untuk mengecek kualitas tulisan. Apabila Anda sedang menulis blog ataupun berita berbahasa Inggris, Prowritingaid adalah cara teraman untuk melahirkan artikel yang error-free semaksimal mungkin! 

Official website Prowritingaid

Dengan bantuan aplikasi cek bahasa Inggris online di atas, Anda dapat menulis artikel bahasa Inggris yang diinginkan. Bukan asal tulisan, tetapi tulisan yang jelas, akurat, dan mendekati level penutur bahasa Inggris asli! 

 

Sumber: Justpublishingadvice.com

Photo by Katelyn

 

 

Semua Artikel
News 01 Juli 2022
6 Fitur TikTok untuk Bisnis Terbaik

Berkat TikTok, merancang campaign bisnis bisa semenarik ini! Mungkin, inilah ungkapan paling tepat untuk menggambarkan…

News 30 Juni 2022
Bagaimana Cara Menyimpan Stories Instagram?

Ketika tengah melihat Stories orang lain, Anda tertarik dengan isi konten dan ingin menyimpannya. Dengan…

News 29 Juni 2022
Cara Menghapus Semua Postingan di Twitter dengan TweetDelete

Setelah memasuki dunia profesional, pasti ada jejak digital yang ingin Anda hapus untuk selama-lamanya. Salah…

News 29 Juni 2022
Cara Menyembunyikan Riwayat Pertandingan Mobile Legends Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang menghadirkan fitur baru yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemarnya yaitu Hide…

News 28 Juni 2022
Cara Menghilangkan Background Foto Online Mudah

Apakah Anda tengah mencari cara untuk menghilangkan background foto? Sebenarnya Anda tidak perlu memiliki skill…

News 28 Juni 2022
8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Pemula

Kini ilmu arsitektur tak lagi eksklusif untuk anak teknik arsitektur dan desain semata. Dengan banyaknya…

News 21 Juni 2022
Jasa Pembuatan Aplikasi di Semarang

Sebagai salah satu kawasan industri di Indonesia, Semarang memiliki iklim kondusif untuk merintis startup. Pada…

News 21 Juni 2022
6 Platform Pengembang Aplikasi tanpa Coding!

Demam drakor Start Up membuat sebagian orang terinspirasi untuk membangun aplikasi mereka sendiri. Namun, masalahnya…

News 17 Juni 2022
6 Tahapan dalam Analisis Data

Sebelumnya kami telah mengulas mengenai 6 tahap dalam siklus hidup data, saatnya kita beranjak ke…

News 16 Juni 2022
6 Tahap dalam Siklus Hidup Data

Segala sesuatu yang ada di alam semesta memiliki siklus hidup. Data pun begitu, ia memiliki…

Tags
Load More

Back To Top