sharpnel_content
OKIPPA dan PopBox, Contactless Delivery yang Makin Diminati!

13 Jul 2020


OKIPPA dan PopBox, Contactless Delivery yang Makin Diminati!

Share

Saat banyak orang yang menghabiskan waktunya #dirumahaja 「お家時間」(ouchijikan) karena pandemi COVID-19, sistem pengantaran barang yang contactless dengan OKIPPA menjadi hal yang normal di Jepang. E-commerce kenamaan Jepang, seperti Amazon, Rakuten, UNIQLO, dan ZOZOTOWN pun menawarkan metode pengantaran paket yang contactless. Menanggapi hal ini, DX Navigator pun membuat ulasan spesial tentang pengantaran barang OKIPPA.    

OKIPPA merupakan sebuah tas dengan bentuk persegi yang memiliki dimensi 13 cm atau sama dengan ukuran dua smartphone yang dijadikan satu. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, Anda cukup menggantungkan tas mini di handel pintu rumah. Jika Anda memilih sistem pengiriman OKIPPA saat berbelanja online, kurir akan memasukkan paket ke dalam OKIPPA. Lalu, kurir akan mengunci tas tersebut dan mengirim notifikasi pengiriman telah selesai ke konsumen. Konsumen dapat mengecek status pengiriman melalui aplikasi OKIPPA yang sudah di-instal di smartphone

Menarik dicatat, OKIPPA sendiri sudah dijual di situs resmi perusahaan dengan harga 3980 yen sejak September 2018. Menurut data dari Yper Inc, produk ini sudah dipakai oleh 130 ribu keluarga secara nasional. Sejak tahun 2019, Yper Inc juga sudah terlibat dalam program “OKIPPA Examination Committee yang disponsori oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) dan kerja sama dengan Rakuten pun diwujudkan melalui pertukaran pendapat di asosiasi*4。
https://dx-navigator.com/2020/06/11/okippa-cooperate-rakuten-express/

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? E-commerce juga berkembang pesat beberapa tahun terakhir dan mampu membuat kehidupan masyarakat lebih mudah dan nyaman. Jika kita kembali ke belakang, beberapa tahun yang lalu sangat sulit untuk mencari makanan Jepang. Namun, kini makanan Jepang akan tersedia dalam beberapa hari saja dengan membeli di e-commerce. E-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia adalah perusahaan unicorn yang didanai oleh Alibaba dari Tiongkok dan Softbank dari Jepang. 

Dengan adanya kemungkinan pencurian dan lainnya, sistem pengiriman barang yang contactless tentu saja tidak mudah di Indonesia. Meskipun demikian, sudah ada perusahaan lokal yang menyediakan loker barang seperti PUDO yang disediakan oleh Yamato Transport di Jepang. Salah satunya yaitu PopBox yang diluncurkan pada tahun 2015 silam. 

Smart locker yang disediakan oleh PopBox dapat digunakan untuk beberapa hal berikut ini;

  1. Menerima barang/paket
  2. Mengirim produk/paket
  3. Coin locker 

Untuk informasi selengkapnya, silakan cek di Popbox.asia

Nantinya, Anda dapat memilih PopBox sebagai destinasi pengiriman melalui aplikasi dan menyimpan paket di dalam locker. Saat ini sudah ada 220 loker yang tersebar di empat belas kota di Indonesia. Gaya hidup baru new normal tengah menjadi kata kunci di Indonesia selama pandemi COVID-19. Lantas, bagaimanakah bisnis logistik akan berubah pada era new normal

Browse blog by tag

Back To Top