sharpnel_content
Wanita Wajib Tahu: Aplikasi Mobile Pelacak Siklus Menstruasi

Blog 16 Nov 2020


Wanita Wajib Tahu: Aplikasi Mobile Pelacak Siklus Menstruasi

Share

Bagi wanita, mencatat siklus menstruasi bisa memberikan banyak manfaat, misalnya untuk mengetahui masa subur. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi suatu pertanda masalah kesehatan. Dengan mencatat siklus menstruasi tiap bulan, akan membantu dokter dalam memberikan diagnosa manakala terjadi masalah kesehatan.

Mengetahui kapan Anda akan haid, Anda bisa merencanakan kegiatan-kegiatan dengan lebih baik, misalnya waktu untuk berlibur, beribadah haji atau umrah, merencanakan kehamilan, dsb.

Zaman dahulu para wanita mungkin menandai siklus mereka di kalender atau buku catatan, akan tetapi cara tersebut saat ini sudah ketinggalan jaman. Nah, para wanita sekarang ini bisa mencatat siklus menstruasi mereka melalui aplikasi mobile pelacak siklus menstruasi.

Untuk itu, kami telah merangkum beberapa aplikasi mobile yang khusus untuk melacak siklus menstruasi. Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini:

1. Flo

Didaftar pertama, kami menaruh Flo, sebuah aplikasi pelacak siklus menstruasi secara digital. Saat pertama menggunakannya, Anda perlu memasukkan beberapa data seperti nama, usia, dsb. Selama periode menstruasi, Anda dapat menandai di kalender yang ada di Flo.

Semakin sering Anda mencatat periode haid di aplikasi, maka mesin Flo akan otomatis menghitung berapa lama siklus Anda. Ketika mesin sudah tahu berapa lama siklus Anda, mesin akan dengan mudah memprediksi kapan haid Anda selanjutnya, dan kapan akan berakhir.

Selain mencatat siklus haid, Flo juga bisa memprediksi kapan masa subur, kapan terjadi ovulasi, dan kapan tidak subur. Ia juga memberikan keterangan seperti high chance of getting pregnant dan low chance of getting pregnant.

Di Flo, Anda juga bisa mencatat gejala-gejala yang terjadi selama haid, misalnya, mual, kembung, muntah, sakit punggung, pusing, dan sebagainya. Ketika memasukkan gejala-gejala tersebut, mesin akan mengolah data tersebut kemudian memberikan rekomendasi artikel yang relevan dengan gejala-gejala yang Anda masukkan.

2. Hawa

Hawa merupakan aplikasi pelacak siklus menstruasi yang dikembangkan oleh pengembang android lokal Indonesia, yaitu KongKo Digital. Sama seperti Flo, aplikasi Hawa juga memungkinkan para wanita untuk mengetahui siklus haid, kapan haid selanjutnya, lama haid, kapan masa subur, dan kapan tidak subur.

Oleh karena dikembangkan oleh startup lokal Indonesia, Hawa tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipahami. Lain dengan Flo yang hanya hadir dalam Bahasa Inggris. 

Hawa juga menyediakan artikel-artikel seputar kesehatan, kewanitaan, pernikahan, kehamilan, hingga soal anak. Bisa juga kalau ingin mengobrol dengan sesama perempuan lain di kolom community.

3. My Calendar

My Calendar adalah aplikasi pelacak siklus menstruasi yang dikembangkan oleh SimpleInnovation. Di MyCalendar, pengguna bisa melacak masa haid, siklus, ovulasi, dan masa subur. Dengan demikian, MyCalendar bisa membantu para wanita dalam merencanakan kehamilan, kontrasepsi, dsb,

Pengguna juga bisa memasukkan gejala-gejala yang terjadi selama masa haid, seperti haid tidak teratur, suhu tubuh, mood, aliran darah, dsb.

Informasi yang Anda masukkan ke aplikasi bisa dilindungi dengan password, sehingga informasi Anda tetap aman. Selain itu, jangan takut data hilang karena bisa di-back up dengan mudah.

Sebetulnya masih banyak aplikasi pelacak siklus menstruasi lainnya, tapi kami rasa 3 aplikasi tersebut sudah sangat mewakili dan sudah sangat lengkap. Anda bisa memilih salah satu, atau justru menginstall dan menggunakan ketiganya sekaligus sebagai perbandingan.

Melalui aplikasi tersebut, sekarang wanita tidak perlu kesulitan mencatat siklus mereka. Selain itu, melalui artikel-artikel yang direkomendasikan, wanita bisa memperoleh informasi penting seputar kesehatan reproduksi.

Referensi:

Tirto.id
Heart photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top