sharpnel_content
Tips Work from Home dengan Kintone

Blog 05 Jun 2020


Tips Work from Home dengan Kintone

Share

Percaya atau tidak, kebijakan work from home (WFH) menyisakan dilema tersendiri bagi para pemangku kepentingan perusahaan. Jika selama ini semua proses perkantoran diawasi secara langsung, Anda diajak untuk memutar otak agar bisnis tetap berjalan normal meski roda bisnis berpindah dari rumah ke rumah. Namun, pada saat inilah Kintone mampu dimanfaatkan secara maksimal. Kami akan berbagi tips work from home dengan Kintone sehingga karyawan dapat bekerja secara produktif, mudah, dan efisien. 

Apa Saja Tips Work from Home dengan Kintone?

Sebelum berbicara tentang tips WFH, kira-kira apa sajakah kendala yang mungkin muncul saat Anda bekerja di rumah? Dengan mengetahui kendala yang ada, Anda dapat mencari solusi terbaik untuk setiap kendala tersebut. Permasalahan yang mungkin muncul selama WFH yaitu kesulitan mengawasi jalannya proyek, workflow yang kurang efektif, keterbatasan komunikasi, dan kesulitan pengurusan dokumen. Untungnya, keempat masalah ini dapat diselesaikan dengan Kintone. 

Untuk lebih detailnya, berikut ini tips WFH mudah dan efisien dengan Kintone!

1. Manfaatkan fitur Kintone untuk komunikasi yang praktis dan efektif

Komunikasi menjadi tantangan terbesar dari keberhasilan suatu proyek. Komunikasi tatap muka saja sering memicu kesalahpahaman, lalu bagaimana jadinya kalau harus komunikasi via online? Masalah ini dapat diminimalisasi dengan memakai Kintone yang menawarkan media komunikasi individu maupun tim. 

Berikut ini tiga cara komunikasi di Kintone yang bisa diterapkan di perusahaan Anda. 

a. Komunikasi di detail record

Anda bisa meninggalkan pesan atau komentar pada detail record, misalnya saat Anda memberikan komentar pada daily report karyawan. 

b. Komunikasi di thread

Pada dasarnya, konsep komunikasi ini menyerupai sebuah forum. Jika terdapat user yang membuat sebuah thread, Anda dan karyawan lain dapat meninggalkan komentar di thread tersebut. 

c. Komunikasi direct message 

Selain kedua cara di atas, Anda bisa melakukan komunikasi dengan direct message. Caranya, Anda hanya perlu mengklik akun user, lalu mem-posting komentar di beranda. 

 

2. Gunakan database yang bisa diakses realtime oleh semua karyawan

 

Pekerjaan terasa kurang efisien saat Anda harus mengirimkan data atau dokumen pekerjaan secara konvensional dari satu individu ke individu yang lain. Belum lagi, jika dokumen tersebut di-update berkali-kali, pasti jadi terasa merepotkan, bukan? Hal seperti ini kurang efisien dan bisa memengaruhi perkembangan proyek. 

Kini, Anda bisa beralih pada proses bisnis yang serba digital dengan Kintone. Manfaatkan fitur database Kintone secara maksimal. Semua data cukup disimpan di database Kintone dan seluruh karyawan atau anggota tim dapat mengunduhnya secara realtime dan di luar kantor sekali pun. Anda dapat mengaksesnya dari laptop saat di rumah atau pun smartphone dan tablet saat di luar. Kalau mau, Anda pun bisa mengecek hasil meeting dari luar.

Dengan database yang terpusat, Anda tidak akan membuang-buang waktu saat harus membagikan berbagai dokumen pada rekan kerja. Belum lagi, jika Anda mengalami kendala susah sinyal, mati lampu, dan lain-lain di rumah. Anda bisa memangkas banyak proses dengan adanya database ini. Semua data atau dokumen yang diunggah ke database memiliki modification logs sehingga Anda dapat mengetahui sejarah update suatu dokumen atau data. 

 

3. Gunakan fungsi workflow untuk work process management dan approval request

 

Meski sedang WFH, Anda tidak perlu datang langsung dan menyodorkan proposal pengajuan karena semua dapat dilakukan secara digital. Anda tetap bisa melakukan approval request kepada atasan melalui Kintone. Fungsi workflow Kintone ini punya segudang keunggulan.

Tak sebatas digital, Anda pun bisa melihat status pengajuan sampai proses persetujuan dari atasan melalui Kintone. Dengan begini, process management dan approval request lebih terstruktur dan dapat diawasi dengan baik oleh semua pihak. 

Nah, ini dia beberapa tips agar Anda dapat bekerja lebih mudah dan efisien selama work from home. Untuk mengetahui detail free trial dan pembelian Kintone, silahkan cek di AQI Service. Selain itu, baca juga “Fungsi Terbaik Kintone untuk Meningkatkan Produktivitas“. 

Browse blog by tag

Back To Top