sharpnel_content
Tips Meningkatkan Omset Bisnis dengan Teknologi Digital

Blog 03 Jun 2021


Tips Meningkatkan Omset Bisnis dengan Teknologi Digital

Share

Pandemi COVID19 memang membuat sebagian besar bisnis tersendat, akan tetapi itu bukan alasan bagi pebisnis untuk berhenti. Di masa sulit seperti sekarang ini, justru dibutuhkan inovasi cemerlang dari para pebisnis agar mampu bertahan dan terus bertumbuh.

Omset bisnis yang turun drastis selama pandemi COVID19 memang menjadi pukulan telak bagi para pebisnis. Untuk mengatasi turunnya omset bisnis, sudah saatnya para pebisnis untuk beradaptasi dengan teknologi digital yang semakin canggih.

Teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak omset bisnis ada banyak, misalnya saja website, aplikasi mobile, sosial media, dan marketplace (ecommerce). Bila pebisnis bisa memanfaatkan channel-channel teknologi tersebut, bukan tidak mungkin bisnis akan kembali naik.

Bitlabs Academy, seperti tertera dalam suara.com, telah merangkum sedikitnya 4 tips untuk meningkatkan omset bisnis online terutama untuk para pebisnis UMKM. Simak penjelasan detailnya di bawah ini:

 

(1) Riset Tren Produk

Sebelum memulai segalanya, sebagai pebisnis anda harus tahu apakah produk yang ingin anda jual akan laku atau tidak. Sebaiknya anda memulai penelitian untuk mengetahui produk-produk yang dicari banyak orang. Akan sia-sia bila anda meluncurkan produk yang ternyata tidak ada pasarnya alias tidak akan laku.

Produk yang tepat dengan perencanaan harga jual yang sesuai akan memberikan anda keuntungan melimpah tanpa takut rugi akan biaya promosi.

 

(2) Manfaatkan Channel Marketplace

Setelah yakin bahwa produk yang akan anda jual adalah produk yang permintaannya tinggi di pasar, maka sekarang saatnya anda memaksimalkan tempat jualan. Tempat jualan secara online saat ini banyak tersedia, salah satunya dan yang paling mudah adalah dengan membuka toko online di marketplace.

Apa saja marketplace yang tersedia? Anda bisa memilih Tokopedia, Shopee, JDID, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa membuka toko online di lebih dari satu marketplace untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Ketika menjual produk di marketplace, maksimalkan usaha anda yaitu dengan memberikan foto-foto produk yang terbaik dan kredibel, deskripsi yang jelas dan lugas, serta promosi yang menarik.

 

(3) Gunakan Sosial Media untuk Promosi

Sosial media sudah lumrah digunakan untuk berbagai hal, mulai dari menyuarakan opini, berdiskusi dengan teman grup, mempromosikan produk, atau bahkan untuk berjualan langsung. 

Apa saja sosial media yang ramai pengguna saat ini? Saat ini sosial media seperti Facebook, Instagram, dan twitter adalah yang paling ramai penggunanya sehingga anda bisa berpromosi di sana. Kalau produk anda dipromosikan di sosial media, maka pengguna sosial media akan mudah untuk menjangkau produk tersebut.

 

(4) Buat Website

Membuat website bisa menunjang kesuksesan bisnis anda. Produk yang anda jual haruslah mudah ditemukan di internet dan usahakan agar informasi produknya lengkap. Untuk itu, membuat website adalah sebuah hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Buat website produk semenarik mungkin, taruhlah deskripsi produk dengan detail dan informatif. Jangan lupa memasang foto-foto produk yang berkualitas, anda bahkan bisa menambahkan video agar pengunjung semakin yakin dan tertarik untuk membeli.

Agar website anda bisa dengan mudah ditemukan di halaman pertama Google, maka anda harus mempraktekkan SEO. SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah-langkah untuk mengoptimasi website agar dirank oleh Google dan dengan sendirinya menghasilkan trafik dan engagement yang memuaskan. Jika trafik dan engagement bagus, maka akan memperbesar peluang bagi omset bisnis untuk meningkat pula.

Anda bisa menyewa jasa SEO dari perusahaan terpercaya untuk menaikkan trafik dan engagement website. Terkadang, perusahaan konsultan IT yang membuat website juga menawarkan jasa SEO dalam paket penjualan, lho! Lihat juga review khusus kami mengenai Manfaat Jasa SEO untuk Bisnis.

AsiaQuest Indonesia misalnya, yang selain menawarkan jasa pembuatan website, web sistem, pengembangan software, dan aplikasi mobile, mereka juga menawarkan jasa SEO dan digital marketing. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi detil layanan yang ditawarkan!.

Referensi: www.suara.com
Photo by Frank Busch on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top