sharpnel_content
Sulit Atur Keuangan? Coba Aplikasi Pengelola Keuangan Berikut Ini

Blog 11 Nov 2020


Sulit Atur Keuangan? Coba Aplikasi Pengelola Keuangan Berikut Ini

Share

Mengatur keuangan termasuk gampang-gampang susah, padahal sangat penting. Mengatur keuangan bukan hanya kegiatan para orangtua, ia adalah kegiatan semua orang, baik tua maupun muda. Tanpa pengaturan keuangan yang baik, kita mungkin akan kaget manakala gaji yang diterima selalu habis tak bersisa.

Jaman dahulu mungkin ada sebuah buku dengan cetakan khusus yang dipakai untuk mencatat arus keluar masuk uang. Sekarang jaman sudah berganti, buku catatan keuangan sudah sedikit ditemukan karena digantikan dengan aplikasi pengatur keuangan digital.

Alih-alih membawa buku catatan keuangan kemana-mana, bagaimana kalau menginstall aplikasi pengatur keuangan saja? Aplikasi pengatur keuangan saat ini sudah banyak tersedia di PlayStore maupun AppStore dan bisa diunduh secara gratis.

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa membantu Anda untuk lebih bijak dalam mengatur pengeluaran sehari-hari.

1. Money Lover

Money Lover merupakan aplikasi pencatat arus pengeluaran dan pemasukan. Ketika Anda memasukkan pemasukan uang atau pembelanjaan, sistem akan mengkalkukasi saldo uang yang Anda miliki secara otomatis.

Anda bisa membuat beberapa akun misalnya rekening, tunai, atau kartu kredit. Tampilan antarmuka Money Lover terbilang sangat menarik, untuk penggunaan pun sangat mudah. Anda bisa mencatat pembelanjaan Anda setiap harinya dengan Money Lover, dan lihat seberapa sehat keuangan Anda.

Tersedia beberapa fitur premium dengan akses berbayar serta bebas iklan. Tapi bila cukup dengan mencatat arus keluar masuk uang, bisa dengan aplikasi versi gratisnya tapi mengandung iklan.

2. Monefy

Monefy merupakan aplikasi pengelola anggaran (budget manager) dan pelacak arus keuangan (expense tracker). Monefy dikembangkan oleh Aimbity AS sebuah perusahaan pengembang aplikasi android yang berpusat di Oslo, Norway. 

Tampilan antarmuka Monefy terbilang menarik dan interaktif. Ketika masuk halaman dashboard, Anda langsung disuguhi beberapa ikon yang menggambarkan kategori transaksi, misalnya groseri, makanan, minuman, fesyen, telepon, kendaraan, dsb. 

 

Tampilan antarmuka Monefy yang demikian membuat user bisa mengakses menu yang dibutuhkan dengan cepat.

3. Realbyte

Realbyte Money Manager Expense & Budget merupakan aplikasi perencana keuangan, pelacak pengeluaran, serta pengelola aset pribadi. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mencatat keuangan setiap harinya.

Kondisi keuangan bisa direview dalam tampilan harian, mingguan, dan bulanan. Anda bisa menyimpan catatan aset Anda, misalnya uang tunai, rekening, kartu kredit, kartu debit, dsb. Kerennya, Anda bisa mengatur pendebitan otomatis dengan menghubungkan kartu debit dengan akun Monefy.

4. Wallet

Wallet: Personal Finance & Expense Tracker merupakan aplikasi pelacak pengeluaran dan finansial pribadi. Wallet termasuk aplikasi pengatur keuangan yang lengkap. Ia bisa disinkronkan dengan akun bank untuk mendapatkan manfaat lebih, yaitu transaksi yang otomatis bisa tercatat secara otomatis di aplikasi Wallet manakala ada transaksi perbankan yang Anda lakukan.

Anda bisa mengatur anggaran setiap bulannya, mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari, perencanaan tabungan, dsb. Selain itu Anda bisa melihat kondisi kesehatan keuangan Anda melalui grafik dan chart yang menarik. Laporan bisa diekspor ke CSV atau Excel.

Itu dia empat aplikasi pengelola keuangan secara digital yang siap membantu Anda menjadi pribadi yang lebih bijak. Seperti yang kami sebutkan di atas, sekarang ini pengelolaan keuangan milik siapa saja. Bahkan anak muda yang rentan menghambur-hamburkan uang sangat dianjurkan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. 

Nah, terbukti kan digital bisa membantu hidupmu lebih baik. Ingin tahu lebih banyak tentang  dunia digital? Kirim email ke [email protected] untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan kami.

Referensi:

koinworks.com

Photo by Background photo created by yanalya – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top