sharpnel_content
Smart Forest Guardian Berbasis AI untuk Melindungi Hutan Indonesia

Blog 04 Jan 2021


Smart Forest Guardian Berbasis AI untuk Melindungi Hutan Indonesia

AI
Share

Hutan di Indonesia merupakan hutan tropis yang menjadi paru-paru dunia. Hutan di Indonesia sangat luas sehingga ia menduduki ranking ketiga di dunia sebagai hutan tropis terluas di dunia. Begitu luasnya sampai Forest Watch Indonesia mengungkap bahwa 82% daratan Indonesia masih tertutup hutan.

Prestasi ini patut kita jaga dengan baik. Pemerintah Indonesia sudah sepatutnya mengerahkan segenap tenaga untuk melindungi kawasan hutan Indonesia. Akan tetapi, bagaimana melindungi kawasan hutan yang sebegitu luasnya dari ancaman penebang liar?

Smart Forest Guardian: Teknologi Pendeteksi Suara Berbasis AI

Sebuah teknologi digital berbasis AI pun diciptakan khusus untuk melindungi hutan Indonesia. Teknologi bernama Smart Forest Guardian ini menjadi pilot project Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan akan ditempatkan di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Smart Forest Guardian merupakan alat pendeteksi suara yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Dalam penerapannya, teknologi tersebut akan secara otomatis mendeteksi suara gergaji, suara tembakan, dan berbagai aktivitas mencurigakan lainnya. 

Yang lebih keren, teknologi ini mampu membedakan suara satwa yang ada di kawasan konservasi. Dengan begini, selain melindungi hutan, teknologi ini juga bisa melindungi satwa yang hidup di dalam kawasan hutan.

Smart Forest Guardian: Kerjasama Rainforest Connection dengan Huawei

Penerapan teknologi Smart Forest Guardian di TNBB akan menjadi kerjasama antara Kementerian LHK dengan NGO (Non Government Organization) Rainforest Connection. Rainforest Connection bekerjasama dengan perusahaan teknologi Huawei dalam membangun teknologi pendeteksi suara berbasis AI tersebut.

Kepala Balai TNBB Agus Ngurah Krisna Kepakisan membenarkan rencana penerapan teknologi Smart Forest Guardian tersebut. Ia mengatakan kalau saat ini rencana tersebut sudah berada di tahap MoU di kementerian.

Menurut Ngurah Krisna, teknologi Smart Forest Guardian ini telah diterapkan di berbagai hutan tropis di dunia seperti di Kosta Rika Filipina, dan beberapa negara lain. TNBB sebagai lokasi pertama ujicoba teknologi Smart Forest Guardian di Indonesia menyambut baik rencana tersebut.

 

Terlebih lagi, TNBB memiliki satwa endemik yaitu Jalak Bali. Teknologi Smart Forest Guardian akan sangat membantu pihak pengelola TNBB untuk mendata aktivitas satwa endemik Jalak Bali dan satwa lainnya.

Sumber:

Photo by Rifqi Ali Ridho on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top