sharpnel_content
Pentingnya Email marketing untuk Bisnis

Blog 29 Jan 2021


Pentingnya Email marketing untuk Bisnis

Share

Email marketing merupakan salah satu strategi dalam internet marketing yang mempunyai kekuatan besar untuk meningkatkan sales. Email marketing memiliki interaksi langsung antara penjual dengan calon pembeli sehingga ia perlu dikemas sedemikian rupa agar menarik dan mampu mendorong sales.

Potensi Email Marketing

Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan email, lebih tepatnya sekitar 2,5 miliar orang di seluruh dunia (Penelitian Radicati Group). Jumlah tersebut, diperkirakan masih akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Melihat jumlah pengguna yang begitu besar, bayangkan potensi email marketing akan jadi sebesar apa. Orang-orang di sekeliling kita, kakak, adik, teman, tetangga, ayah, dan ibu hampir bisa dipastikan memiliki email. Mengapa? Jika mereka memiliki sosial media aktif seperti Facebook, pasti mereka punya email sebab salah satu syarat membuat akun sosial media adalah memasukkan email.

Jadi sebelum membuat akun sosial media, orang-orang akan membuat akun email terlebih dahulu. Orang yang jarang menggunakan email, bukan berarti mereka tidak punya akun email. Hampir pasti mereka punya, hanya mungkin jarang dibuka. Tapi, email mereka pasti dalam keadaan log in di handphone.

Email Bersifat Pribadi, Personal

Alamat email bersifat personal atau pribadi, sehingga jika Anda ingin meminta alamat email seseorang tentu harus dengan seizin yang bersangkutan. Alamat email bagaikan alamat rumah, harus ada kesediaan bagi si empunya rumah untuk memberikan alamat rumah mereka. Tidak mungkin kan kita memajang alamat rumah pribadi di papan iklan? Salah-salah, Anda malah mengundang orang jahat untuk ‘bertamu’.

Begitupun dengan email, ia bersifat personal sehingga tak sembarangan orang boleh mendapatkan akun email Anda. Dan Anda pun, sebaiknya berhati-hati dalam memberikan alamat email. Ketika Anda memberikan alamat email, berarti Anda mengijinkan mereka untuk mengirimkan email ke Anda.

Pebisnis Tak Boleh Lewatkan Email Marketing

Jika Anda seorang pebisnis, Anda tak boleh melewatkan email marketing. Ini merupakan cara yang mudah dan murah, tapi powerful karena ia merupakan media komunikasi langsung antara Anda dengan calon pelanggan.

Mudahnya, Anda bisa jualan langsung produk Anda kepada calon pelanggan melalui email. Kalau email dipersonalisasi dengan baik sesuai dengan kriteria calon pelanggan, bukan tidak mungkin Anda akan meraih sales yang melimpah dari sana.

Cara Mendapatkan Alamat Email Pelanggan

Segala sesuatu tidak ada yang mudah di awal, begitu pun dengan email marketing. Untuk bisa memulai mengirimkan email marketing, anda harus punya email calon pelanggan. Bagaimana cara mendapatkan alamat email calon pelanggan?

Ada banyak cara untuk mendapatkan email calon pelanggan, akan tetapi anda harus memastikan bahwa caranya benar dan tidak illegal. Membeli daftar alamat email di pasar gelap di internet bukanlah cara yang bijaksana karena mungkin orang-orang di daftar tersebut tidak bersedia dikirimi email promosi produk yang anda jual.

Cara yang baik adalah dengan memanfaatkan website. Jika berjualan produk dan jasa secara online, anda pasti punya website. Buat kolom khusus bagi orang-orang yang memang tertarik dengan produk dan jasa yang anda jual. Jika tertarik, mereka mungkin dengan sukarela memasukkan alamat email mereka di kolom tersebut untuk berlangganan email promosi.

Manfaatkan Email Tools

Email yang anda kirimkan haruslah rutin, bukan hanya sekali dua kali saja. Tapi apakah tidak repot kalau harus mengirimkan email secara rutin kepada ribuan atau jutaan pelanggan email anda?

Tentu akan repot!

Maka dari itu, email tools tersedia dengan fitur-fitur dan layanan yang menarik. Email tools yang tersedia ada MailChimp, HubSpot, kirim.email, constant contact, dsb. Anda bisa berlangganan email tools tersebut. Biaya terjangkau tapi manfaat luar biasa.

Email tools bisa membantu anda membuat laman promosi khas email yang lebih atraktif dan menarik, tidak over atau berlebihan, dan tentunya powerful. Anda bisa melakukan personalisasi email dengan baik menggunakan email tools, sehingga tidak ada salahnya dicoba, bukan?

Email marketing, Bukan Satu-satunya cara

Kami memang mengatakan bahwa email marketing adalah strategi yang powerful, tapi ia bukan satu-satunya cara untuk meraih sales. Jika Anda masih belum paham, maka Anda perlu Kembali membaca ulasan kami dengan judul 7 Strategi Internet marketing yang Perlu Anda Tahu.

Di artikel tersebut, disebutkan 7 strategi dalam internet marketing yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan sales. Email marketing adalah salah satunya. Anda perlu mengombinasikan beragam strategi internet marketing agar bisa sukses mendulang sales.

Email marketing merupakan salah satu cara yang mudah dan sangat minim biaya, sehingga, kenapa tidak dilakukan?

Anda sudah punya produk dan jasa yang akan dijual, website dengan konten yang menarik sudah dibuat, sembari menunggu pengunjung dari Google, Anda bisa juga langsung menjangkau calon pelanggan dengan mengirimkan email berisi produk dan jasa yang Anda jual tersebut.

Email pertama, kedua, ketiga mungkin tidak dibuka, tapi siapa bilang Anda hanya bisa mengirimkan email sekali, dua kali? Kirimkan email setiap hari, atau kalau takut ditAndai sebagai spam oleh si pemilik email, Anda bisa kirimkan dengan jeda waktu lain, misal 2 hari sekali, 3 hari sekali, atau seminggu sekali. Yang pasti, Anda harus rutin mengirimkan email marketing.

Kalaupun email marketing tidak gol di sales, alias pelanggan tidak membeli, maka tidak masalah. Setidaknya, mungkin brand Anda akan diingat oleh orang-orang, atau bahkan mereka mengklik tautan di email dan menuju website Anda. Dengan sendirinya, email marketing bisa meningkatkan trafik dan meningkatkan engagement, lho!

Referensi:

dewaweb.com

Photo by Torsten Dettlaff from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top