sharpnel_content
Melacak Riwayat Suhu Tubuh dengan 4 Aplikasi Ini

Blog 15 Okt 2020


Melacak Riwayat Suhu Tubuh dengan 4 Aplikasi Ini

Share

Demam dan panas tubuh menjadi salah satu gejala awal dari COVID19. Tak heran bila termometer menjadi barang yang sangat dicari di pasaran. Harga termometer terutama termometer tembak dengan infrared melonjak ketika awal pandemi.

Pasokan termometer tembak menjadi menipis dengan cepat bahkan langka ketika orang di seluruh dunia mencarinya. Meski begitu, kini nampaknya termometer menjadi barang yang wajib ada di dalam setiap kotak P3K di rumah.

Selain itu, untuk keperluan medis, tak ada salahnya menggunakan aplikasi mobile (mobile application) yang bisa digunakan untuk mencatat dan melacak suhu tubuh. Selain catatan suhu tubuh yang tersimpan rapi di aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi-rekomendasi penting terkait suhu tubuh tertentu.

Masyarakat kini bisa mencoba aplikasi pelacak suhu tubuh sebagai langkah antisipasi awal gejala COVID19. Di bawah ini kami telah merangkum empat aplikasi pelacak suhu tubuh yang tersedia di PlayStore maupun Apple Store.

1. Fever Tracker

Fever Tracker merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Aplikasi ini dikembangkan oleh dokter dan bisa digunakan secara bersamaan untuk seluruh keluarga. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak demam yang terjadi, mencatatnya dalam aplikasi, kemudian informasi tersebut bisa dibagikan ke dokter Anda.

Selain melacak dan mencatat riwayat demam, Fever Tracker bisa digunakan untuk mencatat dosis obat.

Unduh aplikasi Fever Tracker di Google Play.

2. Thermo – Smart Fever Management

Thermo – Smart Fever Management merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu Anda sekeluarga dalam melacak demam. Aplikasi Thermo – Smart Fever Management digunakan bersama dengan Thermo, termometer pintar dari Nokia. Aplikasi Thermo – Smart Fever Management akan otomatis melakukan sinkronisasi pembacaan suhu untuk masing-masing pengguna dengan memanfaatkan Wifi atau Bluetooth. Masing-masing pengguna bisa melihat riwayat lengkap pembacaan suhu di timeline.

Selain mencatat suhu, aplikasi Thermo – Smart Fever Management juga bisa digunakan untuk mencatat riwayat penggunaan obat. Anda bisa juga menambahkan komentar, menambahkan gambar/foto bila ada ruam-ruam yang terjadi.

Unduh aplikasi Thermo – Smart Fever Management di Google Play.

3. iCelsius

Aplikasi iCelcius merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengubah ponselnya menjadi sebuah termometer digital. Akan tetapi, Anda tetap membutuhkan sebuah perangkat keras yang disebut probe dan tersedia di laman www.icelcius.com. Bila Anda tidak memiliki probe, maka aplikasi akan berjalan dalam mode demo.

Aplikasi akan membaca suhu, membuat grafik, dan membuat alert. 

4. Vicks SmartTemp Thermometer

Bila Anda mencari satu aplikasi kesehatan yang bisa digunakan untuk seluruh keluarga, maka Vicks SmartTemp Thermometer adalah jawabannya. Menggunakan sebuah termometer dan sebuah aplikasi, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Membuat profil untuk masing-masing anggota keluarga untuk melacak demam
  2. Secara otomatis mencatat tanggal, waktu, dan lokasi pengukuran suhu (mulut, rectal/dubur, atau di ketiak)
  3. Melacak riwayat pengukuran suhu oleh tiap anggota keluarga dalam hitungan hari, minggu, bahkan tahun.
  4. Bisa dengan cepat mengetahui arti dari suhu tubuh tertentu melalui fitur FeverInsigth. Layar aplikasi akan berubah dari hijau, kuning, hingga merah berdasarkan hasil pembacaan suhu.
  5. Agar tidak lupa, aplikasi juga memungkinkan Anda untuk mengatur pengingat untuk mengukur suhu dan dosis obat.
  6. Lihat tren dari waktu ke waktu dengan melihat riwayat suhu dari grafik yang dibuat. Anda bisa menambahkan catatan pada tiap pembacaan suhu untuk mencatat gejala, obat yang diminum, dsb.
  7. Selain itu, untuk keperluan medis, Anda bisa mengekspor data dan membagi informasi tersebut ke dokter Anda.

Referensi:

tirto.id

Sumber photo: People photo created by jcomp – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top