sharpnel_content
Manfaat Transformasi Digital pada Bisnis

Blog 18 Jun 2020


Manfaat Transformasi Digital pada Bisnis

Share

Sebelumnya, kami telah memaparkan tentang definisi transformasi digital. Selanjutnya, mari kita cari tahu, apa saja manfaat dari transformasi digital? Transformasi digital mulai dilirik oleh organisasi dan perusahaan tentu bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan erat dengan tiga tantangan yang mesti mereka hadapi menyongsong revolusi industri 4.0. 

Pertama, Anda dituntut untuk mengikuti perubahan kebiasaan konsumen. Mengapa demikian? Pasalnya, customer experience menjadi senjata utama bagi kesuksesan suatu bisnis. Anda harus tahu kebiasaan berbelanja konsumen agar bisa memberikan produk atau jasa yang benar-benar mereka butuhkan. 

Kedua, mau tak mau Anda harus mengikuti proses digitalisasi. Jika Anda tak mengikuti tren ini, perusahaan Anda sudah pasti kalah saing dengan perusahaan yang memanfaatkan teknologi secara gila-gilaan.  

Terakhir, Anda harus mengganti sistem yang sudah usang. Mengapa sistem lama mesti diperbarui? Jika Anda bersikukuh untuk mempertahankannya, risikonya adalah perusahaan atau organisasi akan sulit berkembang. Selanjutnya, mari kita cek satu per satu manfaat transformasi digital untuk bisnis Anda.

6 Manfaat Transformasi Digital untuk Perkembangan Suatu Bisnis

Transformasi digital menjanjikan beberapa manfaat, yaitu biaya hemat bujet, memberikan customer experience yang lebih bagus, adanya otomatisasi sistem, peningkatan produktivitas, dan lainnya. Kami akan menjelaskan secara mendetail untuk tiap poinnya di bawah ini. 

1. Dapat memangkas biaya dan SDM 

Sistem dan model bisnis tradisional tak hanya njelimet, tetapi biaya operasionalnya pun besar. Model ini memiliki proses operasional yang lama dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak. Makanya, proses ini pun memakan biaya yang lebih besar. Namun, jika Anda mengadopsi model bisnis digital, Anda bisa memangkas jumlah SDM dan prosesnya menjadi lebih cepat. 

Misalnya, penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada Face Mask Detection Alert. Mesin akan melakukan deteksi wajah secara otomatis pada orang yang tidak memakai masker. Keunggulannya, proses pemantauan dengan CCTV ini dapat dilakukan di beberapa lokasi sekaligus dalam satu waktu. Makanya, Anda tidak membutuhkan banyak staff atau SDM untuk mengawasi pergerakan manusia satu per satu. 

Dengan begini, Anda bisa melakukan penghematan besar-besaran dengan transformasi digital. Alih-alih untuk biaya operasional, Anda dapat mengalokasikan biaya tersebut untuk program pengembangan dan inovasi. Keunggulan inilah yang ditawarkan perusahaan kami dalam layanan Face Mask Detection Alert. Jika tertarik dengan service ini, segera hubungi kami, ya. Dengan merebaknya COVID-19, layanan ini pasti akan sangat bermanfaat. 

2. Menciptakan customer experience yang lebih baik

Jika Anda penasaran apakah rahasia sukses dari suatu perusahaan besar, jawabannya adalah customer experience. Customer experience menjadi sebuah kunci keberhasilan untuk meraih sukses. Lantas, apa sajakah yang membuat  suatu perusahaan disebut memiliki customer experience yang baik? 

Perusahaan bisa dikatakan memiliki customer experience yang baik jika mampu memetakan tren kebutuhan dan keinginan konsumen secara akurat. Perlu diketahui, kebiasaan konsumen akan selalu berubah. Anda pun dituntut untuk melakukan analisis pasar agar bisa mengetahui apa yang sebenarnya konsumen inginkan. 

Menariknya, proses ini dapat di-cover oleh teknologi transformasi digital. Dengan adanya analitik data, sistem dapat melakukan analisis tren pasar secara akurat dan memberikan suggestion langkah apakah yang perlu diambil. Kesimpulannya, Anda dapat memakai transformasi digital untuk mengetahui kebutuhan dari konsumen yang selalu berubah-ubah dengan lebih cepat dibandingkan cara konvensional. Hal ini bisa membantu Anda untuk memenangkan kompetisi pasar! 

3. Sistem menjadi serba otomatis

Salah satu teknologi andalan dalam transformasi digital adalah otomatisasi. Otomatisasi memungkinkan sistem bekerja secara independen tanpa campur tangan manusia. Artinya, sistem ini bisa bekerja 24 non-stop secara efektif dan produktif. Dengan memakai teknologi yang satu ini, pekerjaan repetitif akan rendah risiko dan hasilnya lebih maksimal. Jika selama ini pekerjaan repetitif ini membutuhkan SDM yang besar, kini semuanya bisa dilakukan oleh teknologi. 

Salah satu contoh teknologi otomatisasi yang ditawarkan oleh perusahaan kami yaitu social distance monitoring. Dengan mewabahnya COVID-19 dan penerapan new normal, Anda dapat memantau pelaksanaan social distancing di mall, pasar, atau ruang publik lainnya melalui CCTV. 

Teknologi ini akan mendeteksi keberadaan suatu objek dan mengukur jarak antar manusia. Menariknya, sistem secara otomatis akan memberikan peringatan apabila terdapat beberapa pengunjung yang tak menerapkan jarak aman kurang dari 1 meter. Anda dapat mengawasi jalannya kebijakan new normal dari balik layar komputer atau laptop tanpa harus terjun langsung ke lokasi. Selain praktis, Anda juga bisa melindungi staf dari ancaman COVID-19. 

4. Terlahirnya produk atau layanan baru

Dulu, tak semua orang bisa menciptakan inovasi produk atau layanan di suatu organisasi atau perusahaan. Alasannya? Karena ketersediaan alat yang terbatas dan sistem atau model bisnis konvensional yang masih rumit sehingga tidak bisa diakses semua orang. 

Namun, kondisi ini berubah total sejak masuknya transformasi digital di sendi-sendi bisnis suatu perusahaan. Kini, setiap orang di perusahaan bisa berinovasi dan menciptakan produknya sendiri! Sebagai contoh, teknologi analitik data yang diimplementasikan di proses produksi produk.

Teknologi ini sanggup menganalisa error dan tren pasar secara otomatis. Berdasarkan hasil analisis ini, Anda bisa merancang produk atau layanan yang baru. Tentu saja dengan kualitas yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan pasar. 

5. Meningkatkan produktivitas bisnis

Salah satu manfaat tak terbantahkan dari transformasi digital adalah peningkatan produktivitas. Dengan adanya transformasi besar-besaran pada model bisnis, layanan, atau pun produk, perusahaan atau organisasi akan menjadi lebih produktif. Semua ini berkat kekuatan teknologi digital yang mampu memangkas proses produksi tradisional yang memakan banyak waktu menjadi lebih efisien. 

6. Peningkatan akurasi segmen pasar 

Masalah lesunya penjualan produk atau jasa dapat Anda hindari dengan transformasi digital. Jika suatu produk atau jasa perusahaan tidak diminati di masyarakat, bisa saja tim Anda melakukan kesalahan dalam pemetaan segmen pasar. Jangan panik, Anda bisa memperbaikinya dengan menganalisis kembali segmen pasar perusahaan Anda. 

Anda bisa memanfaatkan teknologi analitik data untuk melakukan analisis tren dan segmen pasar secara akurat. Dengan demikian, produk atau jasa yang ditawarkan sudah sesuai dengan segmennya. Proses bisnis tidak semata-mata berasal dari intuisi seorang pebisnis saja. Namun, Anda juga harus melakukan analisis plus and minus dari produk yang akan perusahaan Anda luncurkan. 

Keenam poin di atas merupakan beberapa contoh kecil dari manfaat transformasi digital. Transformasi digital bisa terlaksana karena didukung dengan berbagai jenis teknologi. Makin ke sini, teknologinya makin bertambah dan canggih, lho. Anda pun tak bisa asal-asalan dalam memilih teknologi karena satu teknologi yang cocok untuk perusahaan A, belum tentu cocok untuk perusahaan B. Agar kondisi ini tidak terjadi pada bisnis Anda, silakan hubungi tim kami yang sudah terbukti menguasai berbagai jenis teknologi transformasi digital.

Browse blog by tag

Back To Top